Informasi dan Tips – informasitips.com

Tips Menyembuhkan Trauma Patah Hati karena Cinta

informasitips.com – Siapapun pernah merasakan cinta. Begitu kompleksnya rasa yang ditimbulkan oleh cinta seringkali membuat orang berada dalam berbagai kondisi yang berubah-ubah karena cinta. Bisa sewaktu-waktu seseorang merasakan kebahagiaan karena cinta, bisa pula sewaktu-waktu keadaan yang bahagia karena cinta itu berubah menjadi suatu keadaan yang pahit, menyakitkan dan mengecewakan.

Kasmaran adalah salah satu perasaan menyenangkan yang ditimbulkan oleh berseminya cinta di dalam hati. Namun sebaliknya, patah hati adalah salah satu perasaan menyedihkan yang ditimbulkan karena kegagalan dalam proses menjalin cinta bersama pasangan. Semua orang tentu pernah merasakan kasmaran.

Bila merasakan kasmaran tentu saja segala rasa yang bersifat positif akan tumbuh berkembang di hati yang merasakannya. Bebeda bila seseorang merasakan patah hati karena cinta. Segudang kemarahan, kesedihan, kebencian, dan kekecewaan bercampur menjadi satu. Segala rasa yang ditimbulkan karena patah hati sangat berdampak buruk pada kondisi fisik dan psikis seseorang. Bila kemarahan, kesedihan, kebencian, dan kekecewaan karena patah hati dibiarkan berlarut-larut, tentu akan memberi energi negatif pada diri seseorang yang bisa menimbulkan efek traumatik jangka pendek hingga jangka panjang.

Untuk itu, bagi kamu yang tengah mengalami patah hati, sebaiknya membaca beberapa tips di bawah ini agar kamu bisa menyembuhkan diri dari trauma dan patah hati karena cinta. Tips disajikan dengan kata “DO” untuk hal-hal yang harus kamu lakukan dan “DON’T” untuk hal-hal yang harus kamu hindarkan ketika mengalami patah hati:

DO

1. Berhenti memikirkan si “Dia”!
Si “Dia” yang kini hanya berstatus sebagai mantan tidak perlu lagi kamu kenang dalam memorimu. Lupakan! Anggap dia sebagai masa lalumu. Mengingat tentangnya akan membuat luka akibat patah hati semakin dalam dan sulit “sembuh”. Lupakan bagaimana manisnya senyuman yang pernah ia berikan untukmu, lupakan cara ia menyapamu, lupakan seberapa sering ia meneleponmu, lupakan segalanya tentang Dia. Ini memang tidak terlalu mudah untuk dilakukan.

Apalagi bila Anda cukup lama menjalani hubungan percintaan dengannya. Bayangannya memang akan sulit untuk dilupakan. Namun yakinlah, bila kamu bertekad untuk melupakannya, maka kamu pasti bisa. Tips yang bisa dilakukan adalah jauhkan diri dari hal-hal yang bisa membuatmu teringat padanya. Segera alihkan pikiranmu ke hal lainnya, bila tanpa disadari kamu kembali teringat padanya. Jangan biarkan dirimu larut dan terbawa dalam memori masa lalu bersamanya.

Satu hal yang perlu diingat, upayakanlah untuk belajar melupakan Dia dengan cara-cara yang tidak merusak dan merugikan dirimu sendiri. Jauhkan hal-hal pelampiasan sesaat yang bisa merugikan dirimu, misalnya, karena frustasi patah hati, kamu justru menggunakan obat-obatan terlarang dengan tujuan untuk lari dari masalah. Atau kamu mencari seseorang untuk dijadikan sebagai pasangan hanya sebagai pelarian. Mungkin semuanya memang butuh waktu, tapi yakinlah bahwa luka itu pasti akan sembuh.

2. Ingat kekurangan mantan!
trauma-patah-hati-karena-cintaIni adalah cara yang bisa membantumu untuk melupakan mantan. Mengingat segala kekurangannya akan membuat kamu berhenti mengharapkan kebaikan-kebaikan darinya. Pikirkan bagaimana mantanmu pernah membohongimu berkali-kali, bagaimana ia pernah membentakmu, bagaimana ia pernah berkata kasar padamu, bagaimana kegemarannya yang suka berfoya-foya, atau bagaimana sikapnya yang angkuh kepada orang lain. Kekurangan-kekurangan yang kamu ingat pada mantanmu akan menyadarkan kamu masih banyak orang lain yang lebih baik untuk mendampingi Anda. Jadi berhentilah menyesali putusnya jalinan cintamu bersama pasangan!

3. Singkirkan benda-benda kenangan!
Bila melupakan sosok mantan saja tidak mampu membuatmu bangkit dari keterpurukan karena patah hati, mulailah menyingkirkan benda-benda yang bisa membangkitkan memorimu bersama mantan dulu. Singkirkan boneka pemberian mantan yang menghiasi tempat tidurmu, buang seluruh foto-fotonya atau berikan jam tangan mewah pemberiannya kepada orang lain agar kamu tidak melihat-lihat benda-benda pemberian mantan disekitarmu.

Melihat benda-benda kenangan pemberian mantan bisa membuatmu mengingat kembali pengorbanan mantan ketika memberikan benda-benda tersebut. Kamu akan diliputi rasa penyesalan karena hubungan cintamu berakhir dan itu membuat kekecewaan karena patah hati semakin menjadi-jadi.

4. Sibukkan diri dengan hal-hal bermanfaat!
Kesedihan bisa menguasai jiwa seseorang bila ia berlama-lama berada dalam kondisi kesendirian tanpa melakukan apapun. Untuk mengalihkan segala perasaan negatif yang ditimbulkan karena patah hati bisa dengan cara menyibukkan diri dengan hal-hal yang bermanfaat. Dulu mungkin saja mantan Anda tidak menyukai kegiatan tertentu yang Anda lakukan, namun kini Anda bebas melakukan apapun yang Anda sukai tanpa khawatir dilarang oleh sang mantan. Sibukkan diri dengan aktif di kegiatan sosial seperti mengunjungi panti asuhan, menjadi relawan untuk pelayanan di panti jompo, atau menjadi bagian di komunitas pencinta alam. Ingat, jangan sibukkan diri Anda dengan hal-hal yang tidak bermanfaat dan bisa merugikan diri Anda sendiri.

5. Luangkan waktu bersama keluarga dan sahabat!
Ketika bersama pasangan, tanpa disadari kamu sering melewatkan waktu bersama keluarga dan sahabat. Kamu lebih mau menghabiskan waktu bersama pasanganmu sepanjang waktu. Kini hubunganmu dengan pasangan sudah berakhir, maka sebaiknya luangkanlah waktu Anda untuk berkumpul kembali dengan keluarga dan mengunjungi sahabat-sahabatmu. Yakinlah, keluarga dan sahabat adalah orang-orang yang tidak ingin melihat kamu sedih sepanjang waktu dan selalu berusaha menyelamatkanmu dari trauma dan efek patah hati.

6. Temukan hikmah dari gagalnya hubungan percintaanmu!
Tuhan selalu menyelipkan hikmah yang bisa kita ambil dari rentetan peristiwa kehidupan yang dialami seluruh manusia. Ketika dihadapkan pada suatu kondisi kegagalan cinta, maka sebaiknya kamu segera mencari hikmah apa yang didapatkan dari peristiwa tersebut. Mungkin saja ketika kamu menjalin hubungan percintaan dengan mantan, kamu kurang memberi perhatian dan bersosialisasi pada orang-orang di sekelilingmu dikarenakan sifat mantanmu yang over protektif. Semua kejadian yang paling meyakitkan sekalipun pasti memiliki hikmah kebaikan untuk orang yang mengalaminya.

7. Belajar senyum dan buka hati kembali!
Patah hati telah membuat matamu bengkak karena menangis semalam suntuk, membuat wajahmu pucat kurang tidur karena sibuk memikirkan mantan. Tubuhmu kurus kering karena nafsu makanmu berkurang, dan aura kecantikan/ketampananmu memudar karena senyum tidak lagi menghiasi wajahmu. Mulailah berubah! Belajarlah kembali untuk tersenyum tulus. Bila kamu tersenyum tulus, maka orang-orang disekitarmu akan menyenangimu. Berikan pula kesempatan pada hatimu untuk menerima orang lain yang tentunya lebih baik dari mantanmu sebelumnya.


DON’T
1. Menghakimi diri sendiri sepanjang waktu!
Banyak orang yang ketika patah hati selalu menyalahkan dirinya sendiri. Merasa tidak lagi berguna, merasa paling bodoh sedunia, merasa paling jelek dan tidak pantas untuk dipilih dan “dakwaan-dakwaan” lain yang kamu tujukan untuk dirimu sendiri. Padahal sesungguhnya kamu lebih baik dari apa yang kamu pikirkan.

2. Mengiba-iba pada mantan!
Berhenti mengharapkan mantan kembali bila mantan telah memutuskan enggan melanjutkan hubungan kembali. Mengiba-iba pada mantan untuk mengaharapkan belas kasihannya akan membuat harga dirimu jatuh di hadapan mantan. Jika memang mantan masih mencintaimu, ia akan kembali kepadamu. Toh cinta kan tidak perlu paksaan apalagi harus menjatuhkan harga diri di depan mantan.

3. Menutup diri!
Jika kamu memilih menutup diri dari lingkungan sosial hanya karena patah hati, siap-siap saja kamu akan berada lama dalam kondisi “menguras air mata sepanjang waktu”. Kesendirian akan membuatmu merasakan kesedihan seorang diri. Tidak perlu malu kepada orang lain bila hubunganmu dan mantan kandas di tengah jalan. Toh perjalanan hidup kan tidak selalu mulus dan yakinlah bahwa bukan kamu sendiri yang pernah mengalami patah hati!

4. Balas dendam!
Aduh..patah hati karena cinta saja harus pakai balas dendam segala? Lupakanlah segera rencana balas dendammu kepada mantan! Bila kamu berhasil menemukan hikmah dari berakhirnya jalinan cintamu bersama mantan, tentu kamu akan bersyukur dengan berakhirnya hubungan ini. Tidak perlu menaruh dendam apalagi hingga menjurus pada pertumpahan darah. Itu Perbuatan konyol yang akan merugikan masa depanmu.

5. Bunuh diri!
Nah..ini yang paling banyak dilakukan orang-orang yang tengah patah hati karena cinta. Bunuh diri dengan dalih agar melupakan semua yang pernah terjadi adalah pilihan yang paling bodoh untuk dilakukan. Hanya orang-orang yang pengecut dan mudah menyerah yang akan memilih jalan pintas seperti ini. Pikirkan bahwa masih bayak orang yang menyayangimu, masih banyak hal-hal positif menantimu, dan masih banyak orang-orang yang lebih terpuruk daripada patah hati yang tengah kamu alami. Ingat, bunuh diri adalah dosa besar! Bergeraklah dan jauhi diri dari rencana bunuh diri!

Semoga bermanfaat.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *