Informasi dan Tips – informasitips.com

Tips Merawat Kacamata

informasitips.com – Pakai kacamata? Kenapa enggak. Kacamata saat ini bukan hanya sekedar alat bantu penglihatan saja lho. Barang yang satu ini sekarang sudah menjadi bagian dari gaya untuk menunjang penampilan agar terlihat semakin keren dan OK. Model yang ditawarkan pun kini semakin beragam. Jauh sekali dari kesan kuno, ga oke, atau pun terlihat cupu. Kamu bisa memilih jenis dan model kacamata yang kamu inginkan disesuaikan dengan gaya dan dandanan kamu.

Selain memperhatikan modelnya, ada satu hal lagi yang juga perlu kamu perhatikan bila ingin berkacamata, yaitu cara merawatnya. Barang ini bisa dibilang cukup sensitif. Oleh karena itu, diperlukan kehati-hatian yang ekstra untuk merawat kacamata agar tidak mudah rusak dan bisa awet digunakan. Apalagi untuk jenis kacamata yang diperuntukkan bagi mereka yang menderita kerusakan atau masalah pada mata. Biasanya jenis kacamata seperti itu tergolong mahal harganya. Sayang banget kan bila tidak dijaga dengan baik. Untuk itu, harus tahu cara merawatnya dengan baik dan benar. Lalu, seperti apa cara merawatnya? Simak beberapa tips merawat kacamata berikut ini:

tips merawat kacamata

  1. Bila tidak sedang digunakan, taruhlah kacamata dalam posisi terbuka dan jangan pernah meletakkan kacamata dengan lensa di bawah, karena debu yang halus sekalipun jika menempel pada lensa dapat menggores lensa. Terlebih untuk jenis lensa yang terbuat dari bahan plastik.
  2. Bersihkan selalu kacamata setelah kamu beraktivitas, terlebih bila kamu melakukan aktivitas yang mengeluarkan banyak keringat dan aktivitas yang banyak berada di luar ruangan yang membuat banyak debu atau kotoran menempel pada lensa kacamata.
  3. Untuk memberishkan kacamata, gunakan cairan khusus pembersih kacamata, atau bisa juga menggunakan cairan air dan sabun, lalu keringkan dengan lap khusus pembersih kacamata. Ingat, jangan pernah membersihkan kacamata dalam keadaan lensa kering, untuk menghindari timbulnya goresan pada lensa.
  4. Jangan mengelap kacamata dengan tisu atau kain yang berbahan kasar. Bahan tisu biasanya kasar sehingga dapat menggores lensa. Sebaiknya, lap kacamata dengan kain khusus pembersih kacamata atau kain flanel yang lembut.
  5. Ada baiknya untuk tidak terlalu sering membersihkan lensa kacamata dengan cairan pemebersih lensa. Karena hal itu bisa membuat lensa kacamata menjadi semakin menipis. Lebih baik gunakana cairan tersebut satu hari sekali saja.
  6. Supaya gagang kacamata tidak mudah berkarat, sebaiknya gagang tersebut dibersihkan sesering kita membersihkan lensa. Jadi saat membersihkan kacamata, jangan hanya lensanya saja yang dibersihkan. Bersihkan pula gagangnya. Alternatif lain, kamu bisa memilih jenis kacamata yang gagangnya terbuat dari bahan yang tidak mudah berkarat, misalnya plastik dan titanium.
  7. Jangan sembarangan meletakkan kacamata. Letakkan kacamata khusus di tempatnya (kotaknya). Kamu tentu tidak ingin kan karena kecerobohan kamu dalam menaruh kacamata membuat kacamata kamu rusak, pecah atau patah karena terjatuh atau didudukin orang lain..?

    Hindari menaruh kacamata di saku baju, kantong, atau tempat tidak aman lainnya.

  8. Jenis kacamata yang diperuntukkan sebagai alat bantu penglihatan tentunya memiliki setelan khusus dan tersendiri, disesuaikan dengan keluhan mata si pemakai. Untuk jenis kacamata ini, pastikan kamu mengetahui cara memakai dan melepas kacamata dengan benar. Saat ingin memakai atau melepas kacamata, bagian yang dipegang adalah bagian gagang kacamata, bukan bagian lensanya. Hal ini penting untuk menghindari perubahan setelan pada kacamata.


  9. loading...
    Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: