Informasi dan Tips – informasitips.com

Waspadai Telat Bicara Pada Anak Usia 3 Tahun

informasitips.com – Kemampuan bicara merupakan salah satu perkembangan pada anak yang sangat perlu diperhatikan oleh orang tua. Meskipun kecepatan perkembangan bicara dan bahasa tiap anak berbeda-beda, namun orang tua harus waspada bila pada usia 3 tahun anak menunjukkan keterlambatan perkembangan bahasa. Telat bicara pada anak usia tiga tahun adalah masalah yang cukup serius dan perlu segera mendapatkan penanganan.

Telat bicara adalah gangguan perkembangan bahasa, atau disebut juga Developmental Language Disorder (DLD). DLD atau gangguan perkembangan bicara dan bahasa biasanya tidak memiliki manifestasi, tak perlu dikhawatirkan, bila mendapatkan penanganan yang tepat. Anak-anak yang mengalami telat bicara umumnya memiliki intelejensia yang normal. Kemampuan mendengar dan perkembangan sosial emosionalnya juga normal. Anak-anak dengan kondisi DLD atau telat bicara ini tidak digolongkan ke dalam kategori Autis.

Waspadai telat bicara anak balita usia tiga tahun

Keterlambatan bicara pada anak diperkirakan terjadi sekitar 5–10% pada anak usia 3 tahunan. Dan biasanya anak laki-laki cenderung lebih sering mengalami kasus ini dibandingkan dengan anak perempuan. Beberapa faktor yang bisa menyebabkan timbulnya gangguan telat bicara adalah keterlambatan perkembangan fungsi tubuh misalnya pada bayi yang terlahir prematur atau berat badan lahir rendah (BBLR), retardasi mental, kurangnya rangsangan (stimulasi) dari lingkungan, misalnya anak kurang sering diajak berbicara dan berinteraksi dengan orang dewasa. Faktor genetik atau historis keluarga seringkali juga memegang peranan cukup besar sebagai penyebab telat bicara. Pada kasus tertentu, keterlambatan perkembangan bicara pada anak bisa jadi disebabkan karena hilangnya (ganggauan) fungsi pendengaran.

Berapa banyak kata yang seharusnya sudah bisa diucapkan anak usia 3 tahun?
Pada usia tiga tahun normalnya anak akan mampu mengucapkan kata-kata dengan cukup jelas. Anak usia ini juga seharusnya memiliki kosakata yang cukup banyak yaitu sekitar 600 kata, dan sekitar 80% dari seluruh kosakata yang dimiliki anak harus sudah dapat dimengerti oleh orang dewasa yang jarang (tidak) berinteraksi dengan anak. Hal ini berarti 8 dari 10 kata yang diucapkan anak dapat dimengerti oleh orang dewasa yang belum pernah berinteraksi dengan anak tersebut. Orang tua punya banyak waktu untuk berinteraksi dengan anak sehingga dapat lebih memahami apa yang diucapkan anak meskipun si anak memiliki keterlambatan bicara. Oleh karena itu, perlu diingat bahwa yang dimaksud dengan orang dewasa di sini adalah selain orang tua, pengasuh atau keluarga yang sehari-hari sudah terbiasa berinteraksi dengan anak.

Apa saja gejala-gejala yang menunjukkan adanya keterlambatan bicara pada anak usia tiga tahun?

  1. Anak banyak mengoceh namun hampir sebagian besar kata-kata yang diucapkannya tidak bisa dimengerti.
  2. Ketika Anda menyuruh anak untuk mengulangi kata yang Anda ucapkan, anak berusaha mengikutinya namun terdengar tidak sama dengan kata yang Anda ucapkan.
  3. Anak terlihat berusaha sangat keras untuk bisa berbicara dengan jelas.
  4. Perkembangan bahasa anak usia 3 tahun perlu dievaluasi dan dicurigai mengalami telat bicara bila anak hanya memiliki kosakata kurang dari 200 kata dan hanya sekitar 50% dari kata-kata yang diucapkannya yang bisa dimengerti orang dewasa.
  5. Orang asing yang belum pernah berinteraksi dengan anak tidak bisa mengerti sebagian besar kata yang diucapkan anak.
  6. Anak tidak bicara dengan menggunakan kalimat-kalimat pendek (kalimat yang terdiri dari minimal 3 kata).
    Anak usia tiga tahun seharusnya sudah dapat mengungkapkan apa yang diinginkannya pada orang lain lewat kalimat-kalimat pendek yang diucapkannya.
  7. Anak belum bisa mengerti arti perintah sederhana, seperti “taruh mainan ini di atas meja”.
  8. Pada usia ini anak masih belum bisa mengidentifikasi (membedakan) warna, konsep besar kecil, belum bisa mengenali minimal 3 bagian anggota tubuhnya.
  9. Pada usia 3 tahun anak tidak bertanya.
  10. Orang tua juga perlu mencurigai bila pada usia tiga tahun anak terlihat tidak tertarik dengan anak kecil lain sebayanya.

Bila orang tua memiliki kecurigaan bahwa anaknya mengalami telat bicara, hendaknya orang tua tidak mengabaikan perasaan tersebut. Segeralah periksa dan konsultasikan perkembangan anak Anda pada tenaga ahli yang bisa menanganinya. Anda bisa berkonsultasi pada dokter, psikolog, atau terapis agar anak bisa mendapatkan penanganan yang tepat.

Anak yang diduga mengalami keterlambatan perkembangan bahasa dan bicara akan diperiksa fisik, saraf dan psikologisnya untuk menentukan tingkat intelejensia si anak. Kemampuan mendengar anak juga akan diperiksa. Bila pemeriksaan awal pada anak sudah dilakukan dan diperoleh hasil bahwa anak positif mengalami telat bicara, maka anak perlu mendapatkan terapi wicara. Penanganan yang baik dan tepat akan memberikan hasil yang positif pada perkembangan kemampuan bicara anak.

Sebaiknya orang tua selalu memberikan stimulasi yang kontinu kepada anak sejak masih bayi untuk mencegah kemungkinan timbulnya gangguan bahasa dan telat bicara. Anda sebagai orang tua disarankan untuk aktif dan kreatif dalam berinteraksi dengan anak, misalnya lewat bernyanyi, sering berbicara dengan anak (meskipun saat bayi ia masih belum terlalu mengerti dengan apa yang Anda ucapkan), membacakan cerita (mendongeng), dan lewat berbagai kegiatan lainnya sehari-hari.

Artikel Terkait

54 thoughts on “Waspadai Telat Bicara Pada Anak Usia 3 Tahun

  1. Vivi

    Anak sy jg sdh brumur 2,5 thn tp blum mampu mengucapkan kata2 dg benar,tp dsurh ap saja dy bs,tlong kl ad yg pny solusi

  2. admin

    Terus diberikan stimulasi saja Bunda.. agar kemampuan bicaranya semakin berkembang. Sering-seringlah membacakan dongeng/cerita, mengajak anak bicara, bernyanyi, dan mengajak anak ke lingkungan yang lebih ramai biasanya memiliki peran yang sangat besar dalam membantu perkembangan bahasa anak.

  3. galuh

    Putri saya berusia 2,7. Bicaranya belum lancar. Dia malah lebih pintar angka. Dia bisa menyebut 1-10. Ayahnya khawatir tapi saya lebih santai. Sudah diperiksakan ke dokter, anak saya tidak termasuk autis. Tapi saya tetap menunggu ia bisa bicara dengan lancar. Teman2 saya banyak juga anaknya yg baru lancar bicara umur 3tahun. Saya hanya takut bila dia berumur 3tahun belum lancar juga bicaranya

  4. rani suryani

    anaku umur 2,8 bln tp bahasa masih ngoceh kaya balita saya bingung di bawa ke terapi wicara sama ke okupasi tp belum ada kamajuan,dokter nya nyaranin saya untk lebih banyak mengajak bicara sm bermain tetapi anak saya tuh ga suka mainan tolong ksh solusi

  5. admin

    Selain terapi wicara, mengajak anak banyak berbicara dan bermain juga merupakan cara dan bentuk stimulasi yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kemampuan bicara anak. Tentunya Anda harus tetap bersabar dan terus-menerus melakukan berbagai upaya termasuk stimulasi tersebut tadi untuk merangsang kemampuan bicara anak. Yang ditekankan dalam hal ini adalah interaksi yang kontinu dari orang tua ke anak. Jadi, meskipun Anak tidak suka mainan, Anda tetap bisa memberikan stimulasi berupa banyak bicara dan bermain lewat kegiatan sehari-hari, contoh, saat makan perbanyaklah mengajak anak berkomunikasi sambil menciptakan suasana yang menyenangkan bagi anak layaknya suasana bermain. Saat menjelang tidur, bisa membacakan dongeng atau buku cerita untuk anak, sering mengajak anak untuk bertemu banyak orang sehingga anak juga mendapatkan stimulasi dari lingkungan yang ramai. Anda juga perlu mencari tahu apa yang menjadi kesukaan atau ketertarikan anak. Dari ketertarikan tersebut, cobalah untuk terus melakukan stimulasi layaknya bermain, sambil terus diajak berkomunikasi. Tak perlu jenis mainan tertentu bila memang anak tidak suka mainan, yang terpenting adalah interaksi dan komunikasi dari Anda dan orang-orang di sekitar anak yang dilakukan secara kontinu untuk merangsang kemampuan bicaranya.

  6. bunda ade

    Anak saya umur 2,4 bln,dan blm lancar bicara.jg tdk suka bernyanyi,sring ngoceh tp kata-kata yg dikeluarkan tdk dpt dimengerti.jg blm bisa mengenal warna,saya takut sekali anak saya autis.juga mengucapkan angka msh tdk beraturan,mohon sarannya,trimakasih

  7. bunda ade

    Anak saya umurnya 2,4 bln tp blm lancar bicara,jg blm bisa mengenal warna dengan baik dan mengucapkan angka jg masih tidak beraturan.juga anak saya tidak suka bernyanyi,lebih sering ngoceh dgn kata- kata yg tidak jelas.Anak banyak mengoceh namun hampir sebagian besar kata-kata yang diucapkannya tidak bisa dimengerti.
    Ciri-ciri tsb ada dalam diri anak saya(Ketika Anda menyuruh anak untuk mengulangi kata yang Anda ucapkan, anak berusaha mengikutinya namun terdengar tidak sama dengan kata yang Anda ucapkan.
    Perkembangan bahasa anak usia 3 tahun perlu dievaluasi dan dicurigai mengalami telat bicara bila anak hanya memiliki kosakata kurang dari 200 kata dan hanya sekitar 50% kata-kata yang diucapkannya yang bisa dimengerti.
    Orang asing yang belum pernah berinteraksi dengan anak tidak bisa mengerti sebagian besar kata yang diucapkan anak.
    Anak tidak bicara dengan menggunakan kalimat-kalimat pendek (kalimat yang terdiri dari minimal 3 kata).
    Pada usia ini anak masih belum bisa mengidentifikasi (membedakan) warna.
    Pada usia 3 tahun anak tidak bertanya.)Mhn sarannya,karena saya takut sekali anak saya termasuk autis,mengucapkan mobil saja msh berkata momob padahal sebelumnya dia bisa mengucapkan kata mobil.mohon sangat sarannya,trimakasih

  8. admin

    Bunda.. seperti yg sudah disebutkan di artikel tersebut, meski memiliki tanda-tanda keterlambatan, belum tentu anak menderita Autis.. Keterlambatan tersebut merupakan warning bagi orang tua agar segera mengambil tindakan, misalnya memeriksakan anak ke dokter ahli, bila diperlukan dilakukan terapi, diberi stimulasi yang lebih sering dan lebih banyak lagi.. dan lainnya. Intinya, semakin cepat dilakukan intervensi, maka diharapkan hasilnya nanti akan lebih baik lagi. Jadi, tak perlu merasa terlalu cemas terlebih dahulu, karena dalam hal memeriksa apakah seorang anak dikatakan autis atau tidak itu membutuhkan waktu dan diagnosa yang cukup panjang. Biasanya dokter pun tidak akan langsung serta merta memvonis anak mengidap autis hanya karena si anak belum lancar bicara. Yang jelas, bila Anda mendapati kejanggalan atau melihat adanya keterlambatan perkembangan pada anak, segera lakukan pemeriksaan ke dokter (ahlinya), agar bisa segera diambil tindakan dan penanganan yang tepat..

  9. Mama phaphalia

    anak saya berumur 2 tahun 11 bulan tetapi belum bisa bicara, hanya “maem” yang bisa dikucapkan, nyanyi dia suka & tahu nadanya tapi belum bisa mengucapkan syairnya, bahkan hafal semua lagu yang pernah didengarnya dari awal sampai akhir. sudah dicek fisik (pendengaran, dll) bahkan sudah di tes bera hasilnya normal semua, sudah si terapi wicara & okupasi, tapi kenapa sampai sekarang belum bisa bicara juga? mohon penjelasannya, terima kasih

  10. Nina

    Pusat Terapi dan Tumbuh Kembang Anak (PTTKA) Rumah Sahabat Yogyakarta melayani deteksi dini anak berkebutuhan khusus, terapi terpadu untuk Autism, ADD, ADHD, Down syndrom, Cerebral palsy, terlambat bicara dll dg terapi wicara, sensori integrasi, behavior terapi, Renang& musik untuk anak berkebutuhan khusus, home visit terapi & program pendampingan ke sekolah umum. informasi lebih lanjut hubungi 0274 8267882

  11. papa agus

    Putera saya umur sdh 3 thn 3 bln blm lancar bicara, tapi mengerti omongan orang dewasa jadi bisa diperintah. Kalo lagi bermain seperti anak lainnya pintar mainin mainan remote dll. Intelegensianya kira2 juga normal saja karena saya perhatikan dia cukup kreatif jika bermain. Kosa katanya juga minim, sekitar 20an saja. Uniknya dia selalu menyebut nama sesuatu sesuai bunyi benda tsb. Mohon pencerahannya bu…

  12. admin

    Melihat perkembangan anak bapak dari apa yang sudah bapak gambarkan, kemungkinan besar tidak ada masalah yang cukup berarti dengan kemampuan bicara anak bapak. Soal mengapa sampai sekarang anak bapak masih belum lancar bicara, itu kemungkinan besar disebabkan karena anak bapak membutuhkan stimulasi yang lebih sering dan lebih banyak lagi agar kemampuan bicaranya semakin baik. Untuk itu, perbanyak lagi stimulasi dan aktivitas yang bisa merangsang kemampuan bicara dan bahasa anak, bisa lewat permainan, interaksi dengan banyak orang, sering-sering diajak ngobrol, dan lain-lain.

  13. mommy rafa

    Anak saya sudah 3 thn, balum lancar bicara, tapi dia sudah mengerti banyak warna, bisa ngobrol dengan orang dewasa, dan aktivitas sehari harinya tidak ada masalah, dia mengerti intruksi, kosakata sudah banyak, hanya saja pengucapannya belum jelas, mohon informasinya..stimulasi apa yang cocok untuk melancarkan bicara anak saya

  14. ety abdurachman

    Admin….anak sy umurx 5,7 thn. Sdh bisa mengeja huruf dan angka, yg menjd pemikiran sy sampe sekarang berbicara panjang2 susah sekali apalagi melafazkan doa2 harian, untuk nada doax benar klw kita dgr dr jauh tp klw dekat kedengaran kalw doa yg dilafazkan salah….mohon bantuanx

  15. evy

    Puteri sy 3thn 8 bln, dia bs diperintah mengambilkan sesuatu, juga bisa minta sesuatu misalnya : minum mama, makan mama, gak mau, gak bisa. Bisa menulis 1-10, bisa melafalkan A-Z dlm bhs Inggris. Hapal lagu2. Tapi, sy khawatir karena dia blm bs berkomunikasi 2 arah secara baik spt anak2 sekelasnya. Jika ditanya sdh makan belom, atau sudah mandi belom? Dia spt tidak mengerti. Jd spt satu arah saja, dia tdk bs membalas pertanyaan sederhana sekalipun. Bagaimana ya solusinya.. Terimakasih

  16. nina farida

    Anak saya perempuan skrg umurnya 3thn smpai skrg blm jg bs berbicara u/ memangil mama papa jg tdk bisa,tapi kalau dsrh menutup pintu atw mngambil sesuatu dia mngerti.menulis dia bisa,makan sndiri jg pintar tidk berantakn tdk mau dsuapi,apabila kita ajak ngobrol dia diam saja mulut sprti mingkem trtutup rapat,tapi matanya ttp trtuju pada mata saya atw mata org dewsa yg mngajaknya berbicara,sjauh ini saya udh ke dokter spa,terapi saraf,trs periksa THT pada pndengaranya,bahkan pngobatan alternatif sdh sya lakukan, mrka mnyebutkn hal yg sama tdk ada gangguan hnya terlambat saja, tapi saya ttp khawatir,tkutnya mlh tjd apa2 saya takut sekali ☹ mohon bantuanya tahapan aplg yang hrus sya lakukan,trims

  17. yuii

    Putra sy berumur 3thun tp dy belum pandai berbicara…hanya beberapa kata itupun blum jelas Ƭǻƥï dia sudah Ʈªυ͡ membedakan huruf dan Ʈªυ͡ angka 1-10…dia suka mengamuk jika kemauannya tidak dituruti dan takut masuk di rumah orang asing!Ƭǻƥï dia Åϑå respon jika dipanggil namanya dan jika disuruh dia mengerti dan melaksanakan perintah…apakah anak saya autis atau cuma menderita telat bicara..?makasih jawabannya

  18. Susi

    Anak saya 2,2 thn. Dia bisa tau warna, bisa melafalkan 1-14 dlm bahasa inggris, A-z dlm bahasa inggris walaupun tidak berurutan. Tetapi tidak bisa mengerti pembicaraan orang lain.. Kita hanya mengikuti yg dia mau (komunikasi 1 arah). Sering sekali bicara terus2an dlm bahasa aneh yg tidak dimengerti orang tp lancar dan tanpa putus. Dia mengerti nama2 part if body, gerakan lbh lambat dr usia sebayanya disekolah. Seperti tdk bisa ikuti gerakan2 angkat jempol, bergoyang kiri dan kanan. Tp sangat aktif. Mulai beramajinasi spt main baby doll. Mohon tanggapannya kira2 saya harus bawa ke ahli apa?

  19. Ijoel

    Anak saya ibrahim umur 3 th, saya bingung dengan anak saya yang belum bisa mengucap kata apa apa, tidak nengok waktu di panggil, tp klo dengan game di i pad saya dia suka dan dia paham cara pengoprasian nya , tlng dong saran nya saya harus bawa anak saya kemana, saya tinggal di daerah depok

  20. admin

    Hai Ijoel, mengenai situasi Anda, Anda bisa membawa Anak Anda ke RS Hermina bagian Tumbuh Kembang, coba saja konsultasikan masalah Anda ke dokter spesialis di sana. Kalau menurut pengalaman Kami, stimulasi untuk meningkatkan kemampuan berbicara pada anak bisa dilakukan dengan cara menempatkan lingkungan yang rame dalam kegiatan sehari-harinya, atau Anda juga bisa sering2 mengajaknya bicara….

    Semoga membantu

  21. Susi

    Mohon sarannya, putri saya umur 2,2 thn. Tidak mengerti sama sekali omongan orang. Dia hanya tau perbendaharaan kata, bisa menghitung dan abc. Dia bisa kasih tau apa yg dia mau spt keluar, naik, makan, minum dll. Tp kl ditanya mau makan apa? Siapa yg mau icecream? Dia tdk menjawab krn tdk mengerti. Dia sering berbahasa aneh yg tdk dimengerti orang dgn sangat lancar. takut sekali dgn orang dewasa .. Apa sebaiknya yg saya lakukan? Mohon bantuan ya

  22. bunda rayendra

    Rayendra umur 3tahun 4bulan.. Blm bisaa ngomong apa2.. Cuma ayah, mamah, papah. Yangg laen nyaa msh kacau, nyebut kucing auh, nyebut ayam UU, bahasa menurut dia dan kita orangtua mengrti mksdnya, saya pingin mengarahkan klo nyebut kucing jgn AUH, tp blm ϐȋşå. Diajak ngobrol dia ngerti, dsuruh2 pun ϐȋşå. Maen dgn teman2nyaa jg seperti biasa, kosakata nyaa msh sedikit skali, keluarga trmasuk cerewet sering ngajak interaksi, tolong saya admin

  23. rina

    Anak saya usia 4 tahun sudah sekolah paud A,,tapi saya khawatir karena sampai sekarang anak saya kurang jelas dalam berbicara,kalo ngomong cepat bgt jd kata”nya tdk di mengerti,kalo diajak berbicara dia menjawab tapi terkadang yang diajak berbicara tidak mengerti dan bertanya pada saya apa yang anak saya katakan.saya harus bagaimana?tiap malam sya slalu mengajarkan dia berbicara berkali kali saya ajarkan bilang R tapi sulit.tolong bantu saya

  24. lucy

    Pagi ibu, anak saya uda 7tahun namun secara komunikasi masih kurang baik, artinya bahasa dan tatabahasa yg dikeluarkan terlalu baku sehingga kedengaran aneh, dilain sisi kalo melihat anak saya bermain dengan temannya, komunikasi byk yg kurang pas.

    Saya sudah berkonsultasi denganbyk doker ahli, semua mengatakan anak sya tidak

  25. lucy

    Adakh referensi tempat therapy untuk wicaradan sosialisasi di daerah tangerang? Anak saya 7thn dn butuh bantuan therapy, jika berkenan dapatkah saya diberikan telp konseling dengan ibu/bapak?

    Terima kasih

  26. fitria

    Anak saya 2 tahun 8 bulan tp blm bs berbicara sama sekali, dia cuma bisa blg ma em atau mamam, papapapa. Tapi kalau di suruh apa aja bisa, dan klu di panggil dia dengar dan hanya senyum. Mohon buat teman teman mau memberi solusinya

  27. evalin

    Anak sy Nicholas 3th 2bln baru bisa berbicara 1 kata saja itu pun jarang, tapi ank sy ngerti apa yg orangtua_ny ato pun orang lain bicarakan, jika diajakin berbicara nicholas mengalihkan pembicaraan orang tuany. Nicholas anak_ny sangat aktif ßαπƍëƭ sampe2 orang bilangny anak saya hiperaktif, n nicholas juga mudah bergaul dengan sapa az baik itu anak2 ato pun dengan orang dewasa sekali pun, mohon solusi_ny yaaaa.. Makasih…

  28. yani irawan

    DH,

    Anak sy skg hampir 3 th, sudah mengikuti terapi wicara dan okupasi 1 th, tp sampai skg perkembangan verbal nya blm maximal. bgm ya saya sangat khawatir..

    mm. zakky

  29. tante ika

    ponakan saya umurnya 3,5 th, tapi sampai sekarang belum bisa bicara, hanya beberapa kosakata yang bisa diucapkan.kalo dipanggil kadang nengok kadang tidak. tapi untuk daya ingatnya sangat tunggi, bisa menghafal tempat, jalan, nyanyian, dll. Kalo bernyanyi hanya bilang “nanana” saja. Tapi ponakan saya bisa maen drum sesuai lagu yang dinyanyikan.Suka mukul2 kepalanya sendiri kalo lagi marah. Mohon bantuannya. kalo mau terapi di daerah klaten jateng ato jogja harus kemana. Aku mohon banget,,trims

  30. lina

    anak saya 3th 2 bulan tapi blm bisa bicara lancar,blm bs merangkai kata sederhana,blm ngerti kalau ditanya tp bisa disuruh hal2 sederhana walaupun semua yang disuruh tak bs ia lakukan,omongan nya belum bisa dimengerti seluruhnya tp ia suka dengan buku dan siaran televisi yang berbahasa arab dan tulisan arab..mhn solusinya

  31. mira

    Anak sy sdh usia 3 th 2 bln tp sampai sekarang belum jg lancar bicara, klo bicara hanya ujung2nya saja, tp klo diperintah dia mengerti, cuman klo diajarkan tuk bicara dia spt malas2an, kesukaannya menyusun puzzle. Tolong DÕooº°˚˚°ºng sarannya apa Ɣªήğ harus sy lakukan

  32. Selvi Herianti

    saya punya keponakan perempuan berusia 3 tahun, yang belum bisa mengucapkan kata-kata dengan jelas. Dia suka mengoceh tapi tidak ada satupun kata-katanya yang bisa dimengerti. Kalau diperhatikan, sejak umur 9 bulan memang suka menonton acara televisi yang berbahasa Inggris–Cartoon Network. Saya sempat berfikir mungkin dia lebih acquiring Bahasa Inggris, tapi, tidak ada satu kata Bahasa Inggrispun yang jelas terdengar.
    Karena dia sering mengoceh dan tidak dimengerti, akhirnya sekarang keponakan saya berkomunikasi dengan bahasa isyarat. Misalnya kalau mau minum dia mengepalkan jari dan mengarahkan ibu jari ke mulut.
    Yang agak melegakan adalah, kemampuan mendengarnya tidak terganggu, dan cukup memahami kalimat-kalimat perintah sederhana dari orang dewasa.

    Jadi, apakah keponakan saya mengalami DLD? dan dengan terapi apa dia bisa bicara seperti anak normal lainnya? tentang kesukaannya menonton film berbahasa Asing, apakah ada hubungannya dengan keterlambatan kemampuan berbahasanya dan apakah harus dihentikan?
    terima kasih

  33. dyah

    anakku 2tahun 4bulan belum bisa bicara dia cman bisa blng maem،uu(susu),mbah،A e(pak de)،tpi klo menyanyi bisa semua lagu dia hafal walaupun masih kurAng tepat misalnya naik naik kepuncak gunung dia nyamyinya aik aik ke cak unung،klo diperintah atau disuruh-suruh mengerti.kira kira perlu diwaspadai tidak?trus cara merangsang agar bisa bicara bagaimana?

  34. Nanda

    Anak saya, usia 6 tahun 8 bulan belum lancar bicara. kosa katanya yang jelas mamah, papah,minum dll. Hitungan 1 sampai 2. Huruf A bisa. sepertinya lidahnya susah mengucapkan kosa kata2 baru. Kalo meminta seuatu atau sering bicara dg bahasa dia. Interaksi dan kepekaan komunikasi cukup baik. Saat ini di sekolahkan PAUD. Mohon solusi dan informasinya. Apabila ada terapi di Rumah sakit atau alternatif mohon diinformasikan dimana tempatnya.

    Terimakasih

    Salam,
    Nanda

  35. Tini

    Admin, Sy mau tanya ya. Selain RS Hermina apa ada RS lain di Jakarta Timur yang bisa mengatasi tumbuh kembang anak ? Terima kasih

  36. iis

    anak sy umur 2th 6bln, bicarany msh smaunya sndr yg blm ada artinya, blm bs manggil sy mama, ato manggil papa, tp srg mngucapkan mama,papa,tete,dede,ada,dll.. sdh terapi bicara skitar 2bln, lokasi pontianak, tp blm ada prkmbangan yg signifikan, msh nangis trs wkt terapi, tp justru wkt nangis itu dia bs ngomong mama,papa,, maunya mainan trs, puzle,balok2.. Sy bingung kira2 terapinya prlu dlanjutkan tdk ya? Ato sy masukkan ke PAUD sja..?

  37. alia

    Mohon masukaannya ya…
    Anak saya umur 3 th, laki2…dari usia 2 th bcr nya ud lancar & jelas…tetapi ud 1 bln ini, kata & kalimat yg biasanya lancar diucapkan jd sulit skl buat dia..
    awalnya agak gagap tp mkn hari saya phatikan kok mkn mundur..jd skrg klo ingin sesuatu cm nunjuk sambil blg eh eh eh..kira2 anak saya knp ya

  38. deavy

    Anak sy laki2 usia 3th 3bln,bcr blm lncr tp klo d mntai tlg ambil ini itu/d larang/d pnggil dia mngerti dan dia cpt tanggap sprti cr mngganti film d lptop dgn menu yg bnyk n dia tw ktika film d lptop blg ssuatu yg lcu/marah dia akn trtawa/mngikuti pdhl saat itu dia lg main yg lain ƍäª fkus k lptop,dia ingat pasword d tab tp saya ajari. dlu ttp yg mnjdi perhatian saya adalah bicara nya ,kbtulan film2 cartoon yg d tonton berbahasa inggris smw ªƥa̲̅ itu slh 1 fktor ny,tp dia jg bs bbrp kata d film itu in english…trima kasih…

  39. lia yuliana

    Anak ŝªЧά‎ berumur 3tahun 8bulan belum lancar berbicara,tapi dia sudah bisa mengenal warna menyebutkan angka 1 sd 10.dia menengok bila dipanggil,mau menatap bila berbicara.tapi jika bicara hanya tengah dan belakangnya saja,tp jika diajarkan bicara perlahan2 dia bisa mengucapkannya.tetapi jika dia berbicara seperti biasa tidak lengkap hanya tengah dan akhirnya saja.mohon jawabannya,apakah anak ŝªЧά‎ harus diterapi?terima kasih

  40. Adi Nugroho

    Anak saya umur 3 tahun 1 bulan,tapi sampai saat ini belum bisa bicara dengan jelas.Hanya noceh-ngoceh dengan ceriwisnya.Dia sudah bisa makan dan minum sendiri di meja makan.Bermainnya bermacam-macam, tidak hanya suka dengan 1 mainan saja.Suka mainan kereta api-kereta apian dengan lokomotifnya yg disambung dengan remote tivi+handphone.Kalo mau makan, kadang suka ambil telor sendiri di kulkas,ambil penggorengannya dan piringnya.Diberikan ke Maminya untuk minta digorengkan dan dia menuju ke tempat kompor di dapur kita.
    Sudah sempat 2 kali dibawa ke klinik tumbuh kembang anak yang berbeda dan sudah sempat dilakukan observasi, dokter dan psikiater-nya menyatakan kalo anak saya telat bicara dan bukan masuk kategori autism.
    Kondisi anak saya sampai saat ini, masih belum bisa bicara dan kalo dipanggil cuman nengok saja dan kadang cuek tidak mau nengok.
    Mohon saran dan solusinya.
    Terima kasih.

  41. nindy

    Anak sy laki2,umur 2,6 thn,blm bs sama sekali bicara,kurang mengerti bhs org dewasa,dokter mendiaknosa pddnos,terapi apa ƴƋЛƍ bs sy lakukan dirumah..tolong sarannya,sy bnr2 khawatir

  42. surti

    anak saya 2,7bln,tdny norml tp skrg mlh g prnh ngmng apa2,dpgil g nengok,acuh dgn tman2,sy bw kedokter spsialis anak,llu drujuk ke rscm,utk mlkkn pmeriksaan berm

    a,tp trnyt biayanya ckp mhl bg orang spt sy,utk terapi sndri drumh sy bkn tipee org sbr,sy bgung hrs bgmnn?knp utk pnangn anak2 brkbutuhn kusus biayanya mhl sx,knp tdk dtggng negara,bgmn klo ada 10 kluarga tdk mmpu sprt sy mnglmi problem yg sama,akn bnyk anak bngsa yg ms dpnny tk jelas.

  43. raymond

    Saya raymond..ank sya putri sdh 3thn 3bln cm bisa ngoceh ga jelas..dya bisa ngmng papah mamah atau yg lain tp spontan 1x aj kalau di suruh ga prnh mau ulangin cuma diem ngeliatin.dya jg suka nyanyi tp ga jelas kalau di ajarin ga mau ikutin malah ga mau nyanyi lg..tp kalo di suruh apa aj dya bisa n ngerti..memang di rmh cuma tingal bertiga sm istri saya..mungkin ga ada temennya ..tahun ini baru sya masukin sekolah biar byk temen n bersosialisasi.aduuh saya bingung hrs gmn lg

  44. defri

    anak saya sudah 3th,bisa berhitung 1-10 dan juga paham dg angkanya,bisa menghafalkan huruf A-Z dan juga paham dan mengerti dg huruf tsb,yang saya bingung dia(sandi)tidak paham dg pertanyaan sederhana seperti ‘sandi sudah makan’ dan dia tidak bisa jawab malah dia hanya senyum aja,sekian dari saya,saya harap pencerahanya atas jawabanya saya ucapkan terimakasih.

  45. ayu lestari

    Anak saya umurnya 3thn secara normal nya anak sya sma sprti yg lain,sperti suka bersosilisasi,sekolah,menghitung 1 smpy 10,tp knapa ya bahasanya belum bgitu di mengerti apa lg oleh orang lain,kdang sya suka marah klo orang lain meledek anak sya,,misalnya sendal dia blang ndan,trus kasur tuh ACUN ,kamar tuh MAMAN,,mohon solusinys

  46. puspa

    Anak saya berumur 3 tahun tapi belum lancar dalam berbicara. dia bisa menucapkan kata-kata pendek saja. untuk berkomunikasi dengan bahasa yang panjang dia belum bisa dan bahasanya tidak jelas. apabila bertemu dengan orang dan lingkungan baru anak saya cenderung takut dan tidak mau berkomunikasi. untuk menghitung dari 1-10 dia sudah bisa. mohon sarannya apa yang harus saya lakukan, apakah anak saya termasuk kategori autis? apabila harus terapi mohon infonya saya tinggal di daerah harapan indah, bekasi. terima kasih.

  47. lis

    Malam admin,
    Pertanyaan ibu Evy blm di reply, krg lbh sama dg yg sy alami,
    Mohon sarannya,trmksh

  48. abdul kadir jaelani

    Mohon bantuan anak saya umur 4 th 5 bln sampai sekarang belum bisa bicara, tetapi mengerti saat diajak bicara, dan ketika dipanggil juga mau, anak saya waktu lahir prematur (perkiraan 30 sd 32 minggu) sempat apnue 7 dtk tapi usg kepala pada saat KRS tdk ada masalah….saya bisa konsultasikan ke mana u daerah sby….?

  49. ayu

    Anak saya 3th 1bln, bru bisa bicara beberapa kata tp tdk jelas spti mama,yayah (ayah),baba(abang),oo (om),nyunyu(minum), selebihnya pake bahasa dia…(Tp kdg kami mengerti maksudnya). Sering kami ajak bicara dan responnya cm geleng2 ato jawaban dg kata2 yg ga jelas. Apakah itu normal?

  50. pipit fitria

    dok,anak saya laki2 usia 2th 9bln msh blm bs bicara cuma bs mengucapkan 2-10 kata saja,tapi dia mengerti jika disuruh,diajak mandi,menunjuk benda yang ia mau..apa yang harus saya lakukan dok,mohon penjelasannya!

  51. yati

    saya punya anak usia 2thun2 bulan blm begitu lancar bicara hanya bsa menyebutkan papa mama tpi kadang salah nyebut papa dipanggil mamah begitu sebaliknya klau mau minta makanan selalu nyebut mam.tapi klau disuruh apa aja alhamdulilah ngerti seperti beresin mainanya taruh ditempat semua kalau mau pipis buka celana.tutup pintu buka tutup dvd masukan kaset ambil air minum sendiri bisa tapi yg membuat saya kawatir ngomngnya blm lancar saya mohon saranya trima ksih

  52. yati

    putri saya berusia 2tahun2bulan &blm lancar bicaranya nyebut papa mamah bisa tapi kadang mama dipanggil papah begitu sebaliknya tapi dia mengerti apa yang saya katakan&sudah saya ajarkan tuk mandiri seperti membereskan mainan ambil minum sendiri menaruh mainan pda tempatnya buang sampah pda tempat taruh piring yg kotor ditmptnya dia mengerti ketika mau tidur ambil bantal sendiri tapi yang buat saya kawatir anak saya blm lancar bicaranya apa yg harus saya lakukan.mohon saranya soalnya anak saya jarang bergaul dengan lingkukan saya kurung dirumh karna lingkunganya buat saya ga nyaman karna cara bicara dilikungan saya ksr &tak pantas didengar tul usia anak saya .apa dengqn memasukan ank saya sekolah diplay grup tu cara yang salah atau terlalu dini saya mhon saranya trima ksih

  53. admin

    Anak Anda sudah bisa mengerti banyak hal, hanya bicaranya yang belum lancar. Untuk meningkatkan kemampuan bahasanya, tentu harus diberikan banyak rangsangan. Teruslah mengajak anak berbicara, sambil bermain atau melakukan aktivitas lainnya sehari-hari yang bisa mengasah kemampuan bicaranya. Memasukkan anak ke sekolah playgroup bisa menjadi salah satu cara untuk memberikan lingkungan yang bisa membantu Anda mengasah kemampuan berbahasa anak. Suasana dan lingkungan di PG biasanya disesuaikan dengan usia anak, aktivitas yang dilakukan biasanya juga banyak yang sifatnya bermain (bukan belajar). Jadi, tak perlu khawatir dengan beranggapan terlalu dini bila memasukkan anak ke PG.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

ARTIKEL TERBARU

NEWSLETTER

Mau berlangganan artikel Kami? Tulis Email Anda pada form di bawah ini.

Cek Email Anda setelahnya untuk mengaktifkan layanan newsletter. Terimakasih

OUR FRIEND