Informasi dan Tips – informasitips.com

Vitamin-Vitamin untuk Membantu Mengatasi Jerawat

informasitips.com – Tubuh manusia memerlukan nutrisi yang cukup untuk keseimbangan kerja hormon dalam tubuh. Salah satu kecukupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh adalah vitamin. Kebutuhan tubuh akan vitamin tidak bisa dianggap remeh karena vitamin memiliki andil besar untuk kesehatan manusia. Selain menjaga tubuh tetap fit, vitamin juga berperan dalam memperbaiki sel-sel yang rusak serta merawat kulit. Khusus untuk kulit bermasalah seperti kulit berjerawat, ada beberapa vitamin yang harus Anda konsumsi secara rutin guna mencegah, mengurangi, dan menghilangkan jerawat.

Beberapa Vitamin untuk Menghilangkan Jerawat

Adapun vitamin-vitamin tersebut adalah sebagai berikut:

Vitamin C

Si raja vitamin ini merupakan antioksidan yang sangat efektif dalam menghilangkan jerawat, melindungi kulit dari infeksi serta meningkatkan imunitas tubuh. Bioflavonoid juga mengandung kumpulan anti-bakteri yang dapat membantu mengembalikan pertumbuhan dan perbaikan jaringan kulit. Sebagai pencegahan dan penyembuhan dari wajah yang berjerawat, Anda dapat mengonsumsi 1.000-1.600 mg vitamin C setiap harinya, tentunya diimbangi dengan konsumsi air mineral secara teratur. Vitamin C mudah sekali didapat dari brokoli, cabai merah dan cabe hijau, strawberry, jeruk, dan kiwi.

Vitamin E

Vitamin E biasanya didapat dalam bentuk suplemen untuk mengatasi jerawat. Vitamin E ini sangat baik untuk merawat kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, pancaran sinar UV dan menyembuhkan jerawat, serta membantu menjaga kulit agar tetap lembab, kenyal dan bersinar, serta efektif sebagai anti-aging. Untuk mengobati wajah berjerawat, Anda dapat mengkonsumsi vitamin E sebanyak 440 IU atau dengan menambah asupan makanan dari gandum, ubi jalar, mayones, dan kacang-kacangan.

Vitamin A

Vitamin untuk Mengobati Jerawat

sumber gambar: acne-treatmentskin.com

Vitamin A yang banyak terdapat pada sayur dan buah-buahan berwarna pekat seperti tomat, wortel, labu, mangga, sayur bayam, buah blewah dan sebagainya. Selain itu vitamin A juga bisa diperoleh dari telur, ikan salmon, dan tiram. Vitamin A memiliki manfaat dalam melindungi jaringan kulit, mengurangi produksi sebum, memperbaiki struktur kulit serta mempertahankan kelembaban kulit agar senantiasa terlihat segar dan sehat. Namun, peringatan bagi wanita yang sedang mengandung ( hamil ) tidak disarankan mengonsumsi vitamin A yang berasal dari buah dan sayur secara berlebihan, karena mengkonsumsi vitamin A secara berlebihan akan menjadikan racun dan membahayakan kondisi bagi janin atau bayi Anda.

Vitamin B5

Salah satu pemicu tumbuhnya jerawat adalah stress. Stress bisa diatasi dengan memenuhi kecukupan vitamin B5 dalam tubuh. Vitamin B5 jika dikonsumsi secara teratur secara langsung bermanfaat untuk mengatasi jerawat, mengurangi rasa stress, rasa cemas yang berlebihan, serta memperbaiki fungsi kerja dari kelenjar adrenalin. Vitamin B5 mudah didapat dari jenis makanan seperti kuning telur, daging sapi, brokoli hijau atau putih, kubis atau kol, gandum dan kacang almond.

Mineral untuk Mengatasi Jerawat

Selain beberapa vitamin di atas, beberapa mineral juga diketahui dapat membantu tubuh dalam menghilangkan jerawat. Berikut dua mineral yang sangat berperan untuk mengatasi jerawat:

Kromium

Kromium hanya didapat dalam bentuk suplemen yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan resep dokter atau membeli langsung di apotek. Kandungan kromium dalam makanan bisa ditemukan dalam bawang merah dan buah pir. Kromium berfungsi untuk mencegah dan mengurangi infeksi pada kulit serta mengurangi jerawat. Anjuran pemenuhan kromium dalam tubuh yaitu dengan mengkonsumsi 150 mcg per hari. Selain itu jika Anda sedang melakukan diet yang kaya akan gula, Anda juga dapat mengkonsumsi suplemen kromium untuk menekan asupan gula berlebih dalam program diet sehat Anda.

Seng

Seng dapat memperbaiki jaringan kulit dan mencegah bekas luka. Seng berfungsi dala pengaturan kelenjar minyak, pemulihan luka dan mencegah wajah dari serangan radikal bebas, serta meningkatkan kemampuan sistem kekebalan tubuh. Untuk merawat dan membersihkan wajah dari jerawat, Anda dapat mengkonsumsi seng 25-30 mg per hari.

Makanan yang kadar sengnya tinggi antara lain kerang oyster, daging sapi, hati, dan rempah/bumbu makanan (spices). Sumber makanan yang baik adalah keju cheddar, keju Swiss, keju gouda, susu, kepiting, daging kambing muda, kacang tanah, dan hewan ternak. Biji Labu, kacang almond, kacang mete, dan biji bunga matahari merupakan sumber zinc yang juga baik.

Anda juga dapat mengkonsumsi suplemen berupa pil multivitamin yang padat atau bentuk cair. Namun alangkah baiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis kulit agar mendapat petunjuk obat yang cocok dengan jenis kulit Anda, serta dapat menentukan dosis yang tepat.

Itulah daftar vitamin dan mineral penting sebagai pelengkap nutrisi sekaligus bermanfaat untuk mengatasi jerawat. Jangan lupa untuk menyertakan vitamin dan mineral tersebut dalam menu makanan Anda yah. Selamat mencoba!



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

Pencarian Terkait:

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: