Informasi dan Tips – informasitips.com

Hati-hati, Lensa Kontak (Contact Lens) Bisa Akibatkan Kebutaan

informasitips.com – Saat ini, sudah banyak orang yang menggunakan lensa kontak untuk berbagai keperluan, mulai dari alat bantu melihat hingga untuk keperluan trend ataupun gaya. Namun, bagi mereka yang kerap menggunakan lensa kontak ada hal dasar yang harus diperhatikan, yaitu higienisitas lensa kontak yang digunakan.

Kenapa higienis menjadi penting? Karena hal tersebut berhubungan dengan mikroba yang dapat mengkontaminasi lensa kontak Kamu. Jika tidak higienis, maka sangat mungkin bagi mikroba untuk tumbuh dan berkembang di lensa kontak Kamu. Kalau hal itu sudah terjadi, maka dampak terburuk yang dapat timbul adalah kebutaan.

Lalu, bagaimana bisa mikroba mengkontaminasi lensa kontak kita? Ketika tangan Kamu kotor saat mengenakan lensa kontak maka mikroba dapat berpindah ke lensa kontak Kamu. Atau mungkin saat Kamu mencuci lensa kontak di bawah air keran langsung, mikroba juga dapat mengkontaminasi lensa kontak Kamu. Tempat lensa kontak yang terlalu lama sudah digunakan juga bisa menjadi sumber cemaran mikroba. Lensa kontak disposable yang terlalu lama digunakan juga bisa menjadi sumber tumbuh dan berkembangnya mikroba di lensa kontak.

bahaya-lensa-kontak-sebabkan-kebutaanSaat lensa kontak tercemar mikroba, maka mikroba dapat berpindah dari lensa kontak ke mata. Dan ketika mikroba tumbuh dan berkembang di mata maka akan menyebabkan munculnya keratitis. Keratitis tersebut dalam tingkat yang parah dapat membuat mata menjadi buta.

Jenis mikroba yang seringkali menyebabkan keratitis adalah mikroba jenis Pseudomonas dan Acanthamoeba. Secara alami, kedua mikroba itu ada di lingkungan sekitar kita, utamanya adalah di tempat yang berair, dalam kasus lensa kontak contohnya adalah kamar mandi. Kamar mandi atau washtafel biasanya merupakan tempat dimana kita berurusan dengan lensa kontak. Jadi, memperhatikan aspek kebersihan kamar mandi ataupun washtafel hendaknya menjadi suatu keharusan. Perlu diingat juga bahwa tempat-tempat yang berair atau lembab sangat mudah bagi mikroba untuk tumbuh dan berkembang.

Ingin tahu cara aman memakai Lensa Kontak? Baca artikel Tips Aman Memakai Lensa Kontak



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *