Informasi dan Tips – informasitips.com

Tips Menjadi Pemimpin dalam Karier

Pemimpin dalam KarierApakah Anda pernah menonton sebuah konser music? Di sana akan Anda dapatkan keterpaduan yang apik dan solid. Setiap anggotanya cakap dalam memainkan alat music masing-masing, serta bermain dalam tempo yang sama, sehingga melahirkan suatu penampilan yang tak terlupakan. Namun, semua itu tak lepas dari peran seorang konduktor yang dapat memimpin anggotanya dengan cerdas dan berkharismatik. Sinergi komprehensif tersebut membutuhkan jiwa kepemimpinan yang sejati.

Layaknya dalam sebuah konser musik, kepemimpinan sejati dalam dunia kerja juga sangat dibutuhkan. Apakah Anda memimpin sebuah tim besar ataupun tim kecil, sinergisme antar-anggota tim dan antara anggota dengan pimpinan sangat menentukan suksesnya tugas yang dijalankan. Berikut tips yang dapat Anda lakukan sebagai seorang pemimpin agar tim yang Anda pimpin dapat meraih kesuksesan bagi bersama:

  • Jalin kedekatan perasaan yang jujur dengan anggota tim. Bangun hubungan perasaan yang sehat dan saling menghargai antar anggota tim.
  • Dalam sebuah tim, sangat penting bagi setiap anggota tim untuk merasa yakin dan percaya diri. Tugas seorang pemimpin lah untuk membangun rasa yakin dan percaya diri di diri mereka. Caranya adalah beri mereka tanggung jawab, lalu tekankan pada mereka bahwa mereka harus menyelesaikan tugas tersebut dengan satu emosi dan energy dalam meraih tujuannya.
  • Percaya pada diri sendiri, memegang teguh pada nilai kebenaran dan yakin akan kompetensi diri. Tetapi ingat, semua itu dilakukan tanpa harus menjadi pribadi yang arogan.
  • Sebagai pemimpin, Anda harus selalu menunjukkan sikap yang optimis di hadapan anggota tim. Sebaliknya, bila Anda menunjukkan sikap yang pesimis atau panic, maka secara psikologis para anggota tim akan terpengaruh secara negatif. Mereka juga akan menunjukkan sikap pesimis dan panic. Jika memang pada suatu ketika Anda merasa pesimis, sebaiknya simpan saja di dalam hati. Afirmasikan diri Anda untuk selalu optimis dan berusaha maksimal untuk menjadi sukses.
  • Pemimpin hendaknya selalu berusaha untuk membangun kepribadian yang stabil, matang, tenang, dan berjiwa besar. Jadilah diri sendiri dan pertahankan kesejatian diri Anda. Jadilah pribadi yang layak dicontoh dan diteladani.
  • Dalam keseharian, penting juga untuk bisa berbagi pengalaman antar anggota tim. Hal tersebut menjadi penting, karena dengan berbagi pengalaman antar anggota tim bisa saling lebih mengenal satu sama lain sehingga kedekatan antar mereka bisa lebih terjalin.
  • Pemimpin hendaknya bersifat terbuka dalam menerima masukan dan pandangan baru, sehingga Anda dapat dengan cepat menerima aneka perubahan baru yang dapat menyegarkan kembali suasana. Hal tersebut penting bagi dinamika di dalam tim.
  • Pada dasarnya manusia menginginkan untuk selalu dimengerti, bahkan oleh para pemimpinnya. Jadi, sebagai pemimpin, sangat penting untuk secara berkesinambungan memerhatikan kondisi psikologis dan kejiwaan anggota tim. Oleh karena itu, sebisa mungkin usahakanlah untuk selalu menjalin dialog yang intens agar Anda bisa menilai isi hati para anggota tim dan sekaligus dapat mengerti mereka. Selain itu, dengan mengetahui isi hati anggota tim, Anda dapat mengantisipasi sedini mungkin segala kemungkinan negatif yang berpotensi muncul di dalam tim.
  • Setiap anggota tim harus selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas diri, termasuk pemimpin tim seperti Anda. Jadi, sempatkanlah waktu untuk mengikuti seminar-seminar kepemimpinan sehingga kompetensi Anda sebagai pemimpin senantiasa terasah.

Semoga tips di atas dapat membantu Anda untuk bisa menjadi pemimpin yang bisa menyukseskan keberhasilan misi tim Anda. Semoga sukses!

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove © 2011


loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *