Informasi dan Tips – informasitips.com

Turunkan Risiko Stroke Dengan Konsumsi Jeruk

informasitips.com – Hasil studi kesehatan di Norwich Medical School, Universitas East Anglia (UEA), Inggris baru-baru ini mengungkapkan fakta bahwa konsumsi buah jeruk, anggur, dan buah asam lainnya dapat menurunkan risiko terkena stroke. Hal ini cukup beralasan mengingat buah-buahan tersebut mengandung senyawa antioksidan tertentu yaitu flavonoid yang dapat memperbaiki fungsi pembuluh darah dan memiliki efek anti peradangan. Studi ini mendukung studi-studi yang pernah ada sebelumnya yang menyatakan bahwa kebiasaan mengkonsumsi buah dan sayuran dapat memberikan efek perlindungan dan pencegahan terhadap timbulnya penyakit stroke.

Sejalan dengan studi yang dilakukan di Norwich Medical School, penelitian serupa juga dilakukan di Harvard Medical School dan Brigham and Women’s Hospital dan didapatlah kesimpulan bahwa flavanon memiliki efek yang cukup besar untuk menurunkan resiko penyakit stroke sebesar 19%.

Konsumsi buah jeruk dapat turunkan resiko terkena stroke

Sebagaimana yang dikutip dari Dailymail pada 23 Februari 2012, tim peneliti mempelajari hubungan antara enam sub-tipe flavonoid, yaitu flavanon, antocianin, flavan-3-ols, flavonoid polimer, flavonol, dan flavon terhadap resiko stroke. Dari enam sub-tipe flavonoid tersebut, ternyata yang paling berperan efektif menurunkan resiko stroke adalah flavanon. Mesikpun telah didapatkan hasil yang cukup akurat, tetapi masih tetap dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk lebih memahami mengapa flavanon dapat menurunkan resiko stroke.

Terkait masalah ini, studi lain sebelumnya juga menemukan fakta bahwa konsumsi buah apel dan pear juga mampu menurunkan resiko stroke. Studi lainnya di Swedia juga memperlihatkan fakta bahwa wanita yang mengkonsumsi cukup banyak antioksidan yang bisa diperoleh 50% dari buah dan sayuran ternyata memiliki kemungkinan stroke yang lebih kecil dari pada mereka yang tidak (sedikit) mengkonsumsi antioksidan.

Dari hasil-hasil penelitian di atas, masyarakat dapat mengambil kesimpulan bahwa konsumsi buah-buahan dan sayuran ternyata sangat baik untuk menjaga kesehatan pembuluh darah dan memperkecil resiko penyakit stroke. Selain konsumsi buah dan sayuran, demi menjaga kesehatan, kita juga tetap dianjurkan untuk menerapkan pola makan yang seimbang dengan diet rendah lemak jenuh dan garam, melakukan olahraga dan pemeriksaan kesehatan secara rutin dan teratur.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *