Ciri-Ciri Habitat Kelelawar

habitat kelelawar


informasitips.comKelelawar sebagai hewan mamalia nokturnal yang unik memiliki habitat dengan cakupan yang luas. Habitat kelelawar tidak mesti selalu berada di gua, kelelawar bisa juga hidup di sekitar kota ataupun rumah-rumah, di tempat dengan tingkat keramaian yang cukup tinggi. Hal tersebut membuktikan bahwa kelelawar merupakan hewan dengan kemampuan tingkat adaptasi yang tinggi. Seperti apa sebenarnya ciri-ciri habitat kelelawar? Teruskan baca artikelnya sampai habis ya…

Ciri-ciri Habitat Kelelawar

  • Habitat kelelawar biasanya adalah tempat-tempat yang dekat dengan akses menuju air dan makanan mereka. Selain itu, habitat tersebut juga harus bisa memberikan perlindungan bagi kelelawar dari predator-predator mereka. Tempat-tempat seperti bekas tambang ataupun di bawah bangunan jembatan adalah tempat yang sesuai sebagai habitat kelelawar, karena cukup aman dari serangan para predatornya.
  • Habitat kelelawar juga bisa meliputi pohon-pohon dengan percabangan dan daun yang lebat, sehingga dapat membuat mereka tersembunyi dari pandangan mahluk lain.
  • Kelelawar juga bisa tinggal di cerobong-cerobong ataupun di atap rumah, serta di gedung-gedung tua yang sudah tidak digunakan lagi.
  • Saat musim dingin, kelelawar akan mencari tempat yang paling aman untuk mereka tinggali, karena mereka akan melakukan hibernasi (tidur sepanjang musim dingin) untuk waktu yang cukup lama, yaitu sekitar 6 bulan. Tempat kelelawar tersebut harus sangat aman bisa melindungi mereka dari serangan predator, oleh karena itu tempat-tempat seperti gua, bekas tambang ataupun gedung-gedung tua akan menjadi pilihan yang tepat bagi para kelelawar. Dalam melakukan hibernasi, koloni kelelawar bisa terdapat dalam jumlah yang sangat banyak, dan mereka saling berdekatan untuk menciptakan kehangatan selama mereka tidur saat musim dingin.
  • Kelelawar tinggal di habitatnya secara berkoloni atau berkelompok-kelompok. Jarang kita jumpai kelelawar tinggal di suatu tempat dengan jumlah yang sedikit.
  • Kelelawar hidup dan bisa dijumpai hampir di seluruh kontinen atau benua, kecuali Antartika atau Kutub Selatan.
Loading...

Faktor utama habitat kelelawar adalah tempat tersebut harus memberikan perlindungan dari kemungkinan adanya serangan predator kelelawar, seperti burung hantu, elang, ular dan juga rakun. Selain itu, tempat tinggal kelelawar juga diharapkan memiliki akses untuk mendapatkan air dan juga makanan mereka, seperti buah-buahan.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading...

NEWSLETTER:

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan:

FOLLOW US: