Informasi dan Tips – informasitips.com

Tips Praktis Merawat Rambut Tipis

informasitips.com – Ungkapan bahwa rambut adalah mahkota bagi wanita mungkin sangat benar. Banyak diantara wanita yang panik ketika mengalami kerontokan rambut, apalagi jika sampai pada kebotakan. Terjadinya hal seperti ini bisa diawali dengan semakin menipisnya rambut akibat kerontokan. Kerontokan pada tahap yang lebih parah bisa mengakibatkan kebotakan yang permanen.

Untuk menghindari hal tersebut, bagi anda yang mengalami penipisan rambut sebaiknya patut waspada sejak dini. Pencegahan masalah ini bisa dilakukan dengan melakukan perawatan untuk rambut rontok serta mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak zat besi. Zat ini bisa dengan mudah anda peroleh dari sayuran seperti bayam dan kangkung. Susu dan telur juga merupakan makanan yang sangat baik untuk mendapatkan zat besi. Zat besi bermanfaat untuk membantu metabolisme sel darah merah yang akan membawa oksigen ke setiap bagian pada jaringan tubuh dan sangat dianjurkan bagi perawatan rambut dalam jangka panjang.

Selain mengkonsumsi asupan yang kaya zat besi, ada hal-hal lainnya yang perlu dilakukan untuk melakukan perawatan rambut tipis. Berikut tips merawat rambut tipis yang patut Anda coba:

tips merawat rambut tipis

  1. Menggunakan sisir bergigi jarang
    Penggunaan sisir bergigi jarang pada rambut tipis, seperti yang selalu disarankan oleh para ahli kecantikan rambut, membuat tekanan sisir pada kulit kepala tidak begitu keras sehingga mengurangi kecenderungan rambut rontok. Disamping itu, sisir bergigi jarang akan mengurangi tersangkutnya rambut pada gigi sisir yang sering menyebabkan rambut rontok.
  2. Menggunakan serum rambut
    Penggunaan serum rambut terbukti bisa lebih cepat terlihat hasilnya. Untuk pemilihan jenis produknya, alangkah baiknya anda konsultasikan pada ahlinya agar terhindar dari kesalahan applikasi produk yang nantinya malah akan menambah parahnya kerontokan. Serum untuk rambut ini biasanya bisa digunakan pada berbagai jenis rambut.
  3. Menghindari bahan-bahan kimia
    Serum rambut dan pewarna rambut biasanya mengandung bahan kimia meskipun hanya dalam kadar yang sedikit. Oleh karenanya, penggunaan serum dan pewarna rambut haruslah terkontrol. Untuk itu, mengkonsultasikan produk serum yang tepat sangatlah penting. Membatasi penggunaan serum juga akan menghindarkan anda dari efek buruk yang ditimbulkan oleh bahan-bahan kimia berlebih yang terkandung di dalamnya.
  4. Mengeringkan rambut dengan hati-hati
    Memang membutuhkan trik untuk membuat rambut tipis terlihat bervolume. Kebanyakan orang biasanya menciptakan volume rambut dengan pengeringan menggunakan blow dryer. Hal penting yang harus diingat ketika melakukan blow drying ini adalah jangan terlalu berlebihan. Pastikan juga ujung pengering tidak terlalu dekat dengan rambut. Hairspray juga bisa digunakan untuk menambah volume rambut ketika melakukan blow drying. Semprotkan hairspray pada bagian dekat akar rambut. Tetapi bagi anda yang tidak menyukai hairspray, bisa juga menggunakan mousse pada sisir dengan gigi jarang.
  5. Menggunakan conditioner sebelum keramas
    Conditioner yang selama ini biasa digunakan setelah keramas kadang hanya akan membuat rambut yang tipis semakin terkesan tipis karena bertambah lepek. Maka, mulai sekarang, bagi anda pemilik rambut tipis, biasakan menggunakan conditioner sebelum menggunakan shampo. Hal seperti ini akan membuat rambut anda menjadi cukup lembab dan elastik, tetapi tidak lepek. Saat rambut anda kotor, basahilah, lalu gunakan conditioner dahulu, baru kemudian gunakan shampoo untuk membersihkannya.
  6. Memilih warna rambut yang tepat
    Bila Anda ingin mewarnai rambut, pilihlah warna yang tepat agar rambut tipis Anda terlihat lebih bervolume. Namun begitu, penggunaan pewarna rambut haruslah terkontrol karena zat yang terkandung di dalamnya bisa menyebabkan kerusakan rambut.
    Pewarnaan yang tepat untuk membuat rambut lebih bervolume adalah dengan membuat warna di bagian dasar rambut manjadi 2 tingkat lebih terang di banding warna pada batang rambut. Hal ini akan memberikan kesan tebal pada rambut anda.
  7. Hindari menggunakan potongan layer
    Model rambut tipis sebaiknya mengaplikasikan potongan bob dibanding dengan layer karena model potongan layer hanya akan membuat rambut terlihat semakin tipis. Model potongan rambut bergelombang atau keriting juga bisa diaplikasikan pada jenis rambut tipis ini.
  8. Menggunakan produk pengembang
    Meskipun disarankan, tetapi Anda harus tetap berhati-hati dalam menggunakan produk pengembang, karena biasanya produk-produk ini mengandung paraffin yang bila terlalu sering digunakan akan menyebabkan penumpukan sehingga membuat rambut menjadi mudah patah. Pilihlah dari sekian produk yang tidak berat dan bersifat merusak. Contoh yang paling aman adalah mousse.
  9. Melakukan penggelombangan rambut secara permanen
    Penggelombangan rambut secara permanen ini tentunya lebih praktis dibanding jika anda harus membuat gelombang setiap hari untuk mendapatkan rambut anda semakin bervolume. Anda tinggal datang ke salon, dan meminta penggelombangan rambut secara permanen. Untuk perlakuan ini, pastikan bahwa rambut anda dalam kondisi sehat, tidak rapuh ataupun kering.

Selamat mencoba ya dan semoga mendapatkan rambut yang terkesan tebal dan indah.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: