Informasi dan Tips – informasitips.com

Tips Puasa Sehat Bagi Ibu Hamil dan Menyusui

informasitips.com – Wajar memang bila ada kekhawatiran dan pertanyaan apakah puasa dapat memberatkan kondisi ibu hamil dan menyusui. Kekhawatiran yang paling banyak dirasakan oleh Ibu Hamil dan menyusui adalah apakah dengan berpuasa pasokan nutrisi ke tubuh ibu akan berkurang sehingga bisa mengganggu asupan nutrisi untuk janin yang dikandung atau juga dapat menghambat produksi ASI.

Sebenarnya tak ada halangan bagi ibu hamil dan menyusui untuk tetap menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Bila tahu tipsnya, Ibu hamil dan menyusui tetap dapat menjalankan ibadah puasa dengan lancar tanpa mengganggu kondisi kesehatan ibu dan bayi.

Berikut ini tips sehat dan lancar puasa bagi ibu hamil:

  1. Puasa bagi ibu hamil hendaknya diawali dengan niat yang ikhlas agar anda merasa ringan menjalankannya.
  2. Ibu hamil sebaiknya juga menghindari stres dan pikiran berat karena akan menguras energi yang dapat menghambat kelancaran ibadah puasa.
  3. Puasa bagi ibu hamil hendaknya juga didukung dengan konsumsi makanan atau nutrisi yang tepat.
    Saat sahur : konsumsilah protein, lemak, vitamin C, seng (Zn), dan serat. Hindari terlalu banyak makan karbohidrat saat sahur.

    Saat berbuka : awali dengan minuman hangat dan makanan manis, kemudian konsumsi karbohidrat. Setelah anda sholat maghrib baru dapat mengonsumsi makanan berat lainnya.

  4. Ibua hamil yang ingin menjalankan puasa disarankan untuk tetap mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi, asam folat, serta kalsium. Ketiganya sangat penting untuk pertumbuhan bayi anda.
  5. Ibu hamil yang ingin menjalankan puasa sebaiknya menghindari makanan pedas
  6. Segera berbuka jika sudah waktunya
  7. Perbanyak cairan, minimal dua liter per hari.
  8. Makanlah makanan ringan di antara buka dan sahur. Anda bisa mengkonsumsi roti, puding, atau makanan ringan lainnya sekitar pukul 9 malam untuk memenuhi kebutuhan kalori harian.

    tips sehat puasa bagi ibu hamil dan menyusui

  9. Hindari pekerjaan berat saat puasa agar anda tidak kehabisan kalori.
  10. Istirahat cukup, namun bukan berarti anda hanya tiduran saja seharian. Luangkan waktu satu atau dua jam untuk istirahat siang.
  11. Khusus untuk ibu hamil muda, hindari makanan yang menimbulkan mual seperti santan, makanan berlemak, atau beroma menyengat.
  12. Jangan terlalu banyak konsumsi kafein karena akan membuat anda merasa kenyang meskipun kalori belum terpenuhi.

Berikut ini tips puasa sehat bagi ibu menyusui:

  1. Yakinlah bahwa anda dan bayi tetap sehat meskipun berpuasa.
  2. Perbanyak konsumsi cairan. Ibu menyusui membutuhkan banyak cairan untuk produksi ASI.
  3. Selektif memilih menu untuk memenuhi kebutuhan gizi dan kalori.
    Kebutuhan kalori harian ibu menyusui sekitar 700 kal, 70% harus anda penuhi dari konsumsi makanan saat sahur dan berbuka dengan komposisi makanan seimbang.

  4. Istirahat cukup.
    Biasanya ibu menyusui yang berpuasa akan merasa lemas setelah menyusui, oleh karena itu, sebaiknya istirahatlah sejenak setelah menyusui untuk mengembalikan energi.

  5. Tetap menyusui secara teratur. Kelancaran ASI tergantung keteraturan menyusui, bukan makanan.

Semoga tips-tips di atas dapat membantu Anda, ibu hamil dan menyusui, agar bisa menjalankan puasa dengan sehat dan lancar selama hamil dan menyusui.

Semoga bermanfaat.

————————

Baca juga: Puasa Bagi Ibu Hamil dan Menyusui

Bagikan artikel ini:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *