Informasi dan Tips – informasitips.com

Cara Mudah Mengetahui Keaslian Berlian

informasitips.com – Berlian merupakan salah satu perhiasan yang banyak disukai para wanita. Selain bentuknya yang memang sangat indah, nilai jual batu permata yang satu ini pun cukup tinggi sehingga bisa dijadikan investasi yang sangat berharga. Keindahan yang dimiliki berlian mampu menonjolkan aura dan gengsi si pemakainya. Namun, bagaimana bila berlian yang Anda pakai sebenarnya palsu? Tentunya akan mengurangi aura dan menurunkan nilai gengsi Anda, bukan? Lalu bagaimana sih cara mengenal dan mengetahui keaslian sebuah berlian? Berikut kami berikan sedikit tips sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengenal dan mengetahui keaslian sebuah berlian :

Pengujian dengan alat bantu

  1. Pengujian dengan jarum uji berlian, yaitu jarum berupa besi yang ujungnya adalah berlian asli.
    Cara pengujiannya: gores berlian yang akan diuji dengan jarum uji berlian perlahan-lahan, kemudian perhatikan apakah terdapat goresan atau tidak pada batu permata tersebut. Apabila tergores, berarti berlian tersebut tidak asli.

  2. Pengujian dengan Diamond Tester, yaitu alat penguji berlian yang banyak dijual di toko-toko.


  3. Mengenal Dan Mengidentifikasi Berlian Yang Asli

  4. Pengujian dengan cara memeriksa berat jenis. Apabila batu permata tersebut memiliki ukuran yang besar akan mudah dicari berat jenisnya.
    Cara pengujiannya : Timbang batu permata tersebut, selanjutnya timbang lagi di dalam air untuk mengetahui volume permata tersebut. Misalnya, Anda memasukkan permata ke dalam air di dalam gelas setinggi 100 ml, selisih ketinggian air setelah dan sebelum dimasukkan permata merupakan volume permata tersebut. Selanjutnya berat jenis permata = Berat permata / volume permata.
    Apabila nilai berat jenisnya = 3.52, berarti permata tersebut merupakan berlian asli.

Pengujian dengan mata

  1. Berlian memiliki indeks bias cahaya yang cukup besar. Indeks bias yang cukup besar membuat berlian tidak tembus pandang. Pengujian bisa dilakukan dengan cara meletakkan koran di bawah berlian, kemudian lihat tulisan pada koran tersebut dari atas. Jika tulisan pada koran tersebut terlihat, sudah pasti berlian tersebut bukan berian asli.
  2. Pengujian keaslian berlian juga dapat dilakukan dengan cara uji miring.
    Cara pengujiannya : pegang berlian dengan cara mendatar, lalu dimiringkan maka berlian akan berkilau. Namun, apabila setelah dimiringkan tidak terlihat sinar atau kemilau dari berlian, berarti berlian tersebut tidak asli.

  3. Berlian merupakan intan yang sudah digosok. Batu intan merupakan penghantar panas yang tinggi daripada benda-benda lainnya. Karena itu intan lebih cepat mengikuti temperatur sekelilingnya, jika dipegang akan terasa dingin kemudian akan cepat terasa panas jika terus-menerus dipegang. Ini merupakan karakteristik dari batu intan berlian.

Nah, tidak sulit bukan cara mengetahui keaslian sebuah berlian. Lalu bagaimana dengan berlian kesayangan Anda? Apakah Anda penasaran ingin mengetahui keasliannya? Langsung saja coba tips di atas agar rasa penasaran Anda tersebut segera hilang. Selamat mencoba.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

JOIN US ON

NEWSLETTER

Mau berlangganan artikel Kami? Tulis Email Anda pada form di bawah ini.

Cek Email Anda setelahnya untuk mengaktifkan layanan newsletter. Terimakasih