Informasi dan Tips – informasitips.com

Tips Menjaga Rumah Agar Selalu Sehat

informasitips.com – Rumah adalah salah satu aset yang paling berharga. Oleh karena itu, adalah suatu keharusan bagi pemiliknya agar selalu bisa menjaga dan merawatnya. Tentu saja bukanlah perkara mudah untuk menjaga rumah agar selalu sehat, karena diperlukan pengetahuan yang cukup untuk melaksanakannya. Meski begitu, ada banyak tips menjaga rumah selalu sehat yang bisa anda dapatkan sehingga anda tidak akan kesulitan merawat rumah agar bisa menjadi tempat yang nyaman.

Berikut ini beberapa hal yang seharusnya dilakukan untuk merawat rumah agar selalu sehat:

  • Membersihkan rumah secara teratur

    Ini merupakan hal utama yang harus dilakukan bila anda ingin menciptakan suasana nyaman dalam sebuah rumah. Tentu saja tidak cukup hanya menyapu lantai, tapi juga mengepel dengan menggunakan pembersih lantai yang mengandung zat pembunuh kuman secara teratur.

  • Agar Rumah selalu Sehat

  • Menghisap debu dengan vacuum cleaner

    Debu ada di mana-mana, apalagi di daerah tropis seperti di Indonesia. Hal itu tentu saja akan membuat benda-benda yang ada di dalam rumah menjadi berdebu dan terlihat kotor. Sayangnya, debu sering tidak terlihat sehingga penghuni ruman tidak sadar banyak tempat yang kotor dihinggapi debu. Bila dibiarkan terus menerus, rumah tidak akan menjadi sehat, sehingga Anda perlu menghisap debu secara teratur dengan menggunakan vacuum cleaner.

  • Ventilasi yang cukup

    Rumah tanpa udara yang cukup tentu saja tidak sehat. Itulah mengapa penting sekali memikirkan kecukupan ventilasi untuk menjaga kesehatan rumah. Pastikan jendela dibuka setiap pagi agar udara segar bisa masuk ke dalam rumah. Semakin baik ventilasi suatu rumah, maka pergantian udara di alam rumah tersebut juga semakin baik. Namun, di satu sisi Anda harus lebih sering berhadapan dengan debu yang dibawa oleh udara.

  • Rawat binatang peliharaan secara teratur

    Binatang seperti kucing dan anjing sering menjadi bagian anggota keluarga. Sayangnya, hewan-hewan tersebut sering meninggalkan bulu-bulu yang bisa menjadi sumber penyakit. Meskipun demikian, dengan merawatnya secara teratur, Anda bisa menghindari segala jenis penyakit yang mungkin ditimbulkan oleh kehadiran binatang di dalam rumah. Pastikan binatang yang ada dimandikan secara teratur sehingga kebersihannya terjaga.

  • Bersihkan karpet

    Karpet tentu sudah menjadi bagian dari sebuah rumah di era moderen ini. Bila tidak dirawat dengan benar, karpet bisa menjadi sumber penyakit di dalam rumah. Karena itu, pastikan bahwa karpet dicuci secara teratur. Selain itu, karpat juga harus dijemur secara berkala untuk menghilangkan debu dan membunuh kuman.

  • Jaga kelembaban udara

    Rumah yang sehat sangat erat kaitannya dengan kelembaban. Tentu saja, yang bagus adalah rumah yang bertemperatur normal. Untuk mejaga kelembaban ideal rumah, yang perlu anda lakukan adalah memastikan agar cahaya matahari bisa masuk secara teratur, serta adanya sistem pergantian udara yang baik di dalam rumah.

  • Hindari penggunaan pembersih rumah berbahan kimia

    Dewasa ini banyak sekali pembersih rumah berbahan kimia. Kabar buruknya adalah bahan kimia yang digunakan bisa membuat rumah tidak sehat. Terkait dengan hal ini, sebaiknya gunakan pembersih yang tidak terlalu berlebihan mengandung bahan kimia.

  • Jemur kasur, bantal dan selimut secara berkala

    Rumah tentu saja tidak bisa dipisahkan dari kamar tidur. Nah, terkait dengan tempat tidur Anda perlu menjemur secara berkala kasur dan bantal dengan tujuan untuk membunuh kuman. Kamar tidur yang terjaga kebersihannya akan sangat bagus untuk kesehatan rumah dan penghuninya.

Itulah beberapa hal penting yang harus dilakukan untuk membuat rumah agar tetap sehat. Yang diperlukan agar rumah sehat yaitu merawatnya secara teratur, mulai dari membersihkan lantai sampai mengepelnya. Dan yang pasti anda juga harus menjaga udara tetap bersih yaitu dengan menyedot debu secara teratur dan membiarkan cahaya matahari masuk ke dalam rumah. Bila semua hal yang tersebut di atas dilakukan, tentu saja rumah idaman yang sehat bisa diwujudkan.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: