Informasi dan Tips – informasitips.com

Vaksin dan Vaksinasi: Mengapa Harus Dilakukan?

Posted on by in with 0 Comments

informasitips.com – Vaksin berasal dari kata vaccinia. Konon vaccinia ini merupakan penyebab infeksi cacar sapi yang apabila diberikan pada manusia memberikan efek daya tahan atau kekebalan terhadap cacar.

Pengertian Vaksin

Jadi, pengertian sederhana dari vaksin adalah bahan antigenik yang memberikan kekebalan aktif terhadap serangan penyakit. Pemberian vaksin diharapkan dapat mencegah dan melindungi tubuh dari infeksi oleh mikroorganisme penyebab penyakit.

Di sekolah menengah para siswa sering diajarkan bahwa vaksin merupakan galur virus atau bakteri yang telah dilemahkan, sehingga ketika disuntikkan ke dalam tubuh tidak menimbulkan penyakit akan tetapi justru memberikan pengaruh kekebalan bagi tubuh terhadap penyakit tertentu. Namun, ternyata vaksin tidak hanya berasal dari galur virus dan bakteri. Akan tetapi bisa juga berupa organisme mati ataupun hasil pemurnian seperti protein, peptida, partikel serupa virus dan lain sebagainya.

Pengertian Vaksinasi

Sementara vaksinasi adalah suatu tindakan pemberian vaksin (antigen) yang dapat merangsang imunitas atau aktifnya sistem kekebalan di dalam tubuh. Vaksinasi sering juga disebut dengan imunisasi.

Pengertian Vaksin dan Vaksinasi

sumber gambar: www.davidicke.com

Penemu vaksin pertama kali adalah Edward Jenner, seorang dokter dari Inggris. Edward Jenner pada tahun 1796 melakukan penelitian terhadap kasus cacar yang diderita oleh seorang pekerja. Kemudian ia memutuskan untuk mengimunisasi para pekerja dengan cacar sapi ringan. Selanjutnya perkembangan vaksinasi dilanjutkan oleh Louis Pasteur melalui vaksin rabiesnya pada akhir abad ke 19. Kemudian berturut turut ditemukan vaksin difteri (1920) dan BCG (1973).

Mengapa Vaksinasi Harus Dilakukan?

Pemberian vaksin bertujuan untuk mempersiapkan sistem kekebalan tubuh agar mampu bertahan terhadap serangan patogen tertentu, khususnya virus dan bakteri. Vaksin juga diyakini bisa membantu sistem kekebalan tubuh untuk melawan sel-sel degeneratif.

Terlepas dari pro dan kontra masyarakat terhadap vaksinasi, namun sejauh ini program vaksinasi telah banyak dilakukan hampir di seluruh negara. Di Indonesia, pemberian vaksin populer diberikan pada balita dan anak-anak. Khususnya vaksin cacar dan campak. Sebenarnya, tidak hanya balita dan anak-anak yang membutuhkan vaksinasi. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia semenjak era orde baru sudah menggiatkan gerakan imunisasi secara nasional. Khususnya bagi balita dan anak-anak melalui berbagai program, salah satunya yaitu Pekan Imunisasi Nasional (PIN). Tidak hanya anak-anak, orang dewasa pun perlu diberikan vaksin untuk mempersiapkan sistem kekebalan tubuhnya dari berbagai serangan penyakit.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

TEMUKAN KAMI DI:

NEWSLETTER

Mau berlangganan artikel Kami? Tulis Email Anda pada form di bawah ini.

Cek Email Anda setelahnya untuk mengaktifkan layanan newsletter. Terimakasih