Informasi dan Tips – informasitips.com

Tips Mengurangi Nafsu Makan

Posted on by in with 0 Comments

informasitips.com – Bagi kaum hawa, memiliki tubuh langsing bak Angelina Jolie atau Jennifer Lopez adalah sebuah impian. Banyak yang menjalankan program diet demi mendapatkan tubuh seperti mereka.

Tubuh langsing dipercaya akan semakin meningkatkan rasa percaya diri wanita. Namun, di balik program diet yang dijalankan, tidak jarang terjadi kegagalan yang justru terjadi karena kesalahan dalam pengaturan porsi makan yang disebabkan oleh nafsu makan yang berlebihan. Padahal nafsu makan tersebut sebenarnya dapat kita kendalikan (kurangi) asalkan tahu caranya.

Berikut ini ada beberapa tips yang dapat dicoba untuk mengurangi nafsu makan

  1. Menurunkan nafsu makan dengan cara menjauhi tempat berjualan makanan dan gambar makanan

    Cara menurunkan nafsu makan

    sumber gambar: openrice.com

    Terkadang nafsu makan dapat bangkit hanya dengan memandang suatu jenis makanan. Misalnya saja ketika sedang berjalan-jalan di mal, tiba-tiba kita melihat ada etalase yang menjual cake dengan warna lucu yang menggoda, otomatis kita berhenti. Nafsu makan pun seketika menjadi naik sehingga terpancing keinginan untuk mencoba mencicipi.

    Etalase tersebut dapat dianalogikan seperti tempat makan transparan yang memiliki ukuran jauh lebih besar. International Journal of Obesity di Amerika melakukan penelitian pada wanita menggunakan tempat makan transparan. Hasilnya, wanita yang melihat tempat makan transparan tersebut mengalami kenaikan nafsu makan hingga 71 %.

    Selain itu, bangkitnya nafsu makan seringkali disebabkan karena melihat gambar makanan. Para wanita memang hobi mengoleksi resep masakan. Gambar hasil makanan yang disajikan terkadang sangat menarik sehingga membuat kita tertarik memakan makanan yang serupa.

    Namun tenang saja, nafsu makan yang muncul itu dapat diatasi. Caranya adalah dengan membayangkan kita sedang berhadapan dengan makanan yang kita inginkan secara langsung, ketika sedang melihat gambar kue, pejamkan mata lalu bayangkan jika makanan tersebut sedang tersaji di depan kita dan sedang kita cicipi. Ketika membuka mata nanti, nafsu makan kita akan berkurang.

  2. Tips Mengurangi Nafsu Makan

    sumber gambar: ehow.com

  3. Mengurangi nafsu makan dengan cara mengalihkan perhatian dari makanan ke aktivitas lain

    Ketika musim ujian tiba, banyak siswa yang terlalu fokus belajar sehingga lupa makan bahkan kehilangan nafsu makan. Hal itu terjadi karena mereka disibukkan oleh aktivitas lain sehingga rasa lapar mereka dapat teralihkan.

    Cara menyibukkan diri seperti itu juga dapat kita terapkan untuk menurunkan nafsu makan. Bukan hanya dengan belajar, dengan membaca buku bacaan ringan, nonton TV, atau mendengarkan musik juga dapat dilakukan untuk menurunkan nafsu makan.

  4. Memilih makanan dengan tingkat kekenyangan tinggi

    Jenis makanan dapat memengaruhi nafsu makan kita nantinya. Dengan memakan makanan yang memiliki tingkat kekenyangan tinggi, frekuensi rasa lapar akan berkurang, otomatis nafsu makan pun berkurang. Kacang-kacangan dan jeruk adalah contoh makanan yang dapat membuat rasa kenyang bertahan lama. Penelitian yang dilakukan University of California Davis pada delapan responden menunjukkan bahwa hormon yang membuat rasa kenyang dapat muncul setelah mengonsumsi kacang-kacangan. Selain itu, kacang juga mampu menstabilkan glukosa dalam tubuh. Jangan sampai kita malah memakan roti yang sebenarnya membuat kita cepat lapar.

    Keuntungan dari memilih makanan dengan tingkat kekenyangan tinggi adalah jadwal makan kita tidak akan banyak terpengaruh sehingga pola makan kita tetap teratur.

  5. Mengonsumsi buah-buahan juga dapat menurunkan nafsu makan

    Mengontrol Nafsu Makan

    sumber gambar: www.taste.com.au

    Berdasarkan penelitian yang dilakukan US Food and Drug Administration, jenis buah yang mampu menekan nafsu makan adalah pir. Penelitian ini juga menguji kandungan buah apel yang memiliki kandungan zat hampir sama seperti buah pir, yaitu sama-sama memiliki serat pektin. Serat ini berguna untuk menurunkan nafsu makan karena langsung berpengaruh pada volume gula darah dalam tubuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pir dinilai memiliki kandungan serat 4 gram yang lebih banyak dibanding apel.

  6. Nafsu makan juga dapat dikurangi dengan banyak meminum air putih

    Sampai saat ini, belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa air putih dapat membuat gemuk. Mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup sesuai kebutuhan sangat dianjurkan.

  7. Membagi porsi makan besar menjadi beberapa porsi kecil

    Jika kesulitan untuk menerapkan tips di atas, membagi porsi makan dapat menjadi alternatif dalam menurunkan nafsu makan Kamu. Misalnya kita makan 3 kali sehari, kita timbang berapa berat porsi makan kita. Selanjutnya kita amati dalam satu hari berapa kali nafsu makan sering timbul, lalu kita bagi porsi makan besar menjadi beberapa porsi kecil untuk saat-saat seperti itu.

Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

ARTIKEL TERBARU

NEWSLETTER

Mau berlangganan artikel Kami? Tulis Email Anda pada form di bawah ini.

Cek Email Anda setelahnya untuk mengaktifkan layanan newsletter. Terimakasih