Informasi dan Tips – informasitips.com

Vitamin A : Sumber Makanan dan Fungsinya Bagi Tubuh

informasitips.com – Tubuh kita senantiasa membutuhkan berbagai vitamin, salah satunya vitamin A yang kaya manfaat. Ternyata vitamin A tidak hanya terdapat pada wortel atau buah berwarna kuning saja. Mau tahu apa saja makanan yang mengandung vitamin A sekaligus fungsinya? Baca artikel berikut.

Sumber Vitamin A
Vitamin A bisa didapat dari makanan hewani dan nabati. Vitamin A dalam makanan hewani tidak berwarna. Adapun warna kuning pada telur adalah karoten yang tidak diubah menjadi vitamin A.

Sumber vitamin A dari nabati adalah sayuran berwarna hijau tua karena karotenoid terdapat pada kloroplas tanaman dan berperan sebagai katalisator dalam fotosintesis yang dilakukan oleh klorofil. Selain sayuran hijau, provitamin A juga terdapat pada buah-buahan berwarna kuning jingga yang merupakan pengaruh warna dari β-karoten.

Bahan Makanan Yang Mengandung Vitamin A (Dalam RE /100g)

Bahan Makanan REBahan Makanan RE
Hati sapi 13170Daun Katuk31111
Kuning Telur Bebek861Sawi1940
Kuning Telur Ayam600Kangkung1890
Ayam243Bayam1827
Ginjal 345Ubi Jalar Merah2310
Ikan sardin kaleng 250Mentega 1287
Minyak ikan 24.000Margarine300
Minyak kelapa sawit 18.000
Susu bubuk full cream471
Minyak hati ikan hiu2100Keju225
Wortel 3600Susu kental manis153
Daun singkong3300Susu segar39
Daun pepaya5475Mangga masak pohon1900
Daun lamtoro5340Pisang Raja285
Daun Tales3118Tomat masak450
Daun Melinjo3000Semangka177



Kebutuhan Vitamin A
Angka kecukupan vitamin A berbeda-beda berdasarkan usia dan jenis kelamin:

kebutuhan vitamin A berdasarkan umur dan jenis kelamin


Vitamin A

Fungsi Vitamin A

  1. Dalam proses penglihatan
    Vitamin A berfungsi membentuk pengelihatan normal pada cahaya remang. Retinol dalam darah dioksidasi menjadi retinal dalam mata. Retinal kemudian berikatan dengan opsin dan membentuk visual merah-ungu atau rodopsin. Rodopsin merupakan sel yang dapat menerima rangsang cahaya dan mengubah energi cahaya menjadi energi biolistik yang merangsang indra pengelihatan.

    Bila cahaya mengenai retina, pigmen visual merah ungu ini berubah menjadi kuning dan retinal dipisahkan dari opsin, kemudian rangsangan elektrokimia tersebut merambat dari saraf mata ke otak yang menyebabkan terjadinya bayangan visual. Retinal yang telah terpisah dari opsin diubah menjadi retinol. Retinol bisa digunakan lagi dengan mengubahnya menjadi retinal kembali. Jika retinal mata sudah tidak bisa digunakan, maka sel mata akan mengambil retinol dari darah.

    Defisiensi vitamin A akan menyebabkan xerophthalmia. Manifestasi dari xerophthalmia adalah rabun senja, xerosis konjungtiva, bercak bitot, xerosis kornea, ulkus kornea dengan xerosis, serta keratomalasia.

  2. Interstisial sel ephitel
    Vitamin A mendukung pembentukan sel ephitel yang mengandung sel goblet. Sel goblet adalah kelenjar yang mengeluarkan mucus atau lender. Mukus akan melindungi sel epitel dari serangan parasit dan menyapunya keluar tubuh. Defisiensi vitamin A akan membuat sel ephitel konjungtiva berubah bentuk menjadi skuamosa dan kehilangan sel goblet sehingga kornea menjadi kering, kasar, dan mudah teriritasi.

  3. Pertumbuhan
    Vitamin A diperlukan dalam sintesa protein sehingga mempengaruhi pertumbuhan.

  4. Permeabilitas membran
    Menurut hasil penelitian vitamin A berperan dalam mengatur permeabilitas membrane sel maupun membran suborganel selular.

  5. Pertumbuhan gigi
    Vitamin A mempengaruhi amenoblast yang membentuk email dan dentin gigi.

  6. Produksi hormone steroid
    Berbagai penelitian menunjukkan bahwa vitamin A mempengaruhi sintesis hormone-hormon steroid.

  7. Kesuburan
    Berdasarkan percobaan pada tikus didapatkan kesimpulan bahwa vitamin A mempengaruhi proses perkembangan sel ootid menjadi ovum dan sel spermatid menjadi spermatozoa. Kekurangan vitamin A akan menyebabkan kemandulan baik pada pria maupun wanita.

  8. Kekebalan tubuh
    Retinol mempengaruhi pertumbuhan, diferensiasi limfosit B (leukosit yang berperan terhadap kekebalan humoral), serta meningkatkan respon antibodi.

  9. Pencegah kanker dan penyakit jantung
    Kemampuan retinoid mempengaruhi perkembangan sel epitel dan meningkatkan aktivitas sistem kekebalan tubuh diduga menjadi sebab pencegahan kanker, terutama kanker kulit, tenggorokan, paru-paru, pay*d*ra, dan kandung kemih. Beberapa penelitian menunjukkan vitamin A berperan dalam pencegahan penyakit jantung, namun belum diketahui mekanismenya secara pasti.

Nah, terbukti kan kalau vitamin A kaya manfaat? Segera penuhi kebutuhan vitamin A anda rasakan manfaatnya. Semoga bermanfaat.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *