Ini Waktu yang Paling Tepat untuk Minum Kopi

informasitips.com – Kalau bicara soal kopi memang selalu menarik, pasalnya minuman yang satu ini begitu akrab di lidah Kita. Banyak orang, termasuk saya, yang menganggap bahwa waktu terbaik untuk menikmati secangkir kopi adalah di saat pagi hari, sekitar pukul 6 sampai 8. Pada umumnya, Kita berpikir bahwa dengan meminum kopi di waktu-waktu tersebut maka performa tubuh Kita di hari itu akan lebih baik dalam menghadapi tugas-tugas yang menanti di tempat kerja, padahal sesungguhnya tidaklah begitu.

Anggapan kalau meminum kopi dapat membuat Kita lebih terjaga dan lebih fokus adalah tidak salah (Baca juga Pengaruh Kafein bagi Tubuh), namun jika ingin mendapatkan efek itu hendaknya waktu meminum kopi janganlah dilakukan pada jam di antara pukul 6 hingga pukul 8 pagi. Sebaiknya, minumlah kopi di waktu antara pukul 09.30 pagi dan 11.30 (menjelang siang), kenapa harus di waktu-waktu itu?

Jawabannya terkait dengan hormon kortisol yang diproduksi oleh tubuh Kita. Di dalam tubuh, hormon kortisol berfungsi sebagai hormon anti-stress. Banyak efek positif yang dirasakan oleh tubuh saat kortisol diproduksi dan disekresi, diantaranya tubuh akan mendapatkan tambahan energi (seperti efek kafein), terjadi peningkatan memori (seperti efek kafein), lebih tahan terhadap rasa sakit (seperti efek kafein), serta membantu tubuh menjaga keadaan homeostasisnya. Menurut penelitian Debono dan kawan-kawan (2009), hormon kortisol mencapai konsentrasi tertinggi saat pagi hari, waktu dimana biasanya Kita meminum kopi. Nah, di saat pagi hari itu konsumsi kafein tidak akan memberikan efek berarti seperti yang Kita inginkan, jadi percuma saja, karena di saat pagi tubuh Kita sebenarnya sudah sangat siap menghadapi rutinitas hari akibat dari hormon kortisol berada pada konsentrasi tertinggi di dalam tubuh.

Pada saat pukul 09.30 dan 11.30 itulah, seperti yang telah disebutkan di atas, konsentrasi hormon kortisol di dalam tubuh mulai menurun. Oleh karena itu, dengan meminum kopi pada jam-jam tersebut maka tubuh akan mendapatkan suntikan ‘energi dan semangat’ dari kafein yang dikonsumsi, sehingga performa terbaik di hari itu tetap terjaga. Itulah mengapa sebaiknya kopi diminum pada waktu antara jam 09.30 – 11.30.

Loading...

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>