Informasi dan Tips – informasitips.com

Waspada, Obesitas Dapat Menurunkan Tingkat Kecerdasan

informasitips.com – Hati-hati bila Anda mengalami obesitas. Sebuah penelitian di Chicago menemukan fakta bahwa obesitas atau kegemukan dapat menurunkan tigkat kecerdasan otak. Dr Diana Kerwin, salah seorang peneliti dari Universitas Northwestern Chicago melakukan pengamatan terhadap sejumlah wanita obesitas di Amerika.

Kerwin melakukan penelitian dengan menggunakan data Women’s Health Initiative, yaitu sebuah studi nasional yang berkelanjutan tentang penyakit dan kematian pada wanita Amerika. Ternyata, diperoleh hasil bahwa kebanyakan wanita obesitas tersebut mengalami penurunan tingkat penalaran, memori dan kemampuan mentalnya. Lebih lanjut Kerwin mengatakan bahwa sebenarnya obesitas itu sendiri merupakan faktor risiko independen bagi penurunan kinerja kognitif.

Bahaya obesitas bagi kesehatan manusia turunkan kecerdasan otak

Dalam penelitian tersebut, Kerwin membandingkan indeks massa tubuh perempuan atau BMI. BMI adalah ukuran tinggi dan berat badan, dihitung dengan membagi berat dalam kilogram dengan tinggi dalam meter persegi. Kerwin mengevaluasi memori, penalaran abstrak, kemampuan menulis, temporal, dan keterampilan orientasi spasial dari kelompok wanita usia 65-79 tahun. Hasilnya 8.745 wanita pasca-menopause yang menyelesaikan ujian dalam skala BMI, memiliki skor tes mental yang menurun sebesar satu poin.

Bila item berat badan ditambahkan terlihat penurunan poin yang lebih buruk lagi. Kerwin kemudian menyimpulkan bahwa obesitas memengaruhi kecerdasan otak seseorang meskipun orang tersebut memiliki tekanan darah normal dan tidak menderita diabetes. Dari penemuan ini, Kerwin menekankan bahwa wanita obesitas harus tetap waspada karena kegemukan atau obesitas ternyata terbukti mampu menurunkan tingkat ketajaman intelejensi.
(ST)



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *