Informasi dan Tips – informasitips.com

Tips Menjaga Fungsi dan Kemampuan Otak

informasitips.com – Fungsi dan kemampuan otak kita akan mengalami penurunan seiring dengan bertambahnya usia. Keluhan-keluhan seperti mudah lupa, susah berkonsentrasi, dan susah mengingat sesuatu akan muncul. Itu semua akan sangat mempengaruhi performa kita dalam menjalani rutinitas sehari-hari. Keluhan-keluhan tersebut akan semakin terasa, terlebih bila selama ini kita termasuk orang yang jarang “menggunakan” otak karena lebih nyaman dan suka melakukan segala sesuatu yang serba instan, gampang, tanpa harus bersusah payah berpikir menggunakan otak.

Perkembangan otak manusia dimulai sejak masih dalam kandungan, terus tumbuh dan berkembang setelah lahir dan mencapai puncaknya pada usia 20 tahun. Setelah usia 20 tahunan, koneksi sel-sel otak mulai melemah, sehingga fungsi otak pun ikut menurun. Penurunan fungsi otak dimulai pada usia 20 tahunan, dan pada usia 45 tahunan ke atas penurunannya terjadi semakin cepat. Penurunan fungsi otak ditandai dengan munculnya gangguan konsentrasi, memori, dan kemampuan memecahkan masalah.

Penurunan fungsi dan kemampuan otak saat usia mulai menua memang wajar terjadi. Namun, bukan berarti kita lantas membiarkannya begitu saja. Kita perlu melakukan sesuatu untuk memperlambat penurunannya. Bila tidak ada usaha untuk menjaga ataupun memperlambat penurunanya, maka dapat menyebabkan terjadinya kepikunan.

Beberapa tips berikut ini dapat Anda lakukan untuk membantu menjaga fungsi dan kemampuan otak Anda, serta memperlambat penurunannya:

  • Lakukan sesuatu yang baru
    Tidak ada kata “tua” atau “terlambat” untuk mencoba sesuatu hal yang baru. Ketika Anda melakukan sesuatu yang baru, maka otak Anda akan belajar sesuatu yang baru. Belajar sesuatu yang baru berarti juga mengasah dan merangsang sel-sel otak. Salah satu contoh hal baru yang bisa Anda lakukan adalah belajar bahasa asing. Jika selama ini Anda sudah menguasai 1 atau 2 bahasa asing, cobalah juga untuk belajar bahasa asing lainnya agar fungsi dan kemampuan otak meningkat.

    Selain belajar sesuatu yang baru, cobalah juga tantang diri Anda untuk membuat sesuatu kreasi yang baru. Misalnya, membuat jenis masakan baru, membuat tulisan, lagu, aneka kreasi tangan, dan lain-lain. Jangan pernah malas mencoba belajar dan melakukan sesuatu yang baru, karena selain bermanfaat untuk mengasah kemampuan otak, hal tersebut juga dapat digunakan sebagai skill tambahan untuk Anda.

  • Olahraga teratur
    Berolahraga dengan rutin dan teratur sangat baik untuk menjaga kesehatan otak. Olahraga sebanyak 2-3 kali dalam seminggu efektif untuk memperlambat penurunan fungsi dan kemampuan otak. Olahraga sangat baik untuk memperlancar peredaran darah di seluruh tubuh. Peredaran darah yang lancar sangat bermanfaat guna memperlancar aliran oksigen dan nutrisi penting lainnya ke otak.

    cara meningkatkan memori otak

  • Jauhi stres
    Jauhi stres karena stres dapat mengganggu kesehatan otak. Sering mengalami stres akan mempercepat penurunan fungsi otak. Melakukan meditasi adalah salah satu cara untuk menurunkan resiko munculnya stres. Studi menunjukkan bahwa meditasi selama 15-30 menit setiap hari dapat memperlambat penurunan fungsi otak dan menurunkan resiko terjadinya dementia (gangguan kognitif dan daya ingat).

    Selain meditasi, Anda juga dapat menurunkan resiko munculnya stres dengan cara banyak berpikiran positif. Berbagai studi menunjukkan bahwa orang yang terbiasa berpikiran positif memiliki fungsi otak yang lebih baik dari pada mereka yang tidak. Mengapa? Karena berpikiran positif akan menurunkan resiko timbulnya stres, kecemasan, ketakutan, dan hal-hal buruk lainnya yang bisa merusak otak.

  • Lebih sering menggunakan otak
    Tingkatkan fungsi otak dengan cara lebih sering untuk menggunakannya. Caranya, coblah mengingat hal-hal kecil (detail) misalnya mengingat nomor-nomor telepon teman-teman Anda, menghitung sesuatu tanpa menggunakan alat bantu seperti kalkulator, membaca buku berbahasa asing, koran, dan lain-lain. Hindari juga terlalu banyak menonton TV, terutama acara-acara TV yang membuat Anda malas berpikir. Pilihlah tayangan TV yang lebih menuntut Anda untuk menggunakan otak dalam mencernanya.

  • Lakukan olahraga otak lewat permainan asah otak
    Tak hanya tubuh yang butuh olahraga, otak kita juga butuh olahraga agar fungsinya tetap terjaga. Bentuk olahraga otak yang bisa dilakukan adalah permainan (game) seperti teka teki silang, catur, dan lain sebagainya.

  • Cukup tidur dan istirahat
    Layaknya tubuh, otak juga memerlukan waktu untuk beristirahat agar bisa berfungsi dengan baik. Memaksakan otak untuk terus-menerus bekerja justru tidak baik karena akan semakin mempercepat proses penurunan fungsi otak. Istirahat dan tidur yang cukup, yaitu sekitar 7-8 jam per hari akan membuat otak menjadi lebih segar dan lebih cepat dalam menerima maupun mengolah informasi.

  • Hindari kebiasaan multitasking
    Kebiasaan multitasking (melakukan banyak hal dalam satu waktu tertentu) memang terkesan hebat. Namun, ternyata kebiasaan ini tidak baik untuk kesehatan otak. Sejumlah riset menunjukkan bahwa kebiasaan multitasking dapat membatasi potensi dan kreativitas otak, yang berarti pula menghambat fungsi dan kemampuan otak. Daripada multitasking, cobalah untuk menyelesaikan beberapa pekerjaan satu per satu. Kelebihan multitasking adalah pekerjaan kita akan lebih cepat selesai. Namun, menyelesaikan pekerjaan satu per satu jauh lebih baik bagi kesehatan otak.

    Untuk mengetahui lebih lanjut tentang dampak multitasking pada otak, Anda dapat membaca artikel Dampak Negatif Mulititasking

  • Banyak berinteraksi dan bersosialisasi
    Perbanyaklah untuk berinteraksi dan bersosialisasi dengan orang-orang di sekitar Anda. Selain menyenangkan, berinteraksi dengan berbagai macam orang juga dapat menstimulasi dan mengaktifkan sel-sel otak. Saat berinteraksi dengan orang lain, otak akan merekam dan merespon hal-hal yang terjadi selama proses interaksi itu berlangsung. Banyak berinteraksi dengan orang lain juga akan menjauhkan stres, dimana stres merupakan sesuatu yang buruk yang dapat merusak otak.

  • Konsumsi makanan yang baik untuk otak
    Makanlah makanan yang bagus dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak. Otak membutuhkan nutrisi dan zat gizi tertentu, seperti mineral, vitamin, dan antioksidan agar dapat menjalankan fungsinya dengan optimal. Beberapa contoh makanan yang baik untuk otak diantaranya adalah ikan, kacang-kacangan, sayur-sayuran hijau, buah-buahan, aneka protein seperti daging, ayam, telur, dan lain sebagainya. Untuk konsumsi ikan, sebaiknya tidak terlalu sering (hanya satu kali dalam satu minggu) karena beberapa jenis ikan banyak yang mengandung logam berat berbahaya, seperti merkuri, timbal, dan lain-lain yang tidak baik bagi tubuh.

    Makanlah makanan yang sehat, dan hindari makanan-makanan yang tidak sehat seperti makanan yang banyak mengandung zat kimia berbahaya dan mengandung alkohol.

—————————–

Baca juga:

Cara Meningkatkan Kemampuan Memori Otak

8 Tips Meningkatkan Konsentrasi

Dampak Multitasking Pada Wanita

Pentingnya Tidur Bagi Kemampuan Memori Otak

Inilah 5 Bahaya Stres Bagi Fisik dan Psikis



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *