Informasi dan Tips – informasitips.com

Tren Busana Kaftan: Untuk Segala Acara

Posted on by in with 0 Comments

informasitips.com – Banyak orang mengidentikkan busana Kaftan dengan acara-acara religi seperti puasa, lebaran, dan sejenisnya. Mungkin karena jenis busana ini kiblatnya dari Timur Tengah. Tapi tahukah Anda apa dan bagaimana sih sebenarnya busana Kaftan itu.

Wikipedia mendefinisikan: The Kaftan is the original Moroccan dress. It can be dressy casual to extremely formal (similar to a western dress) depending on the materials used. They can be worn at dinner parties, baby showers, engagement parties and weddings

Jadi sebenarnya Kaftan bisa dipakai dalam segala kesempatan, asalkan bentuk dan modelnya disesuaikan dengan acara atau kegiatan tersebut. Disamping sangat cocok dipakai untuk busana muslimah dengan padanan jilbab, Kaftan juga bisa dipadu padankan dengan baju celana panjang untuk kantor. Tentunya, model Kaftan untuk ini dibuat lebih simple dari model busana-busana Kaftan yang sering kita lihat selama ini, yaitu long dress dengan hiasan batu-batuan atau mote dan payet di sana sini. Busana Kaftan yang telah dimodifikasi untuk pakaian kantor biasanya berlengan pendek dan sedikit hiasan.

Kaftan Simpel

Busana Kaftan, yang di Indonesia kemudian lebih popular dengan sebutan baju kelelawar atau gamis kalong ini awalnya memang dipopulerkan oleh para selebritis Timur tengah. Karena berasal dari Negara berpenduduk muslim, tentu saja busana Kaftan ini aslinya cenderung menutupi aurat. Bentuknya longdress dengan lengan yang lebar menyerupai sayap kelelawar sehingga tak heran orang Indonesia juga menamainya seperti bentuknya. Ke-eleganan Kaftan lebih terlihat dari bahan pembuatnya yang biasanya memakai kain sifon atau sutra. Untuk yang asli dan bagus memang harganya biasanya mahal. Tapi jangan khawatir, sudah banyak busana-busana tiruan untuk model Kaftan ini yang pastinya dengan harga yang terjangkau walaupun bukan terbuat dari sutra.

Model busana yang berasal dari Maroko ini memang identik dengan busana muslimah karena kebanyakan bentuknya yang panjang dan tertutup, apalagi jika dipadukan dengan jilbab. Lalu dengan pemikiran busana penutup aurat itu, Kaftan menjadi tren sebagai busana acara-acara keagamaan khususnya lebaran. Tapi perkembangannya sekarang ini Kaftan telah digunakan banyak orang untuk acara-acara non religi, seperti dijadikan pakaian kerja dipadu-padankan dengan celana panjang dan menggunakan sedikit saja hiasan, baju santai yang dibuat lebih sederhana lagi misalnya polos tanpa hiasan atau dengan hiasan tapi sangat minim dan dibuat dengan jenis lengan pendek. Selain itu, bisa juga dipakai pada acara-acara pesta atau bisa juga sebagai gaun malam.

Booming busana Kaftan ini di Indonesia sebenarnya sudah agak terlambat karena busana ini sebenarnya sudah ada dan diperkenalkan jauh sebelum masuk dan jadi populer di negara ini,. Bahkan pada perkembangannya sebelum memasuki tren busana di Indonesia, model busana ini telah menjadi incaran para designer dunia seperti Anna Sui, Roberto Cavalli, Michael Kors, dan juga louise Sanberg mengingat besarnya minat pasar pada model ini. Designer-designer ini bahkan telah memodifikasi busana Kaftan ini menjadi busana-busana modern yang bisa dipakai dalam berbagai acara.

Nah, bagi Anda yang gemar mengikuti perkembangan tren busana dan sedang melirik busana Kaftan untuk dijadikan sarana bergaya, maka ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum mulai hunting ke pusat-pusat perbelanjaan untuk memborongnya:

  1. Sesuaikan busana dengan acara
    Jika Anda memutuskan untuk membeli Kaftan berbahan sutra, mungkin ada baiknya Anda benar-benar menyesuaikan busana itu dengan acara apa Anda ingin pakai busana tersebut. Mengingat harganya yang tidak murah, tidak perlu membeli gaun Kaftan ini dengan jumlah yang banyak. Anda hanya memerlukan satu atau dua saja untuk satu macam acara. Mengingat model busana ini yang cenderung sama untuuk khususnya untuk bentuk lengan, maka jika Anda membelanjakan banyak baju untuk acara yang sama, Anda akan terkesan hanya memakai baju-baju yang yang itu-itu saja.
  2. Sesuaikan busana dengan style Anda
    Jika Anda seorang muslimah yang sehari-hari memakai jilbab, busana Kaftan model asli sangat cocok untuk Anda. Padu-padankan busana yang ingin Anda beli dengan jilbab yang anda punya. Misalnya jika Anda memilih Kaftan dengan banyak aksen hiasan, pilihlah jilbab yang tidak begitu ramai untuk membuatnya terkesan elegan, tidak terlalu mencolok. Sedangkan jika Anda memutuskan membeli Kaftan dengan aksen sederhana, bolehlah Anda pasangkan dengan jilbab Anda yang agak lebih meriah. Sebaliknya, jika Anda tidak terbiasa dengan pakaian muslim, maka ada baiknya Anda memilih Kaftan model kasual dan lebih sederhana. Bisa juga dengan lengan pendek.
  3. Sesuaikan warna busana dengan warna kulit Anda
    Walaupun sekarang ini model warna tabrak lari alias memadu-padankan warna lebih berani, Anda juga harus memperhatikan kepantasan dan kesan enak dilihat oleh orang lain. Pilihlah warna-warna yang hangat seperti kuning atau merah muda jika kulit Anda cenderung gelap dan warna-warna bernuansa dingin seperti hijau, biru, atau camel untuk Anda yang berkulit lebih cerah.

Semoga Bermanfaat….

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

JOIN US ON

NEWSLETTER

Mau berlangganan artikel Kami? Tulis Email Anda pada form di bawah ini.

Cek Email Anda setelahnya untuk mengaktifkan layanan newsletter. Terimakasih