Informasi dan Tips – informasitips.com

Diet GM: Program Diet Turunkan Berat Badan 5 Kilogram Dalam Waktu 7 Hari

informasitips.com – Hampir semua wanita ingin memiliki tubuh langsing dengan berat badan yang ideal. Namun, harus diakui, untuk mendapatkan tubuh yang demikian memang tidaklah mudah. Diperlukan usaha dan tekad yang kuat dari dalam diri kita untuk mengupayakannya. Diet atau mengatur pola makan sehari-hari merupakan salah satu cara yang bisa kita tempuh untuk mendapatkan berat badan yang ideal.

Ada banyak metode dan program diet yang berkembang saat ini, yang mampu membantu kita untuk menurunkan berat badan. Salah satu program diet yang sedang tren dan cukup banyak dibicarakan di media sosial saat ini adalah program Diet GM (General Motors).

Banyak orang yang mengaku berhasil menurunkan berat badannya dengan menjalankan program diet GM (General Motors) ini. Salah satunya yang sukses menurunkan bobot tubuh dengan metode program diet GM adalah artis Dewi Sandra. Dalam sebuah wawancaranya dengan media online tabloidbintang.com baru-baru ini, Dewi mengaku dengan program diet GM tersebut ia berhasil menurunkan berat badannya sebanyak 5 kg hanya dalam waktu 7 hari. Wah, terdengar cukup menjanjikan, ya?

Mungkin saat ini Anda merasa tertarik untuk mencobanya. Namun, sebelum Anda mencobanya, ada baiknya Anda ketahui lebih dalam mengenai apa itu diet GM, seperti apa aturan pola makan dalam diet GM, apa saja manfaatnya dan adakah efek samping dari diet GM tersebut. Untuk membantu Anda lebih memahami tentang diet GM, berikut kami sajikan informasinya untuk Anda.

Di artikel ini kami akan membahas terlebih dahulu mengenai apa dan seperti apa diet GM itu. Perihal apa saja manfaatnya dan apakah ada efek samping dari diet GM akan dibahas di artikel selanjutnya.

Baca juga:

Manfaat dan Efek Samping Diet GM

Apa Itu Diet GM?

Program diet GM atau General Motors merupakan program diet yang digagas oleh perusahaan otomotif ternama, General Motors, Inc. pada tahun 1985, bekerja sama dengan badan pengawas obat dan makanan Amerika, FDA (Food and Drug Administration) dan Departemen Pertanian Amerika Serikat. Program diet GM awalnya dirancang oleh perusahaan General Motor untuk para karyawan mereka agar para karyawannya menjadi lebih fit dan sehat, sehingga bisa lebih produktif dalam bekerja.

Efektivitas diet GM dalam menurunkan berat badan rupanya sangat baik, mampu menurunkan berat badan dalam waktu cepat, sekitar 5-8 kg hanya dalam waktu sepekan (7 hari). Para karyawan perusahaan General Motor yang mengikuti diet tersebut tak hanya berhasil menurunkan berat badan mereka, namun juga memperlihatkan adanya peningkatan efisiensi kerja, menjadi lebih percaya diri, juga merasa jauh lebih semangat dan berenergi dibandingkan sebelumnya. Dari sana, program diet GM akhirnya semakin dikenal dan dilirik banyak orang.

Aturan Pola Makan Diet GM
Program diet GM berlangsung selama 7 hari penuh dengan jenis variasi makanan yang berbeda setiap harinya. Jenis makanan yang harus dikonsumsi adalah makanan yang termasuk jenis karbohidrat kompleks bersama dengan sayur dan buah-buahan rendah kalori.

Selain makanan, dalam diet GM ini, orang yang menjalaninya juga diharuskan untuk memperbanyak asupan air putih ke dalam tubuhnya. Hal ini sangatlah penting untuk mencegah dehidrasi, sehingga diet yang dijalani tak akan membuat tubuh menjadi lemas, tak bertenaga, atau merasa tidak sehat.

Seperti apa aturan pola makan yang harus dijalani dalam diet GM?

1. Hari Pertama: hanya makan buah sepuasnya, kecuali pisang.

Diet-GM-Hari-pertama

Di hari pertama diet GM, Anda hanya diperbolehkan makan buah sepuasnya, kecuali buah pisang (buah pisang harus dihindari atau tidak boleh dimakan di hari pertama ini). Tidak ada aturan khusus berapa banyak dan seberapa sering Anda harus makan buah. Anda boleh makan buah apa saja (kecuali pisang) kapanpun, dan sepuasnya. Kapanpun Anda merasa lapar, makan saja buah. Disarankan untuk mengonsumsi jenis buah yang kaya serat, seperti apel, jeruk, pepaya, semangka, dan melon. Kandungan serat yang tinggi akan membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

Selain hanya makan buah, di hari pertama diet GM anda juga diminta untuk minum banyak air putih sebanyak 8-12 gelas sehari. Pasokan air yang banyak dibutuhkan untuk detoksifikasi (membuang racun) dari dalam tubuh Anda, sekaligus juga membantu menyiapkan tubuh Anda untuk siap menjalani diet di hari-hari selanjutnya.

2. Hari Kedua: hanya makan sayur-sayuran sepuasnya.

Diet-GM-Hari-kedua

Di hari kedua diet GM, Anda hanya diperbolehkan makan sayur-sayuran sepuasnya, dan tentunya juga ditambah dengan asupan air putih sebanyak 8-12 gelas dalam sehari.

Sayur-sayuran yang direkomendasikan untuk dimakan di hari kedua adalah kentang, wortel, tomat, selada, timun, kubis, brokoli, kacang polong, buncis, dan sayuran lainnya.

Anda dapat menyantap kentang yang direbus. Kentang dapat menjadi sumber karbohidrat yang diperlukan tubuh. Sementara sayur-sayuran lainnya seperti kacang polong dan buncis dapat menjadi sumber protein nabati bagi tubuh. Wortel dan sayuran lainnya juga merupakan sumber vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh.

Sayur-sayuran yang akan dimakan tersebut dapat diolah terlebih dahulu dengan cara dikukus, direbus, atau dibuat sup. Anda juga dapat menambahkan sedikit garam untuk memberikan rasa yang lebih nikmat. Sebaiknya hindari memakan sayuran yang ditumis (karena menggunakan minyak). Jika memang ingin menggunakan minyak, Anda dapat memilih untuk menggunakan minyak zaitun.

3. Hari Ketiga: boleh makan buah dan sayur sepuasnya, kecuali pisang dan kentang.

Diet-GM-Hari-ketiga

Di hari ketiga diet GM Anda diperbolehkan untuk mengonsumsi segala macam buah dan sayuran, kecuali buah pisang dan sayur kentang. Anda dapat mengonsumsi sayuran dengan cara direbus atau dikukus terlebih dahulu, dan hindari sayuran yang ditumis. Selain buah dan sayuran, di hari ketiga ini Anda tetap dianjurkan untuk banyak minum air putih sebanyak 8-12 gelas sehari.

4. Hari Keempat: sepanjang hari hanya boleh mengonsumsi buah pisang, susu, dan air.

Diet-GM-Hari-Keempat

Jika di hari-hari sebelumnya Anda tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi pisang, maka di hari keempat ini justru Anda hanya disarankan untuk mengonsumsi buah pisang sepanjang hari, sebanyak 8-10 buah pisang ukuran sedang, ditambah 3-4 gelas susu, dan 8-12 gelas air putih.

Buah pisang merupakan makanan sumber energi, kaya akan protein dan kalium, dan juga mengandung pektin yang baik untuk pencernaan. Sementara susu merupakan minuman pendamping yang sangat pas dengan buah pisang, kaya akan kalsium, kalium, dan vitamin D.

Selain buah pisang, susu, dan air, Anda tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi jenis makanan lain di hari keempat diet GM ini.

5. Hari Kelima: makan beras merah ditambah daging sapi, ayam atau ikan.

Diet-GM-Hari-Kelima

Di hari kelima diet GM, Anda diperbolehkan untuk mengonsumsi 1 mangkuk beras merah ditambah dengan daging sapi, ayam atau ikan. Selain itu, di hari kelima ini Anda juga perlu untuk mengonsumsi 6 buah tomat. Asupan air putih yang masuk ke dalam tubuh juga perlu untuk ditingkatkan, karena tubuh Anda akan menghasilkan asam urat yang tinggi. Minumlah air setidaknya 12-15 gelas per hari.

Daging sapi, ayam, atau ikan dapat dikonsumsi sebanyak 500 gram, dibagi dua untuk makan siang dan makan malam. Daging sapi, ayam, atau ikan bisa direbus atau dibakar. Perhatikan bahwa jenis daging sapi atau ayam yang dikonsumsi haruslah bagian yang tidak berlemak (tidak banyak lemaknya). Dan, untuk daging ayam, makanlah bagian dagingnya saja, dan buang bagian kulitnya.

6. Hari Keenam: sama dengan hari kelima, namun ditambah sayur-sayuran sepuasnya.

Diet-GM-Hari-Keenam

Di hari keenam diet GM Anda dapat mengonsumsi makanan dengan jenis yang sama denga hari kelima, yaitu beras merah, daging sapi/ayam/ikan. Namun, di hari keenam ini, Anda perlu menambahkan lebih banyak sayur-sayuran yang direbus ke dalam menu makan Anda.

7. Hari Ketujuh: makan beras merah dan sayuran sepuasnya, ditambah sedikit buah.

Diet-GM-Hari-Ketujuh

Hari ketujuh merupakan hari terakhir dari rangkaian diet GM yang harus dijalankan. Di hari ketujuh ini, menu makan yang harus Anda konsumsi hanyalah beras merah, sayuran, dan sedikit buah saja. Selain itu, konsumsi air putih tetap perlu dijaga setidaknya 8 gelas air putih sehari. Anda juga diperbolehkan untuk mengonsumsi beberapa gelas jus buah segar yang alami.

Itulah beberapa aturan pola makan yang perlu dipatuhi dalam menjalankan diet GM. Dengan aturan diet tersebut, berat badan dapat turun dalam waktu yang relatif singkat, bisa 5 sampai 8 kilogram dalam waktu 7 hari. Diet GM tak hanya membantu untuk menurunkan bobot tubuh, namun juga meningkatkan kesehatan pencernaan, dan berguna juga sebagai detoksifikasi racun-racun dalam tubuh.

Meski mampu memberikan hasil yang cepat, tetapi bagi sebagian orang, aturan diet GM tersebut terkesan sangat menyiksa, karena kita dibatasi hanya boleh mengonsumsi jenis makanan tertentu saja setiap harinya. Oleh karena itu, dibutuhkan tekad yang besar untuk bisa disiplin dalam menjalani pola makan sesuai dengan aturan diet GM, dan selama menjalani diet tersebut juga dibutuhkan komitmen yang kuat untuk bisa menahan diri dari godaan makanan-makanan lainnya.

Diet ini hanya perlu dilakukan 1 kali dalam satu bulan, tidak perlu sepanjang waktu. Namun, setelah Anda selesai menjalankan diet GM dan mendapatkan berat badan sesuai dengan yang Anda harapkan, Anda tentunya tetap perlu menjaga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh Anda di hari-hari selanjutnya. Artinya, setelah selesai diet, bukan berarti Anda boleh makan apapun sepuasnya. Karena, pola makan sembarangan dan makan sepuasnya seperti itu hanya akan membuat berat badan Anda cepat kembali naik, dan program diet yang telah dilakukan akan sia-sia saja.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: