Informasi dan Tips – informasitips.com

Tips Merawat Bibir

informasitips.com – Bibir yang sehat dan terawat pasti menjadi idaman setiap wanita. Namun, kondisi bibir yang demikian tidak selalu kita dapatkan. Seringkali kita berhadapan dengan kondisi bibir yang kering dan pecah-pecah, terutama ketika cuaca panas. Kebanyakan dari kita akan langsung membasahi bibir yang kering dan pecah-pecah dengan lidah, padahal hal itu salah besar. Membasahi bibir dengan lidah saat bibir kering justru akan membuat bibir menjadi semakin kering dan pecah-pecah.

Untuk memiliki bibir yang sehat terawat, sebenarnya bukanlah hal yang sulit. Dengan sedikit perawatan, maka bibir kita akan kembali lembab, kemerahan.

Nah, bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk merawat bibir agar selalu sehat dan terhindar dari keluhan bibir pecah-pecah?

Ikuti tips dan cara di bawah ini:

  1. Menyikat bibir
    Menyikat bibir sangat penting untuk mengelupaskan kulit bibir yang sudah mati dan mengering, sehingga bibir kamu akan terlihat lebih sehat dan terbebas dari sel-sel kulit mati. Caranya dengan menyikat bibir atas dan bawah, perlahan dari sisi kiri ke sisi kanan, setiap usai menyikat gigi.

  2. Lip Balm/pelembab bibir
    Selalu gunakan pelembab bibir setiap kali usai menyikatnya. Terutama di malam hari, jadi ketika bangun pagi, bibir akan tetap lembab. Biasakan juga untuk selalu menggunakan pelembab bibir, sebelum menggunakan lipstik.

    Kandungan pelembab yang terdapat pada lipstik sangat minim, jadi ada baiknya gunakan pelembab bibir sebelum memulas lipstik agar hasilnya lebih maksimal dan bibir akan tetap terjaga kelembabannya.

  3. Ekstrak madu
    Setelah kondisi bibir sudah lebih lembab, maka akan lebih baik bila kita juga melakukan perawatan untuk mengembalikan warna alami bibir yang kemerahan.

    Warna bibir dapat berubah menjadi agak kehitaman karena berbagai faktor, diantaranya karena pengaruh makanan yang dikonsumsi, merokok, stres, lelah, dan penggunaan lipstik yang kualitasnya rendah.

    Nah untuk mengembalikan warna merah alami bibir, gunakan minyak zaitun yang sudah dicampur dengan sedikit gula atau madu, oleskan pada bibir, kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan setiap malam hari sebelum tidur, hal itu berfungsi sebagai scrub yang akan mengembalikan warna merah alami pada bibir.

    Selain itu, kita juga bisa menggunakan wortel yang sudah diparut, kemudian diambil sarinya. Penggunaan sari wortel secara rutin juga bisa menambahkan rona merah pada bibir.

    Tips dan cara merawat bibir

  4. Jangan menjilat bibir

    Saat bibir kering, jangan pernah menjilat bibir atau membasahi bibir dengan lidah. Karena, akan membuat bibir menjadi lebih kering setelahnya. Sebaiknya, hindari pula bernafas dengan mulut terbuka karena bisa membuat bibir semakin kering.

    Selain itu, jangan lupa untuk selalu membersihkan bibir dari sisa lipstik setiap malam, karena sisa lipstik yang didiamkan semalaman akan membuat bibir kering dan pecah-pecah.

  5. Konsumsi makanan sehat yang kaya vitamin dan mineral
    Perbanyaklah makan makanan sehat yang kaya vitamin dan mineral, misalnya sayur-sayuran dan buah-buahan. Buah-buahan yang banyak mengandung Vitamin B dan Vitamin E sangat bagus untuk menjaga kesehatan bibir. Selain itu, konsumsi air putih yang cukup juga sangat bermanfaat untuk menjaga kelembabab bibir.

  6. Kunjungi dokter jika perlu
    Jika timbul berbagai keluhan dan masalah pada bibir kamu, tidak ada salahnya kamu mengunjungi dokter untuk memeriksakan kondisi bibirmu. Masalah-masalah pada bibir khususnya masalah yang disebabkan akibat infeksi jamur, bakteri, virus dan masalah gangguan nutrisi tentunya membutuhkan penanganan dari dokter untuk mengatasinya.

Oke girls, itu dia beberapa tips untuk merawat bibir kamu. Sangat mudah untuk dipraktekkan kok, hanya butuh niat dari kamu, maka kamu akan mendapatkan bibir yang sehat dan terawat.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: