Informasi dan Tips – informasitips.com

Tips Saat Hamil Muda

informasitips.com – Halo para calon ibu!! Di bawah ini adalah poin-poin yang harus Anda perhatikan saat hamil muda. Semoga bermanfaat:

  1. Asupan gizi seimbang
    Makanlah dengan prosi 4 sehat 5 sempurna. Hindari makanan tinggi gula dan lemak. Tidak mengkonsumsi fast food, daging setengah matang, ikan-ikan kaleng, dan kerang. Untuk menghindari morning sickness, sediakan cracker atau biskuit di samping ranjang, dan makanlah beberapa pada pagi hari sebelum turun dari ranjang.

  2. Berolahraga
    Sebaiknya berolahraga dimulai sebelum hamil, karena ini akan menurunkan resiko keguguran, juga mengurangi komplikasi saat persalinan. Jika tak punya banyak waktu, lakukan jalan cepat 15-30 menit 3 kali seminggu. Akan lebih baik jika anda menunjungi studio senam hamil.

  3. Catatan
    Buatlah catatan dari awal kehamilan Anda. Catatan mengenai jadwal kunjugan dokter/ bidan, check list menu makanan sehat, catatan mengenai tips-tips kehamilan dan lainnya.

  4. Flek dan perdarahan
    Flek dan perdarahan pada kehamilan muda patut diwaspadai. Anda harus segera ke dokter jika nge-flek dengan atau tanpa disertai adanya kontraksi atau nyeri punggung atau perut. Jika ternyata penyebabnya adalah tanda awal keguguran, mungkin belum terlambat untuk ditangani di RS. Atau mungkin juga kehamilan Anda di luar rahim, penanganan medis harus segera dilakukan.

    Tips hamil muda

  5. Gigi
    Menjaga kesehatan gigi wajib hukumnya saat hamil. Jika Anda mengeluhkan sakit gigi, pembengkakan gusi atau gusi berdarah segeralah ke dokter. Infeksi mulut dan gigi dapat meningkatkan resiko kelahiran bayi prematur. Sikat gigi 2 kali sehari dan gunakan Floss untuk membersihkan sela-sela gigi anda setelah makan. Hindari tusuk gigi.

  6. Informasi
    Carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai kehamilan yang sehat. Belilah beberapa buku atau carilah info di internet. Membaca buku jauh lebih baik dari pada bertanya kepada teman.

  7. Kontrol ke dokter sesuai jadwal
    Jadwal pemeriksaan kehamilan jangan disepelekan. Inilah waktu Anda berkonsultasi sepanjang kehamilan Anda. Persiapkan pertanyaan-pertanyaan yang penting saat ke dokter. Ada baiknya pasangan Anda juga hadir, sehingga dapat mendengar bersama-sama info dari dokter.

  8. Minum yang cukup
    Konsumsi air sebanyak 2 liter perhari sangat dianjurkan. Minumlah air putih, susu 2-3 gelas sehari, atau jus buah. Hindari kopi, karena kafein yang anda konsumi, akan ditransfer ke bayi anda dalam jumlah yang sama. Absolut, tidak mengkonsumsi alkohol!

  9. Obat-obatan harus dengan resep dokter
    Mengkonsumsi obat demam, nyeri dan batuk juga harus dengan resep dokter. Sebaiknya hindari mengkonsumsi obat pada 3 bulan awal kehamilan. Hindari pula obat atau jamu tradisional.

  10. Penyakit
    Infeksi apapun itu, baik bakteri, virus, jamur di badan atau organ intim sebaiknya dihindari. Kita memang tidak dapat menghindarinya 100%. Jaga kebersihan organ intim anda yaitu, membasuhnya dengan air tanpa sabun, tanpa pembersih khusus v*g*n*, menghindari kelembaban dengan mengeringkan daerah V setelah membasuhnya, menggunakan celana dari bahan katun yang longgar. Infeksi saluran kencing juga harus dihindari, caranya dengan banyak minum dan tidak menahan rasa ingin kencing.

  11. Qur’an dan musik
    Perkenalkan sedini mungkin janin Anda dengan Al-qur’an dan musik. Saya yakin, keduanya baik untuk kecerdasan emosional dan intelegensia anak.

  12. Stress
    Perubahan hormon, selain mempengaruhi tubuh juga emosi. Apakah Anda kelelahan, lemah, mual, nafsu makan menurun, kurang tidur, nyeri punggung dan sakit kepala? Jangan-jangan penyebabnya adalah stress. Lakukanlah rekreasi, atau berkunjunglah ke Spa atau mintalah suami Anda memijat badan. Stress dapat menyebabkan pertumbuhan dan perkembangan janin terganggu.

  13. Tidurlah yang cukup
    Jangan begadang! Tidurlah teratur dan cukup. Bagi Anda ibu rumah tangga, sangat baik jika anda tidur siang selama 1 jam. Saat perut mulai terlihat hamil, tidur miring ke sisi kiri lebih baik dari pada ke sisi kanan. Ini akan mengurangi pembengkakan kaki dan melancarkan sirkulasi darah.

  14. Vitamin B9 atau asam folat dan wajib diminum
    Dari saat Anda merencanakan kehamilan, mulailah mengkonsumsi asam folat 0.4 mg perhari. Selain baik untuk pertumbuhan tabung saraf janin, folat juga mencegah anemia.

  15. Hubungan suami istri
    Berhubungan? Mengapa tidak. Hal tersebut tidak membahayakan kehamilan yang normal, justru membuat Anda lebih rileks.

  16. Zat besi
    Karena volume darah ibu bertambah saat hamil, ibu butuh zat besi lebih banyak. Konsumsilah 30 mg zat besi setiap hari.

———–

Salam 
dr. Vetta Fegitalasky



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

5 thoughts on “Tips Saat Hamil Muda

  1. Nurul

    Dok, kenpa perut saya dan pinggang saya selalu sakit pada pagi dan sebelum tidur.
    Umur kehamilan saya 2 bln 6 hari dok.
    Terima kasih

  2. Luciana

    Dokter, apakah diperbolehkan untuk terbang waktu usia kehamilan dibawah 3 bulan? Mohon infonya karena banyak pro dan kontra mengenai hal ini, tolong infonya juga buat wanita hamil yang pernah punya pengalaman yang sama dengan saya, thanks

  3. eri

    Dear Dokter

    Bagaimana cara agar pikiran kita selalu positif akan semua keadaan yang begitu komplek

    Terima kasih
    Eriza H

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: