Informasi dan Tips – informasitips.com

Vitamin-vitamin yang Diperlukan Untuk Kesehatan Kehamilan

informasitips.com – Ibu hamil memerlukan asupan vitamin untuk pertumbuhan dan perkembangan janin, serta menjaga kesehatan tubuh. Kehamilan adalah masa keemasan bagi tumbuh kembang janin. Berbagai vitamin dengan fungsi berbeda sangat diperlukan untuk pembentukan otak, sistem indera, dan organ penting lainnya. Kebutuhan akan vitamin ini berbeda-beda, tergantung peranannya dalam kehamilan.

  • Vitamin A

    Fungsi vitamin A pada janin adalah membantu proses pertumbuhan dan pembelahan sel organ seperti mata, jantung, dan telinga. Bagi ibu, vitamin A diperlukan untuk melawan kuman penyebab infeksi dan mempertahankan pengelihatan normal.

    Kebutuhan vitamin A ibu hamil sekitar 2,565 IU perhari yang dapat dipenuhi dari makanan, seperti buah-buahan berwarna kuning dan sayuran hijau. Tubuh tidak dapat membuang vitamin A sehingga kelebihan vitamin A dapat menyebabkan bayi lahir cacat dan keracunan hati. Oleh karena itu ibu hamil tidak dianjurkan mengonsumsi suplemen vitamin A.

  • Vitamin B6

    Vitamin B6 berfungsi memproduksi 60 enzim penting yang berperan dalam sintesis asam amino non-esensial, metabolisme asam lemak, pembakaran glikogen menjadi energi, pembentukan hemoglobin, dan mengubah asam linoleat menjadi asam arakidonat. Bagi ibu hamil, vitamin B6 juga diduga berperan dalam meredakan mual dan muntah, meski mekanisme kerjanya belum diketahui dengan pasti.

    Kebutuhan vitamin B6 ibu hamil sekitar 0,2 mg perhari. Ibu dapat memenuhi kebutuhan ini melaluki konsumsi kacang-kacangan, beras, ikan tuna dan jagung. Kekurangan vitamin B6 akan menghambat pembentukan enzin yang berarti mengganggu metabolisme tubuh. Sedangkan kelebihan vitamin B6 menyebabkan keracunan.

  • Vitamin B12

    Vitamin Ibu Hamil yang diperlukan selama Kehamilan

    Vitamin B12 merupakan koenzim yang berfungsi membentuk sel darah merah, mensintesis RNA dan DNA, serta melindungi otak agar tidak menyusut. Kebutuhan vitamin B12 adalah 0,2 mcg perhari yang dapat dipenuhi dari konsumsi makanan seperti otak dan kuning telur. Kelebihan asam folat akan disekresikan melalui ginjal dan empedu.

  • Vitamin D

    Vitamin D diperlukan dalam jumlah kecil yaitu 10µg perhari untuk mengoptimalkan penyerapan kalsium yang berfungsi membentuk tulang dan gigi janin. Meski bermanfaat, namun ibu hamil tidak disarankan mengonsumsi suplemen vitamin D karena kelebihan vitamin ini sangat tidak disarankan oleh para ahli.

  • Vitamin C

    Vitamin C dapat mengoptimalkan penyerapan zat besi di usus, serta membantu sintesis protein dan kolagen pada janin. Vitamin C merupakan antioksidan yang sangat baik dalam menangkal radikal bebas dan parasit.

  • Asam folat (Vitamin B9)

    Asam folat adalah salah satu bentuk vitamin B yaitu B9 yang larut dalam air. Fungsi asam folat bagi janin antara lain membentuk hemoglobin, sintesis asam nukleat, serta mempengaruhi perkembangan tabung saraf. Tabung saraf inilah yang nantinya berkembang menjadi otak dan sumsum tulang belakang. Kekurangan asam folat akan menyebabkan NTB (Neural Tube Defect) yaitu cacat tabung saraf. Bayi yang mengalami cacat tabung saraf ini biasanya lahir dengan spina bifida (penutupan sumsum tulang belakang dan tulang belakang tidak lengkap), anenchephaly (tidak mempunyai tempurung kepala), serta enchephalocele (jaringan otak keluar pada ubun-ubun).

    Kebutuhan asam folat ibu hamil sekitar 200 µg perhari. Kebutuhan ini bisa dipenuhi dari konsumsi makanan yang mengandung asam folat seperti brokoli, kacang-kacangan, bayam, telur, alpukat, gandum, susu, jeruk, strawberi, dan pisang.

Mengonsumsi vitamin harus tepat sesuai kebutuhan. Kekurangan ataupun kelebihan vitamin dapat mengganggu tumbuh kembang janin dan kesehatan ibu. Sebaiknya penuhi kebutuhan vitamin dari asupan makanan. Namun, jika memang diperlukan anda dapat mengonsumsi suplemen dengan izin dokter.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: