Informasi dan Tips – informasitips.com

Tips Mengisi Liburan

Tips mengisi Liburaninformasitips.com – Setiap orang menginginkan liburan setelah bekerja, kuliah, atau sekolah. Namun, ketika musim liburan panjang tiba, kadang-kadang kita bingung kegiatan apa yang harus dilakukan untuk mengisi liburan. Atau kita sudah terbiasa dengan aktivitas yang itu-itu saja selama liburan dan menginginkan hal yang baru.

  1. Berlibur di luar rumah

    Liburan, untuk beberapa orang, identik dengan kegiatan di luar rumah, terutama bagi yang bekerja atau menghabiskan waktunya di dalam ruangan. Liburan di luar akan sangat menyenangkan. Liburan keluar rumah tentu saja memerlukan perencanaan yang matang sebelumnya. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti dana yang disediakan untuk liburan dan tempat untuk melaksanakan liburan. Buatlah catatan! Hal yang paling penting adalah pikirkan kemungkinan yang paling buruk dan carilah yang terbaik. Bagi Anda yang suka berpetualang ala ‘backpacker,’ motto itu akan sangat pas, dan akan lebih pas lagi kalo bisa memilih yang termurah. Namun bagi Anda yang ingin memaksimalkan dana demi kenyamanan dan kepuasan, motto di atas tidak ada salahnya, supaya nantinya tidak kecewa. Berikut adalah yang perlu diperhatikan ketika akan berlibur ke luar rumah;

    • Dana
      Seperti yang telah disebutkan di atas, penting juga untuk mempertimbangkan dana sesuai dengan kantong kita. Sangat bagus jika Anda sengaja menyediakan anggaran khusus untuk liburan, yang artinya Anda memang bersemangat untuk melakukan liburan yang menyenangkan. Harus ada pembagian uang yang logis sesuai dengan kantong kita.
    • Barang yang akan dibawa
      Tentu saja ini sangat penting untuk direncanakan jauh-jauh hari. Jangan sampai ada barang yang nantinya tertinggal atau barang-barang yang tidak diperlukan justru terbawa.
    • Transportasi
      Transportasi adalah alat untuk membawa kita ke tempat tujuan kita, jangan sampai liburan kita berantakan hanya karena masalah transportasi. Mulai dari tidak kebagian tiket hingga macet di jalan.
    • Kendaraan pribadi
      Ketika kita akan melakukan perjalanan dengan mengendarai kendaraan pribadi kita harus mempersiapkan dana untuk bahan bakar hingga dana untuk bengkel. Jika Anda lebih memilih kendaraan umum, ada baiknya juga untuk memperhitungkan hal itu sebelumnya. Sebelum keberangkatan juga perlu diperiksa kembali keadaan kendaraan, karena Anda akan melakukan perjalanan yang menyenangkan bukan?
    • Transportasi Umum
      Jika Anda melakukan perjalanan dengan kereta api atau pesawat, Anda harus pesan jauh-jauh hari sebelumnya. Perlu Anda ketahui bahwa saat ini layanan kereta api menyediakan tiket 40 hari hingga seminggu sebelum keberangkatan, bahkan untuk kereta ekonomi. Anda bisa membuka website www.kereta-api.co.id untuk mendapatkan jadwal terbaru hingga pemesanan tiket secara online. Jika Anda menggunakan jasa pesawat, sering-seringlah membuka website-website penerbangan, mulai dari www.lionair.com hingga www.garuda-indonesia.com. Mungkin saja ada diskon besar-besaran!
    • Tempat Tujuan dan Penginapan
      Untuk mengisi liburan, Anda bisa mengunjungi tempat saudara yang belum pernah Anda datangi. Selain meningkatkan tali silaturahmi juga menghilangkan kepenatan.

      Jika Anda ingin ke tempat wisata, penentuan tempat sangatlah penting. Menentukan tempat tujuan memang menyenangkan tetapi kadang membingungkan. Anda harus merencanakan secara matang tujuan Anda; mengenai jauh dekatnya, macet atau tidak untuk mencapai kesana, medannya, dan manfaatnya. Banyak informasi online yang menginformasikan tempat-tempat wisata dan layanan jasa reservasi penginapan.

    • Aktifitas Selama di Tempat Tujuan
      Internet akan memberikan banyak penawaran kegiatan di tempat yang akan Anda tuju. Beberapa jasa Tour dan Travel menawarkan paket tour untuk kelompok atau individu. Tidak ada salahnya juga jika kita melakukan kegiatan lain untuk menghilangkan penat.
    • Kuliner dan Souvenir
      Jika Anda berwisata ke tempat yang jauh, jangan lewatkan kesempatan kuliner atau membeli souvenir. Selain kegiatan wisata yang menyenangkan, berwisata kuliner dan berbelanja akan menambah kesenangan tersendiri dan bisa meninggalkan kesan tersendiri bagi liburan Anda.
  2. Mengisi Waktu Liburan di Rumah
    Liburan di rumah bisa menjadi sangta menyenangkan jika didisi dengan kegiatan bermanfaat. Liburan di rumah juga hemat karena tidak terlalu mengeluarkan biaya atau hanya mengeluarkan sedikit saja.

    • Melakukan Hobi
      Anda hobi menonton film, membaca novel atau buku, memasak, memancing atau hobi bermain futsal yang biasanya tidak sempat dilakukan waktu bekerja atau kuliah. Inilah saatnya.
    • Mencoba Hal Baru: Memasak (bagi yang tidak hobi memasak)
      Mencoba berbagai hal baru di rumah? Kenapa tidak? Banyak hal yang bisa dilakukan seperti memasak atau mencoba ketrampilan lainnya. Siapa tahu Anda menemukan bakat baru Anda seperti membuat kue misalnya? Atau ternyata masakan Ayam Semur Anda sangat enak? Bagi Anda yang terbiasa bekerja atau mahasiswa, memasak adalah hal yang tidak umum dilakukan karena menyita waktu. Nah, di liburan yang panjang ini, Anda bsia belajar memasak. Berbagai acara masak-masak di TV dapat menjadi rujukan untuk Anda dalam berkreasi di dapur. Memasak juga tidak terbatas pada perempuan, justru banyak ‘chef’ laki-laki yang terkenal. Resep bisa dicari online atau majalah. Tinggal memasak saja!
    • Bekerja paruh waktu atau magang sementara
      Bekerja paruh waku tidak identik dengan kebutuhan tambahan penghasilan, meskipun kebanyak orang bekerja paruh waktu untuk uang. Anda tipe pekerja keras dan menikmati pekerjaan? Beberapa orang menganggap bekerja itu menyenangkan sehingga bagi mereka bekerja serasa liburan. Maka ketika libur justru ingin bekerja! Hal itu sama sekali tidak ada salahnya. Ketika kesempatan untuk bekerja paruh waktu atau magang ada, tidak ada salahnya dicoba. Hal yang paling menguntungkan adalah Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan dan mencoba pengalaman bekerja yang berbeda. Bagi mahasiswa, magang adalah kegiatan yang sangat bermanfaat karena Anda akan menghadapinya nanti setelah lulus, apalagi kalau sampai Anda digaji. Pengalaman magang juga menambah poin tersendiri di CV Anda!

Selamat menikmati liburan Anda!

Copyright secured by Digiprove © 2011

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

JOIN US ON

NEWSLETTER

Mau berlangganan artikel Kami? Tulis Email Anda pada form di bawah ini.

Cek Email Anda setelahnya untuk mengaktifkannya. Terimakasih

OUR FRIEND