Informasi dan Tips – informasitips.com

Via Luncurkan PC Super Mini – APC

informasitips.com – Setelah hadirnya Raspberry Pi yang kemudian disusul oleh FXI Cotton Candy, varian komputer super mini kini bertambah satu lagi. VIA, produsen chipset yang sudah cukup terkenal, juga meluncurkan sebuah komputer super mini yang mereka sebut APC (Android Personal Computer).

Berbeda dengan FXI Cotton Candy yang berukuran hanya sebesar flashdisk, Via APC memiliki dimensi yang lebih besar dan sangat pas jika dibungkus dengan casing mini-ITX. Banderol Via APC ini terbilang sangat murah, dan oleh karenanya jangan berharap terlalu banyak pada spesifikasi komputer super mini asal pabrikan Taiwan ini. Hal ini sengaja mereka lakukan demi menekan biaya produksi.

VIA APC, PC super mini

sumber gambar: theverge.com

Via APC ini diotaki oleh prosesor inti-tunggal buatan Wondermedia, yaitu ARM 11 SOC (System On Chip) yang mempunyai clockspeed mencapai 800 MHz. Selain itu memori RAM sebesar 512 MB DDR3 dan flash memori untuk os-nya sebesar 2GB tertanam dalam komputer super mini Via APC .

PC super mini ini juga dibekali port HDMI, port USB 2.0, slot MicroSD, konektor Dsub, konektor daya 12V dan sepasang jack audio. Namun sayangnya, Via APC tidak mampu mendukung resolusi grafis diatas 1280 x 720 pixel (720p), hal ini akan mengecewakan Anda yang ingin memutar video HD 1080p.

Salah satu kelebihan lain komputer super mini murah ini adalah konsumsi listrik maksimalnya diklaim hanya 13,5W dan bahkan jika tidak dipakai, ia hanya memakan daya 4W saja, sangat hemat energi.

Dengan harga kurang lebih $49 saja atau sekitar 500 ribuan lengkap dengan power adapter dan sistem operasi Android 2.3 yang sudah pre-installed didalamnya, komputer mini Via APC bisa menjadi pilihan gadget Anda.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *