Informasi dan Tips – informasitips.com

Menghadapi Kehamilan Kembar

informasitips.com – Betapa bahagia ketika tahu ada dua bayi di rahim. Rasanya pasti ingin berteriak kegirangan karena akan ada dua makhluk mungil yang senantiasa menemani hari-hari kita. Memiliki bayi kembar terkadang menjadi impian beberapa wanita, meski tak semua bisa mendapatkannya. Hamil anak kembar sendiri dipengaruhi beberapa faktor seperti keturunan, terapi hormonal, usia ibu hamil, dan lain-lain.

Kembar ada dua yaitu identik (sama) dan fraternal dimana kedua bayi memiliki fisik yang berbeda. Terlepas dari semua itu, hamil anak kembar tentu berbeda dengan hanya hamil tunggal. Lelah dan penat akan lebih dirasakan ibu yang mengandung janin kembar. Belum lagi resiko komplikasi yang lebih tinggi. Untuk itu, seorang ibu harus mempersiapkan berbagai hal agar kehamilannya berjalan lancar.

menghadapi kehamilan kembar

Gambar : telegraph.co.uk

Perhatikan masalah dibawah ini dan konsultasikan jika anda merasa tidak nyaman:

  1. Tekanan darah tinggi. Ini mungkin disebabkan kebutuhan darah dua janin sehingga jantung memompa lebih keras.
  2. Keguguran. Resiko keguguran pada kehamilan kembar lebih tinggi karena komplikasi bayi yang berada dalam satu plasenta atau sirkulasi darah yang sama.
  3. Fisik lemah dan lebih mudah lelah
  4. Polihidramnion atau kelebihan cairan ketuban


Berikut tips bagi anda yang sedang dilanda bahagia dengan kehamilan dua bayi:

  1. Rutin kontrol. Karena risiko kehamilan kembar lebih tinggi maka dibutuhkan pengawasan yang lebih ketat untuk memastikan kondisi ibu dan janin. Dengan demikian diharapkan kelainan bisa diketahui dan ditanangi sedini mungkin.

  2. Penuhi nutrisi. Seperti kehamilan pada umumnya, hamil kembarpun perlu gizi seimbang. Ibu hamil kembar memerlukan tambahan 300 kalori setiap harinya, protein, kalsium, dan vitamin. Jangan lupa selalu minum tablet besi.
  3. Minum banyak air putih (minimal 8-10 gelas perhari). Ingat, ada dua bayi di rahim anda yang artinya beban perut dan punggung semakin berat. Air putih akan membantu mengurangi nyeri punggung pada ibu hamil.
  4. Perhatikan aktivitas. Karena ada dua bayi maka diafragma akan tertekan keatas, akibatnya luas paru berkurang. Hal ini akan membuat anda lebih cepat lelah dan mudah sesak napas. Hindari bekerja berat dan naik tangga saat perut sudah membesar.
  5. Cukup istirahat. Banyak tidur miring kiri agar aliran darah ke plasenta lancar. Jika anda wanita karir, pertimbangkan untuk cuti lebih awal.
  6. Sangga kaki dengan bantal saat istirahat untuk menghindari oedema.
  7. Tetap olahraga ringan secara teratur untuk menjaga kebugaran fisik.
  8. Persiapan perlengkapan. Anda tentu harus menyiapkan lebih banyak baju, selimut, peralatan mandi bayi, handuk, dll. Mulai penuhi perlengkapan itu sejak dini agar anda memiliki banyak waktu untuk istirahat di akhir kehamilan.
  9. Konsultasikan dengan dokter mengenai tempat dan cara melahirkan. Karena persalinan kembar lebih berisiko, ada baiknya anda membuat janji dengan dokter dan memilih melahirkan di rumah sakit dengan fasilitas lengkap. Jadi, segera ada pertolongan jika terjadi penyulit persalinan.
  10. Cari orang yang akan mendampingi anda selama melahirkan dan nifas. Merawat bayi kembar tentu lebih merepotkan. Ada baiknya anda meminta saudara atau baby sitter yang membantu merawat bayi sebelum melahirkan.
  11. Bagaimanapun cara persalinan yang anda pilih, ada baiknya anda menyiapkan perlengkapan sesar untuk diri sendiri. Siapkan gurita ibu, selendang, hem, baju longgar, pampers ibu, dll. Banyak ibu-ibu yang tidak siap dengan perlengkapan untuk dirinya sehingga kerepotan saat akan operasi dan keluarga harus kesana kemari demi membeli perlengkapan tersebut.
  12. Siapkan mental anda. Sebagian ibu takut melahirkan dengan operasi padahal hamil kembar adalah salah satu indikasi melahirkan dengan cara sesar. Jadi perbanyak doa dan berusahalah untuk rileks.
  13. Siapkan dana. Karena kemungkinan besar melahirkan dengan operasi maka dana persalinan akan lebih besar. Selain itu kebutuhan dua bayi juga akan lebih banyak daripada hanya satu.
  14. Jangan dengarkan hal-hal negatif yang membuat anda cemas. Lebih baik dengarkan pengalaman menyenangkan dari ibu yang memiliki bayi kembar.
  15. Rencanakan program menyusui. Jika anda memilih untuk menyusui secara eksklusif, pelajari tips dan utarakan pada perawat sebelum melahirkan agar tidak diberi susu formula.


loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: