Informasi dan Tips – informasitips.com

Vaksin Universal untuk Pencegahan Penyakit Hati – Hasil Temuan Penemu Hepatitis C

Vaksin Universal untuk Pencegahan Penyakit Hati

sumber: www.proimmune.com

informasitips.com – Michael Houghton pada tahun 1989 berhasil menemukan penyakit Hepatitis C yang pada tahun 2007 lalu telah mengakibatkan 15000 jiwa di Amerika Serikat kehilangan nyawanya. Kini, Dr. Houghton kembali muncul dengan membawa kabar gembira. Penelitiannya selama 10 tahun bersama timnya mulai membuahkan hasil. Di Vancouver, Kanada, Dr. Houghton menyatakan bahwa dia bersama timnya berhasil mendapatkan antibodi dari virus strain tertentu yang dapat digunakan untuk mengobati seluruh penyakit hati yang disebabkan oleh virus strain lain. Dalam hal ini, Antibodi tersebut memiliki spektrum yang luas.

Kondisi para penderita penyakit Hati sungguh tidak bisa diprediksi. Ada di antara mereka yang hanya mengalami gejala ringan selama hidupnya, sementara yang lainnya justru harus berjuang keras melawan penyakit tersebut karena tingkat keparahannya terus meningkat, bahkan setelah pengobatan terus dilakukan. Jika tidak ditangani, penyakit hati bisa berkembang menjadi cirrhosis yang akan mengancam hidup penderitanya. Bahkan pada tahun 2007, menurut lembaga Centers for Disease Control and Prevention di Amerika Serikat, Hepatitis C lebih banyak menyebabkan kematian dibanding AIDS.

Penemuan ini, seperti yang dikatakan Dr. Houghton, mengindikasikan bahwa ternyata vaksin yang diperoleh dari virus strain tertentu dapat digunakan untuk melawan atau menetralisasi semua virus yang ada di luar sana. Dr. Houghton juga menyatakan bahwa hasil ini merupakan langkah besar dalam bidang vaksinologi HVC (Hepatitis Virus C). Bisa dibayangkan kemajuan yang akan dicapai dalam bidang kesehatan jika vaksin tersebut telah dilepas ke pasaran, pasalnya ratusan hingga ribuan orang di seluruh dunia setiap tahunnya terjangkit penyakit Hepatitis C dengan 20 hingga 30 persen di antaranya berkembang menjadi penyakit hati yang mematikan. Diperkirakan, sekitar 5 hingga 7 tahun lagi vaksin tersebut akan dilepas ke pasaran setelah melalui berbagai pengujian tentunya.

Dr. Houghton meggarisbawahi bahwa vaksin hasil temuannya utamanya bukan untuk pengobatan para penderita yang telah terjangkit penyakit Hepatitis C, melainkan untuk pencegahan bagi mereka yang belum terjangkit penyakit tersebut agar bisa melawannya.

Biar bagaimanapun, hasil yang telah dicapai ini merupakan sebuah langkah besar bagi perkembangan pengobatan penyakit hati ke depannya. Meskipun begitu, penelitian lanjutan tetap perlu dilakukan untuk lebih menyempurnakan hasil yang kini telah dicapai.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *