Informasi dan Tips – informasitips.com

Tips Menyesuaikan Warna Rambut dengan Warna Kulit

informasitips.com – Pewarnaan rambut telah menjadi salah satu simbol trend masa kini. Biasanya seseorang lebih terlihat stylish dan modis ketika membawa tampilan warna rambut di lingkungannya. Terkadang, dengan sendirinya orang-orang akan menganggapnya sebagai trend setter jika penampilan warna rambutnya benar-benar pas dan memiliki karakteristik pada diri orang tersebut.

Tetapi, memilih warna rambut ternyata tidaklah semudah yang dipikirkan orang. Bagi yang memahami arti gaya rambut, pastinya tidak akan sembarangan mengaplikasikan warna pada rambutnya. Banyak hal tentunya yang wajib dipertimbangkan, mulai dari produk apa yang bagus, sampai sudah sesuaikah warna rambut tersebut dengan kulit mereka. Yang terakhir ini memang merupakan sesuatu yang sangat penting dalam hal pewarnaan rambut. Sebegitu pentingnya, hingga sebagian orang menganggap bahwa menyesuaikan warna rambut dengan warna kulit lebih urgent dibanding memilih warna baju yang sesuai dengan warna kulit.

Pernyataan ini mungkin ada benarnya mengingat rambut tidak hanya satu dua hari pakai seperti halnya baju. Rambut akan terus melekat dalam keseharian kita dan tentunya akan terlihat aneh bila kita tidak menyesuaikan warna rambut yang pas dengan warna kulit kita. Misalnya, warna kulit kita yang asli sawo matang, bukan kebule-bulean, namun kita ikut-ikutan ingin menggunakan rambut warna pirang atau warna lainnya selayaknya orang bule. Bukannya akan terlihat bagus, jatuhnya malah akan terlihat aneh dan tidak pas. Oleh karena itu, amat penting bagi kita untuk lebih paham soal keserasian warna kulit dengan warna rambut.

tips menyesuaikan warna rambut dengan warna kulit

Bagi anda yang saat ini berencana mengganti atau sedang ingin mengaplikasikan warna pada rambut anda, berikut hal-hal yang yang perlu anda cermati:

  1. Jika anda memiliki warna kulit yang hangat (Warm skin tone), maka warna yang cocok untuk rambut anda adalah warna-warna seperti tembaga, merah mahogany, pirang, warna stroberi, ataupun cokelat. Warna-warna tersebut akan memberikan kesan serasi pada kulit anda. Apalagi jika anda menambahkan highlight warna keemasan atau kemerahan, pasti akan nampak lebih keren dan gaya.

    Hindari warna rambut ungu, biru, putih, abu-abu karena justru akan membuat Anda terkesan tua, pucat, dan tidak menarik.

  2. Untuk jenis kulit dingin (Cool skin tone), maka warna-warna rambut yang cocok adalah abu-abu, cokelat muda, pirang keperakan, dan pirang platinum. Warna-warna ini akan lebih serasi dengan highlight warna yang lebih ringan.

    Hindari warna emas, warna merah muda (pink), warna merah perunggu karena dapat membuat Anda terlihat pucat. Hindari pula warna berbasis warna kuning karena akan membuat kesan Anda terlihat seperti orang sakit.

  3. Untuk pemilik warna kulit di antara hangat dan dingin, maka pilihan warna coklat madu, tembaga, mahoni, atau coklat keemasan menjadi pilihan yang paling sempurna.
  4. Bagi anda yang baru pertama kali mewarnai rambut, sebaiknya anda melakukannya di salon. Hal ini penting dilakukan mengingat pewarnaan rambut pertama kali membutuhkan pemerataan yang cermat. Jika dilakukan sendiri dikhawatirkan warna tidak akan sempurna menjangkau keseluruhan rambut. Dan setelahnya, jika hanya untuk me-refresh rambut dengan warna yang sama, bolehlah jika anda ingin melakukannya di rumah.
  5. Setelah melakukan pewarnaan rambut, jangan lupa untuk selalu melakukan perawatan yang teratur. Perawatan ini sangatlah penting karena proses yang dilakukan pada saat pewarnaan rambut menggunakan bahan kimia yang lumayan keras, maka rambut benar-benar harus memperoleh perawatan yang khusus setelahnya.

Lalu bagaimana cara mengetahui warna kulit kita termasuk warna yang mana? Simple saja, pakar rambut Indonesia, Rudy Hadisuwarno, memberikan tips cara mendeteksi warna kulit kita dengan cara menempelkan atau menyandingkan kain pada wajah. Karena kulit wajah adalah kulit yang nantinya paling dekat dengan rambut, maka wajah bisa dijadikan patokan untuk memilih warna yang sesuai untuk rambut.

  • Jenis kulit hangat (Warm skin tone)
    Untuk mengetahui apakah kulit anda berwarna hangat, maka tempelkanlah (sandingkan) kain berwarna terang, misalnya orange, pada wajah anda. Jika wajah terlihat/tampak cerah, maka artinya wajah anda termasuk kulit dengan tone hangat.

    Tanda-tanda lainnya bahwa Anda memiliki jenis kulit hangat adalah, pembuluh nadi di pergelangan tangan Anda lebih banyak yang berwarna hijau daripada berwarna biru, dan Anda terlihat lebih menarik jika mengenakan perhiasan emas daripada perhiasan perak.

  • Jenis kulit dingin (Cool skin tone)
    Untuk mengetahui apakah jenis kulit anda termasuk tipe dingin, maka tempelkanlah (sandingkan) kain warna ungu atau kebiruan pada wajah anda. Jika wajah menjadi terlihat cerah, itu tandanya anda memiliki jenis kulit dengan tone dingin.

    Tanda-tanda lainnya bahwa Anda memiliki jenis kulit dingin adalah, pembuluh nadi di pergelangan tangan Anda lebih banyak yang berwarna biru daripada berwarna hijau, dan Anda terlihat lebih menarik jika mengenakan perhiasan perak daripada emas.

Untuk membantu Anda menentukan jenis kulit Anda apakah termasuk hangat (warm skin tone) atau dingin (cool skin tone), Anda dapat melihat dan memperhatikan gambar-gambar berikut ini:

Warm Cool skin tone

warm-cool-skin-tone-kulit

Sementara itu, jika warna sebuah kain yang anda tempelkan ke wajah ternyata malah membuat wajah terlihat kusam, maka artinya warna tersebut tidak cocok dengan kulit anda. Ini artinya anda harus menghindari warna tersebut.

Secara awam bisa juga disimpulkan bahwa pemilihan warna rambut untuk warna kulit sawo matang lebih bagus menggunakan warna merah atau ungu. Sementara untuk kulit kuning langsat sebenarnya pas-pas saja diaplikasikan dengan warna apapun, tetapi bagi sebagian pemilik kulit kuning langsat mungkin tidak akan cocok dengan warna emas.

Beruntunglah bagi anda pemilik warna kulit putih, karena tak ada warna yang tidak cocok dengan kulit anda. Sedangkan untuk pemilik kulit gelap, akan lebih pas jika menggunakan warna-warna yang gelap juga.

Semoga tips ini bisa berguna bagi Anda dalam membantu memilih warna rambut yang pas dan sesuai dengan warna kulit Anda.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: