Informasi dan Tips – informasitips.com

Tips Menurunkan Trigliserida Tinggi

informasitips.com – Level trigliserida yang tinggi akan meningkatkan risiko stroke dan juga penyakit jantung. Mendengar hal itu tentu akan membuat kita semua merasa cemas, bukan? Pada kenyataannya, angka kejadian stroke dan penyakit jantung di Indonesia terbilang cukup tinggi. Tidak heran, karena gaya hidup serta pola konsumsi makanan masyarakat Indonesia masih belum mengacu pada pola hidup sehat bebas stroke dan penyakit jantung. Sebut saja, kebiasaan tidur malam, merokok, ataupun makan makanan yang tinggi kandungan lemak jenuhnya, semuanya itu akrab dijumpai di tengah masyarakat Kita. Tak ayal, penyakit jantung dan stroke masih tercatat tinggi sebagai salah satu penyebab kematian utama di Indonesia. Nah, jika Anda mendapati angka Trigliserida Anda pada pemeriksaan darah masuk kategori tinggi, maka Anda perlu waspada dan secepat mungkin mengubah pola hidup Anda. Berikut ini beberapa tips menurunkan Trigliserida yang tinggi:

Perbaiki Asupan Makanan

  • Banyak Mengonsumsi Omega-3

    Pastinya kita sering mendengar himbauan agar tidak terlalu banyak mengonsumsi lemak jenuh dan lemak-trans, semua itu demi menjaga kesehatan, terutama kesehatan kardiovaskular. Akibat dari hal itu bleh jadi kita berasosiasi bahwa semua jenis lemak berdampak buruk bag kesehatan. Padahal, kenyataannya tidak demikian. Ada jenis lemak yang justru disarankan oleh para ahli untuk rutin dikonsumsi dalam jumlah tertentu. Lemak tersebut adalah omega-3. Tidak seperti lemak jenuh dan lemak trans, omega-3 sangat baik untuk kesehatan jantung dan juga dalam menurunkan trigliserida darah. Salah satu sumber omega-3 yang paling banyak digunakan adalah minyak ikan. Oleh karena itu, setiap orang sangat dianjurkan untuk mengonsumsi ikan guna mendapatkan lemak omega-3, tentunya jika kita tidak terlalu menyukai minyak ikan karena baunya yang tidak nyaman di hidung.

  • Makan Kacang-kacangan dan Sayuran

    Lemak Omega-3 tidak hanya dijumpai pada minyak ikan saja, namun juga pada minyak nabati yang terkandung dalam kacang-kacangan dan sayuran, seperti bayam, walnut, dan lain-lain.

  • Kurangi Asupan Tinggi Lemak Jenuh dan Lemak Trans

    Tidak hanya memperbanyak konsumsi asam lemak omega-3, namun konsumsi lemak jenuh dan lemak trans juga harus turut dikurangi. Dengan demikian, langkah penurunan trigliserida dapat dilakukan secara terpadu dan akan menjadi lebih efektif.

  • Kurangi konsumsi gula

    American Heart Association atau disingkat AHA merekomendasikan konsumsi gula maksimal 5 persen dari total asupan kalori per hari, beberapa pakar mengatakan konsumsi gula tidak boleh lebih dari 10 persen. Hal itu kira-kira setara dengan 9 sendok teh gula untuk pria dan 6 sendok teh gula untuk perempuan.

  • Perbanyak Konsumsi Serat

    Fungsi serat dalam penurunan trigliserida adalah dengan cara mengurangi jumlah kalori yang diserap oleh saluran pencernaan, sehingga kalori yang terserap bisa dipastikan terbakar seiring dengan aktivitas yang dilakukan. Mungkin langkah ini tidak secara aktif dapat mengurangi angka trigliserida dalam darah, namun dengan cara ini diharapkan kandungan trigliserida tidak bertambah, malah mungkin bisa dikurangi.

Baca juga: Makanan Trigliserida Tinggi

Perbaiki Gaya Hidup

  • Kurangi Bobot Badan

    Besarnya bobot badan akan linear dengan level trigliserida dalam tubuh seseorang. Semakin berat bobotnya, maka angka trigliserida dalam darahnya akan semakin tinggi. Dengan demikian, mengurangi bobot badan merupakan sala satu cara ampuh dalam menurunkan level trigliserida. Sebagai contoh, jika Kamu memiliki bobot badan sebesar 91 kg, maka penurunan bobot badan sebesar 5 hingga 10 kg akan menurunkan pula kadar trigliserida sebesar 20%, angka tersebut tentunya sangat berarti bagi perbaikan kualitas kesehatan seseorang.

  • Perbanyak Latihan (Olah Raga)

    Jika kandungan trigliserida tinggi, maka disarankan bagi mereka untuk memperbanyak olah raga atau latihan. 30 menit sehari melakukan latihan fisik dengan intensitas moderat secara rutin dapat menurunkan angka trigliserida di dalam tubuh. Selain itu, olah raga juga merupakan cara untuk menjaga bobot badan agar tetap pada kisaran yang diinginkan.



  • loading...
    Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: