Informasi dan Tips – informasitips.com

Trik Make up Shading Sesuai Bentuk Wajah

informasitips.com – Tak perlu mengeluh bila bentuk wajah Anda tidak sempurna. Bentuk hidung yang kurang mancung, dagu yang kurang lancip, atau pipi yang terlihat chubby sebenarnya bisa disamarkan dengan trik make up tertentu, yaitu trik shading. Artis-artis cantik yang terlihat memukau di layar kaca pun melakukan trik shading tersebut agar wajahnya tampak sempurna. Anda pun dapat melakukan trik shading untuk mendapatkan kesan wajah yang simetris sempurna. Dengan trik shading, kekurangan-kekurangan pada wajah bisa disamarkan.

Sebenarnya, apa sih shading itu?
Shading adalah bayangan gelap yang diberikan pada bagian tertentu di wajah untuk menutupi kekurangan yang ada.

Teknik Shading dalam make up wajah merupakan bagian dari teknik contouring. Teknik contouring adalah salah satu trik make up wajah yang berguna untuk membentuk bagian tertentu wajah, menyamarkan bagian-bagian tertentu (terutama kekurangan pada wajah), dan untuk menonjolkan bagian-bagian lainnya pada wajah.

Teknik Contouring make up terdiri atas teknik shading dan highlighting.

Shading berguna untuk menyamarkan bagian tertentu wajah, dengan cara membuat bagian tersebut terlihat lebih gelap dari area lainnya.

Sementara highlighting berguna untuk menonjolkan bagian tertentu pada wajah yang dianggap sebagai kelebihan.

Tujuan shading adalah untuk menciptakan kesan bagian yang merupakan kekurangan wajah menjadi terkesan lebih sempit atau kecil, atau bahkan seperti tak terlihat. Warna yang biasa digunakan dalam trik make up shading adalah warna gelap, seperti foundation warna coklat.

Sementara, untuk menonjolkan bagian tertentu pada wajah, yaitu dengan teknik highlighting dapat menggunakan foundation warna terang seperti beige.

Peralatan make up wajib untuk contouring (shading dan highlight)

1. Alas bedak atau foundation
Alas bedak atau foundation merupakan dasar riasan yang dapat memberi efek mulus pada kulit.

Foundation juga merupakan item wajib yang diperlukan untuk mengaplikasikan Shading dan highlighting dalam teknik contouring wajah.

Sebelum melakukan contouring (shading dan highlighting) pada wajah, gunakan terlebih dahulu alas bedak (foundation) yang warnanya sama dengan kulit kita. Penggunaan alas bedak (foundation) dasar ini sangat penting untuk memudahkan kita dalam mengaplikasikan shading dan highlighting nantinya. Bila tidak digunakan foundation dasar, hasilnya nanti contouring wajah tidak akan terlihat sempurna, shading dan highlighting yang digunakan tidak akan menyatu halus, malah akan terlihat bertumpuk dan seperti tambal sulam.

Terdapat beberapa jenis foundation, yaitu foundation berbentuk cair, krim, dan compact (padat). Sebelum membeli foundation, sebaiknya Anda perhatikan dulu kondisi kulit wajah Anda.

  • Untuk kulit berminyak, hindari foundation berbentuk krim. Pilihlah foundation cair atau padat.
  • Untuk kulit berjerawat, hindari foundation berbentuk krim dan padat. Pilihlah foundation cair.
  • Untuk kulit kering sangat cocok menggunakan jenis foundation krim dan padat.
  • Untuk Shading: gunakan foundation berwarna gelap atau lebih gelap dari warna alami kulit Anda. Foundation yang digunakan untuk shading sebaiknya menggunakan foundation setingkat lebih gelap atau maksimal 2 tingkat lebih gelap dari warna alami kulit, jangan lebih dari 2 tingkat agar riasan hasil yang didapat nantinya tetap terlihat natural.

  • Untuk highlighting: gunakan foundation dengan warna terang atau lebih terang dari warna foundation dasar yang sudah Anda gunakan sebelumnya. Foundation highlighting yang digunakan sebaiknya juga tidak lebih dari 2 tingkat lebih terang dari foundation dasar yang sudah digunakan. Gunakan yang setingkat lebih terang atau maksimal 2 tingkat lebih terang dari foundation dasar, agar hasil yang didapatkan nantinya juga terlihat natural.

Selain menggunakan foundation, kita juga bisa menggunakan cream contouring khusus (untuk shading dan highlight) dengan berbagai gradasi warna terang dan gelap yang sudah banyak dijual di pasaran, atau dapat juga menggunakan concealer dan bronzer.

2. Spons
Fungsi spons adalah untuk mengoleskan dan meratakan foundation shading dan highlight ke wajah.

Setelah mengaplikasikan shading dan highlight pada wajah, pastikan untuk meratakan foundation gelap dan terang yang sudah digunakan tersebut, agar tampilannya benar-benar menyatu dan gradasi perubahan gelap terangnya terlihat halus. Anda dapat memanfaatkan spons untuk meratakan foundation di wajah agar hasilnya lebih bagus. Namun, yang dimaksud meratakan dan menyatukan di sini bukanlah benar-benar mencampur foundation dasar, shading dan highlight yang telah digunakan, melainkan meratakan dan menyatukan gradasi tiap tingkatan warnanya agar perbedaan tiap area gelap dan terang tersebut terlihat halus dan bagus.

3. Bedak
Bedak adalah kosmetik terbaik untuk menjaga dasar riasan, mencegah kelebihan minyak pada wajah, dan menciptakan kondisi kulit yang lembut dan mulus. Ada beberapa jenis bedak, yaitu bedak bertekstrur bubuk atau tabur, dan bedak padat (compact), dengan berbagai tingkat warna.

Bedak digunakan setelah foundation shading dan highlight digunakan pada wajah.

4. Kuas besar
Kuas besar berfungsi untuk meratakan dan menyatukan foundation dan bedak pada wajah.

5. Blush on (perona pipi)
Blush on atau perona pipi akan memberi kesan segar pada wajah, sekaligus penyempurna riasan wajah. Selain bertekstur bubuk, ada pula yang berbentuk gel, krim, cair, dan padat. Cara mengaplikasikannya bermacam-macam, sesuai bentuk wajah dan kesan riasan yang ingin ditampilkan.

Blush on digunakan terakhir untuk pada daerah pipi untuk menciptakan kesan wajah lebih berseri dan pipi lebih merona.

6. Lipstik
Lipstik bukan digunakan untuk contouring dan shading wajah, melainkan untuk digunakan pada bibir sebagai penyempurna riasan agar hasil yang didapat secara keseluruhan benar-benar tampak bagus.



Shading sesuai bentuk wajah
Karena trik make up shading merupakan trik penyempurna bentuk wajah untuk menutupi (menyamarkan) kekurangan pada wajah, maka dalam pengaplikasiannya perlu disesuaikan dengan bentuk wajah. Tiap bentuk wajah memiliki masalah yang berbeda-beda, memiliki bentuk yang berbeda-beda, dan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Misalnya, untuk wajah bulat, biasanya shading diperlukan untuk menyiasati bentuk pipi yang terlihat bulat, tembem, dengan menciptakan kesan wajah/pipi lebih tirus. Untuk wajah lonjong atau panjang, shading biasanya dilakukan agar bentuk wajah terlihat lebih pendek dan proporsional.

Trik Shading sesuai bentuk wajah

Contoh aplikasi shading sesuai bentuk wajah (silakan lihat gambar di atas agar lebih jelas bagian mana saja yang harus di-shading dan di-highlight)

  1. Shading untuk wajah bentuk hati
    Wajah dengan bentuk hati memiliki bagian dagu yang sempit, dan bagian dahi yang lebih lebar dari bagian pipi dan dagu.

    Trik make up shading untuk bentuk wajah hati adalah:

    Lakukan shading pada tepi dahi dan pelipis, sampai ke pipi bagian atas. Beri highlight pada bagian tengah dahi, dagu, dan bawah mata.

  2. Shading untuk wajah lonjong atau panjang
    Bentuk wajah lonjong atau panjang memiliki wajah yang lebih panjang dari lebar wajah. Kesan wajah yang panjang inilah yang perlu sedikit disamarkan.

    Trik make up shading untuk bentuk wajah lonjong atau panjang adalah:

    Lakukan shading pada dagu yang panjang untuk membuat kesan wajah tampak lebih pendek. Sedangkan pada pipi, oleskan alas bedak warna terang (highlight) untuk memperoleh kesan lebar. Gunakan teknik penggunaan blush on mendatar.

  3. Shading untuk wajah bulat
    Bentuk wajah bulat biasanya memiliki bentuk pipi yang chubby (terkesan tembem), lebar wajah kurang lebih sama dengan panjang wajah. Bagian yang perlu disamarkan adalah bagian pipi agar terlihat lebih tirus atau lebih sempit.

    Trik make up shading untuk bentuk wajah bulat adalah:
    Lakukan shading dimulai dari sisi (tepi) dahi sampai ke daerah pipi bagian bawah dan dekat dagu untuk memperoleh kesan lebih tirus pada pipi. Sedangkan untuk dagu, sapukan highlight dengan foundation (alas bedak) satu atau dua warna lebih terang, bubukan pada ujung dagu. Agar hasil riasan sempurna, sapukan blush on cokelat, lalu baurkan ke arah atas untuk mendapatkan bentuk wajah lebih oval.

  4. Shading untuk wajah persegi
    Bentuk wajah persegi (kotak) memiliki rahang yang bersegi dan bentuk rahangnya cenderung menonjol. Bagian yang perlu disamarkan dengan shading adalah bagian dahi yang lebar, dan rahang yang menonjol.

    Trik make up shading untuk bentuk wajah persegi (kotak) adalah:
    Lakukan proses shading pada tepi dahi dan rahang (pipi bawah) dengan foundation dua warna lebih gelap dari warna kulit wajah. Shading pada bagian rahang bertujuan untuk menyamarkan bentuk kotak (persegi) pada daerah rahang wajah. Selain dengan foundation, bisa juga dengan menyapukan blush on warna gelap membentuk segitiga mengerucut ke arah hidung dan melebar pada pipi. Proses shading sebaiknya menggunakan kuas lebar.

    Selanjutnya, berikan highlight pada bagian tengah dahi, dagu, dan bagian bawah mata.

  5. Shading bentuk wajah oval
    Bentuk wajah oval termasuk bentuk wajah ideal. Sebenarnya tidak terlalu diperlukan shading pada bentuk wajah ini, hanya perlu diberikan highlight untuk menonjolkan bagian dahi, bawah mata, dan dagu.

Untuk menyamarkan bentuk hidung yang kurang sempurna, misalnya hidung kurang mancung dan hidung lebar, maka Anda dapat melakukan shading pada bagian sisi kanan kiri hidung yang lebar agar kesan lebarnya berkurang (tidak terlalu lebar), dan mengaplikasikan highlight pada batang hidung agar batang hidung terlihat lebih tegas sehingga kesan mancung bisa didapatkan.

Dengan trik shading yang pas sesuai bentuk wajah, maka kekurangan-kekurangan pada wajah Anda dapat disamarkan dan riasan wajah Anda akan tampak cantik dan sempurna.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: