Informasi dan Tips – informasitips.com

Bagaimana Tampilan Resume yang Baik?

informasitips.com – Jika Anda membuat resume ketika sendang mencari kerja, hal apa yang lebih Anda perhatikan? Hanya isinya saja, hanya tampilannya saja agar terkesan indah, atau kedua-duanya? Jawabannya tentu kedua-duanya harus diperhatikan. Tampilan resume sama pentingnya dengan isi/konten resume yang dibuat. Agar tampilan resume tersebut terkesan menarik, apakah harus diberi hiasan atau aneka macam gambar? Atau harus ditulis di kertas warna-warni dengan aneka macam model huruf dan atribut? Untuk mengetahui lebih jelas seperti apa tampilan resume yang baik, simak poin-poin pentingnya berikut ini:


  1. Resume yang baik harus menarik secara visual, mudah dan cepat bisa terbaca isinya oleh orang yang membacanya.

  2. Resume yang baik tidak perlu menggunakan jenis huruf atau tulisan yang bermacam-macam. Batasi penggunaan huruf miring, tebal, dan aneka font yang terlalu banyak.

  3. Buatlah agar resume Anda menjadi terlihat lebih rapi, enak dilihat dan dibaca, serta terkesan profesional

    Coba bayangkan bahwa Anda adalah seorang perekrut tenaga kerja yang sedang membutuhkan pekerja dan dihadapan Anda ada dua resume.

    Resume yang pertama sangat penuh dengan tulisan dan menggunakan aneka jenis huruf, banyak huruf yang ditebalkan, dimiringkan, dan digarisbawahi.

    tampilan resume yang baik

    Sementara resume yang kedua terlihat jauh lebih menarik, menampilkan banyak informasi namun Anda tetap dengan mudah membacanya meski baru melihatnya secara sepintas, tampilan tulisannya bersih, tidak penuh dan sumpek, bagian-bagian penting diberi penekanan yang jelas, tiap bagian dipisahkan secara jelas (tidak dicampur adukkan).

    Maka, resume mana yang akan Anda baca pertama kali? Resume mana yang bisa membuat Anda betah untuk membacanya sampai keseluruhan isinya selesai dibaca? Tentu resume kedua yang enak dan nyaman dibaca oleh mata Anda bukan. Oleh karena itu, ketika Anda menulis resume, jangan lupa untuk benar-benar memperhatikan hal ini.

  4. Gunakan margin minimal inchi pada resume yang Anda buat. Sisakan jarak dan spasi yang cukup untuk setiap poinnya agar enak dan mudah dilihat.

  5. Batasi paling banyak terdapat dua jenis font
    Hati-hati dalam memilih font yang akan digunakan. Usahakan untuk menggunakan satu jenis font saja. Misalnya Anda bisa menggunakan font yang memberikan kesan formal dan sopan dalam resume Anda, contohnya arial atau times new roman.

    Jika ingin menggunakan jenis font yang berbeda pada resume Anda, usahakan untuk tidak menggunakan lebih dari 2 jenis font. Terlalu banyak jenis font yang digunakan akan memberikan kesan yang berantakan, tidak rapi, tidak konsisten, dan tidak mudah dibaca.
    Bila memang ingin menggunakan dua jenis font kamu dapat menggunakannya dengan aturan font jenis pertama untuk bagian judul dari tiap poin, sedangkan font jenis kedua bisa digunakan untuk bagian kontennya (isinya).

  6. Gunakan sedikit huruf yang dicetak miring dan dicetak tebal. Hindari menggunakan huruf yang digarisbawahi. Bila ingin menggunakan huruf yang ditebalkan boleh saja. Anda bisa menggunakannya pada bagian judul riwayat pekerjaan terdahulu, dan huruf miring pada bagian sub judulnya.

    Sementara untuk huruf yang digarisbawahi, beberapa studi menunjukkan bahwa huruf yang digarisbawahi terkesan aga sulit dibaca.

  7. Gunakan tanda-tanda poin (bullet poin) untuk menekankan bagian skill dan prestasi
    Bullet membuat para perekrut menjadi lebih mudah dalam membaca sepintas resume yang Anda buat. Perekrut diharuskan membaca begitu banyak resume yang masuk, dan biasanya mereka akan terlebih dahulu secara sekilas melihat pada bagian skill dan prestasi yang pernah dicapai.

    Penekanan poin skill dan prestasi dengan bullet akan membuat perekrut tak perlu mencari terlalu lama dan bisa menilai kualitas diri Anda secara cepat.

  8. Konsisten
    Pastikan Anda menggunakan font-font dan aksesoris lainnya secara konsisten.

Tampilkan kualitas diri Anda dari resume yang Anda buat. Karena penilaian sudah dimulai dari resume. Tidak hanya pada kualitas isi yang disajikan namun juga pada bagian tampilannya, keduanya merupakan kesatuan yang perlu diperhatikan.
(ST)



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: