Informasi dan Tips – informasitips.com

Tips Tidur Nyenyak

Tips Tidur Nyenyakinformasitips.com – Tidur merupakan salah satu kebutuhan penting manusia. Setelah seharian menjalani aktifitas, kita perlu beristirahat untuk kembali memulihkan kondisi tubuh. Untuk itu, kita harus mempunyai waktu untuk tidur. Belakangan ini, banyak orang yang mengalami masalah dengan tidur mereka. Berikut ini ada beberapa tips agar Kamu bisa tidur nyenyak.

  1. Biasakan tidur dan bangun teratur.
    Pola tidur yang kurang sehat menyebabkan banyak orang mengalami gangguan tidur. Untuk itu, kita perlu menjaga kondisi tubuh dengan tidur dan bangun secara teratur setiap hari. Jika waktu tidur kita teratur, maka kondisi badan kita akan sehat. Idealnya, waktu yang kita butuhkan untuk tidur adalah 6 sampai 8 jam dalam sehari.
  2. Usahakan untuk tidak mengkonsumsi kafein pada malam hari.
    Kafein merupakan zat yang menyebabkan kita menjadi terjaga, sehingga kita akan susah untuk tidur. Kafein ini terkandung di dalam beberapa makanan dan minuman, diantaranya adalah teh, kopi dan coklat. Untuk itu, hindarilah mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein pada malam hari.
  3. Olahraga secara teratur.
    Olahraga membuat tubuh kita menjadi sehat dan bugar. Selain itu, olahraga juga membuat tidur kita menjadi nyenyak. Lakukanlah olahraga secara rutin pada pagi hari. Ini akan membuat tidur Anda menjadi nyenyak dan sehat.
  4. Kondisi tempat tidur.
    Tempat tidur merupakan hal yang paling utama dalam tidur. Penataan ruang tidur yang rapi dan bersih dapat membantu agar tidur kita menjadi nyenyak. Selain itu, ada beberapa hal yang membuat orang nyenyak tidur di kamarnya. Diantaranya adalah: buatlah ruangan tidur Anda segelap mungkin. Ini akan membantu untuk cepat tidur. Ruangan harus dalam keadaan tenang. Lalu, buatlah suhu di kamar Anda sedikit lebih dingin. Hal ini akan membantu Anda untuk mendapatkan tidur yang nyenyak.
  5. Lakukan relaksasi sebelum Anda tidur.
    Relaksasi membuat Anda merasa lebih tenang dalam menghadapi sesuatu, termasuk tidur. Sebelum tidur, sebaiknya luangkanlah waktu untuk berelaksasi sejenak. Hindari memikirkan hal-hal yang membuat Anda menjadi pusing, terbebani, dan yang lainnya. Mendengarkan musik adalah salah satu cara agar kita cepat tidur nyenyak.
  6. Saat bangun, usahakan sesegera mungkin untuk keluar kamar.
    Jika kita telah bangun dari tidur, sering kali kita bermalas-malasan di tempat tidur kita. Tak jarang hal ini membuat kita kembali tertidur. Hal ini bisa membuat kondisi badan kita menjadi kurang sehat. Sebaiknya, sesaat setelah Anda bangun, usahakan langsung keluar dari tempat tidur. Hal ini akan mengurangi resiko kita untuk kembali tidur.
  7. Konsultasikan masalah tidur Anda dengan dokter.
    Jika Anda memiliki masalah dengan tidur Anda, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter yang ahli dibidangnya. Hal ini akan membuat kita menjadi tahu apa penyebab masalah tidur Anda selama ini. Berhati-hatilah dengan masalah tidur Anda sekecil apapun. Karena hal ini sangat mempengaruhi kesehatan Anda untuk waktu yang akan datang.

Itulah beberapa tips untuk membuat tidur Anda menjadi nyenyak dan berkualitas. Tips ini layak kita coba, karena beberapa tips ini merupakan rekomendasi dari beberapa informasi. Janganlah menganggap sepele masalah tidur Anda, karena itu akan mempengaruhi kesehatan Anda di masa datang.

Copyright secured by Digiprove © 2012

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

ARTIKEL TERBARU

NEWSLETTER

Mau berlangganan artikel Kami? Tulis Email Anda pada form di bawah ini.

Cek Email Anda setelahnya untuk mengaktifkan layanan newsletter. Terimakasih