Informasi dan Tips – informasitips.com

12 Profesi Teraneh di Dunia

informasitips.com – Banyak pilihan karir yang tersedia di hadapan kita setelah kit lulus kuliah, misalnya guru, dokter, pekerja kantoran, atau bahkan pengusaha. Tapi, ada saja orang yang justru memilih jenis pekerjaan dan karir yang bisa dibilang cukup aneh, unik dan jarang ditemui. Berikut beberapa jenis pekerjaan unik dan aneh di dunia seperti yang dikutip dari Shine:



1. Pencoba permainan wahana air
Tugas dari pekerjaan ini adalah melakukan pengujian terhadap fasilitas permainan air seperti waterslide dan zipping. Pekerjanya dibayar untuk mengecek ketinggian, kecepatan, kuantitas (jumlah) air, serta aspek keselamatan semua jenis permainan yang ada. Sekilas pekerjaan ini terkesan sepele, tidak seperti orang yang bekerja, hanya seperti bermain-main. Namun, pekerjaan ini ternyata sangatlah penting dilakukan untuk menjamin keselamatan keluarga dan seluruh pengunjung yang akan memainkan aneka permainan di wahana bermain air.

2. ‘Tukang’ tidur Profesional
Mereka disebut tukang tidur profesional karena mereka secara profesional melakukan pekerjaannya yaitu tidur dan mereka dibayar untuk pekerjaannya itu. Pekerjaan ini sepertinya sangat mudah dan menyenangkan. Bagaimana tidak, para pekerjanya hanya diminta untuk tidur lalu mereka mendapatkan bayaran. Bisa dibilang para profesional ini menghasilkan uang di tempat tidur. Para pekerja “tukang” tidur profesional biasanya disewa para ilmuwan dan dokter yang melakukan proyek penelitian tidur, untuk mengetahui misteri di balik gangguan dan masalah tidur pada manusia.

3. Penulis tinjauan (review) palsu
Pekerjaan ini tidaklah etis, karena mengkhususkan diri untuk membuat tinjauan bisa berupa review atau testimoni yang palsu pada beberapa situs penyedia jasa tertentu untuk mengelabui konsumen. Pekerja yang dibayar tersebut akan memberikan testimoni dalam bentuk antusiasme palsu menyangkut kepuasan terhadap layanan hotel, restoran, atau produk tertentu guna menaikkan peringkat (rating) dan memenangkan persaingan.

Profesi Aneh di Dunia

4. Pembersih Muntah
Di Inggris, ada satu jenis pekerjaan khusus yang tugasnya membersihkan muntah. Pekerjaan ini biasanya ditemui di beberapa taman bermain di Inggris. Para pengujung arena bermain biasanya ada yang muntah setelah naik mainan-mainan tertentu seperti roller coaster. Akibatnya, wahana permainan bisa menjadi kotor terkena muntahan orang. Untunglah ada pekerja yang dibayar khusus untuk membersihkan muntah para pengujung. Meski menurut kebanyakan orang jenis pekerjaan ini menjijikkan, namun menurut Rhys Owen, seorang pembersih muntah di Thorpe Park, sebuah taman hiburan di Inggris, pekerjaannya sebagai pembersih muntah merupakan pekerjaan yang menyenangkan karena bisa membuat orang lain dapat menggunakan fasilitas taman hiburan yang bersih dan bebas muntah. Mungkin, jenis pekerjaan ini sedikit mirip dengan pekerjaan seorang cleaning service, namun cleaning service untuk jenis kotoran tertentu saja yaitu muntah.

5. Penguji makanan aneh dan menjijikkan dalam lomba tantangan

Anda tentu pernah melihat acara di TV yang menguji adrenalin dan keberanian seperti Fear Factor dan Survivor kan? Dalam acara tersebut seringkali para pesertanya diminta dan ditantang untuk berani memakan aneka makanan kotor dan menjijikkan seperti kecoa, cacing, dan lainnya. Meskipun aneh, tapi pihak pembuat acara tidak sembarangan dalam memberikan tantangan kepada peserta. Sebelum peserta memakan makanan “aneh” yang diminta, si pembuat acara terlebih dahulu membayar orang untuk mencoba aneka makanan tersebut. Tujuannya adalah untuk menghindari berbagai komplain dan tuntutan dari peserta. Para penguji makanan ‘aneh’ dan menjijikkan ini dibayar lewat jasanya yang bersedia untuk mencoba makanan menjijikkan tersebut dan memastikan bahwa makanan tersebut aman walaupun kotor atau menjijikkan.

6. Petugas penjaga keselamatan kelapa
Para pengelola tempat wisata yang memiliki banyak aneka pohon-pohon besar seperti pohon kelapa biasanya membayar orang untuk terlebih dahulu memetik buah-buah kelapa agar tidak jatuh menimpa pengunjung. Cara ini dilakukan untuk melindungi pengujung dan tamu dari cedera saat berjalan-jalan di jalan setapak yang banyak pohon kelapanya. Yang membuat profesi aneh dan unik adalah karena para pekerja hanya dibayar khusus untuk melakukan pekerjaannya sebagai pemetik buah kelapa untuk tujuan keselamatan tamu dan pengunjung tempat wisata.

7. Pencium aroma badan

Ternyata ada saja orang yang bersedia mencium aroma badan yang tak sedap. Mencium aroma badan sendiri saja terkadang tak tahan, apa lagi harus mencium aroma badan orang lain? Namun, demi tuntutan pekerjaan, para pencium aroma badan ini melakukan tugasnya untuk mengetahui sejauh mana keefektifan sebuah deodoran tertentu dalam mengatasi bau badan seseorang. Para pekerja ini dibayar oleh para produsen deodoran sebagai bentuk uji coba terhadap produk deodoran mereka. Jika Anda menemukan satu jenis deodoran yang cukup ampuh dalam mengatasi bau badan, hal itu tidak terlepas dari bantuan para pekerja pencium aroma badan yang digaji untuk menguji kemanjuran sebuah deodoran dan antiperspirant tertentu dengan cara mengendus dan mencium aroma ketiak pemakai.

8. Penyiul Profesional
Bagi sebagian orang, keahlian bersiul ternyata bisa mendatangkan uang. Mereka yang ahli dalam bersiul bisa mencari nafkah dari keahliannya itu. Seorang pria berusia 58 tahun asal Wales, Henry Brady berhasil menghidupi keluarganya dari keahlian bersiulnya layaknya seorang seniman atau musisi. Tak hanya itu, Henry juga berhasil melanglang buana ke berbagai belahan dunia untuk mempromosikan siulannya.

9. Pemburu kerut sepatu
Ternyata ada profesi yang tugasnya memastikan sepatu dan alas kaki agar halus dan bebas kerutan. Para pekerja yang dibayar untuk tugas ini menggunakan besi khusus untuk memastikan bahwa sepatu benar-benar halus dan tidak ada kerutan saat meninggalkan pabrik.

10. Penguji Furniture
Kenyamanan furniture seperti sofa, tempat tidur, dan kursi sangatlah penting. Untuk memastikan kenyamanan sebuah furniture, pihak produsen membayar orang untuk menguji kualitas furnitur dengan mendudukinya, bergerak-gerak di atas furniture, duduk diam dan kembali bersandar pada kursi atau sofa. Dalam melakukan pekerjaannya, para penguji furnitur bisa mencoba 200 jenis sofa berbeda setiap harinya.

11. Pencicip makanan hewan peliharaan
Ada saja orang yang bersedia dibayar untuk mencicip makanan hewan peliharaan. Mereka digaji untuk menilai makanan yang biasanya diperuntukkan untuk hewan-hewan peliharaan. Banyak hal yang dinilai mulai dari rasa hingga tekstur makanan. Selain harus bersedia mencoba makanan hewan, para pekerja juga diminta untuk memberikan komentar mengenai makanan hewan yang dimakan tersebut. Berkat jasa para pencicip makanan hewa, tak heran hewan peliharaan bisa lahap menyantapnya karena sudah lulus uji coba rasa.

12. Penyelam bola golf
Satu lagi profesi aneh dan unik di dunia, yaitu penyelam bola golf. Ketika bermain golf, terkadang bola golf bisa saja masuk ke dalam danau atau air. Saat inilah para pekerja penyelam bola golf mulai bekerja dan melakukan aksinya untuk mengambil bola golf yang masuk ke danau. Di beberapa negara, profesi ini sebagian besar dilakukan oleh para pecinta scuba diving dan sudah menjadi bagian dari pendukung olahraga golf.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

One thought on “12 Profesi Teraneh di Dunia

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *