Informasi dan Tips – informasitips.com

Tips Menghilangkan Kejenuhan di Tempat Kerja

informasitips.com – Jenuh menjalankan rutinitas pekerjaan di kantor sehari-hari selama bertahun-tahun? Wajar. Hal tersebut bisa dialami oleh setiap orang. Meskipun begitu, kejenuhan tersebut tidak boleh dibiarkan berlarut-larut, karena akan memengaruhi produktivitas kerja Anda. Perusahaan bisa rugi, prestasi Anda pun akan merosot.

Sebaiknya, kejenuhan tersebut segera diusir dan dihilangkan agar tidak mengganggu kinerja Anda di tempat kerja. Hal apa saja yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan kejenuhan di tempat kerja? Berikut beberapa tips yang bisa Anda coba:

  1. Bersyukur, berpikir positif dan temukan motivasi
    Bersyukur adalah hal yang perlu Anda lakukan setiap saat. Bersyukurlah atas apa yang sudah Anda miliki sekarang. Bersyukur dan berpikir positiflah, jangan hanya berfokus pada sisi negatif atau kekurangan-kekurangan di tempat kerja yang membuat Anda bosan. Anda patut bersyukur karena Anda sudah memiliki karir dan pekerjaan. Sementara, di luar sana sangat banyak orang yang masih menganggur dan sibuk mencari-cari pekerjaan. Anda juga perlu mencari dan menemukan alasan yang bisa memotivasi Anda untuk tetap semangat bekerja, yaitu alasan yang membuat Anda mencintai pekerjaan Anda.

  2. Menata meja kerja
    Kejenuhan dan kebosanan di tempat kerja bisa saja muncul akibat hal-hal monoton yang setiap hari Anda temui. Untuk memunculkan suasana baru yang lebih fresh Anda bisa menata kembali meja kerja Anda dengan menaruh benda-benda yang Anda sukai, seperti foto-foto kerluarga, kata-kata penyemangat, atau hal-hal lain yang bisa menyemangati Anda.

  3. Lakukan hal-hal yang menyenangkan
    Anda bisa mengusir kejenuhan di tempat kerja dengan melakukan berbagai hal yang menyenangkan, seperti mendengarkan musik, berbincang dan berguyon sejenak dengan teman kerja atau sekedar ke luar ruangan untuk mencari pemandangan dan udara segar. Namun, hal-hal tersebut tentu tidak boleh sampai mengganggu pekerjaan Anda. Jangan sampai atasan Anda malah marah-marah karena Anda cenderung lebih banyak melakukan hal-hal yang Anda sukai daripada bekerja.

    bosan di tempat kerja

  4. Buat program untuk efektivitas pekerjaan
    Dengan membuat program untuk lebih meningkatkan efektivitas pekerjaan, tentunya Anda akan bisa menyelesaikan pekerjaan lebih cepat. Dampaknya, Anda tak hanya akan memiliki waktu lebih untuk beralih ke pekerjaan lain, tetapi Anda juga bisa meluangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang Anda sukai. Hal tersebut, sedikit demi sedikit akan menghilangkan kebosanan yang Anda rasakan.

  5. Ikut kursus tambahan
    Menambah keterampilan lewat kursus tambahan bisa juga menjadi cara ampuh untuk mengobati kejenuhan. Tak selalu harus yang sesuai dengan bidang pekerjaan Anda. Jenis kegiatan yang berbeda malah bikin fun. Selain bisa mendapat ilmu baru, kursus tambahan bisa juga memperluas pergaulan dan menambah teman-teman baru.

  6. Alih bidang
    Mungkin Anda sudah bertahun-tahun di bidang yang sama. Apa salahnya mengajukan pada bos untuk job switch (alih bidang). Tentunya, jangan asal minta pindah, tetapi ajukan alasan yang logis dan siapkan skill yang dibutuhkan untuk keahlian tersebut. Bila manajemen perusahaan tempat Anda bekerja baik, tentunya akan memahami dan mempertimbangkan keinginan Anda tersebut.

  7. Buat networking
    Daripada jenuh, cobalah untuk semakin memperluas networking, misalnya sore hari sepulang kerja, buat pertemuan dengan teman-teman lama dari berbagai bidang pekerjaan. Selain bisa saling sharing tentang pekerjaan masing-masing, Anda juga bisa menjalin networking yang baru.

  8. Berkonsultasi
    Bila Anda masih merasa jenuh juga, tak ada salahnya Anda berkonsultasi pada seseorang yang Anda rasa bisa membantu Anda. Anda bisa berkonsultasi dengan bos Anda yang sudah cukup dekat, pasangan, teman, atau seorang profesional career consultant yang memang bisa membantu masalah-masalah di bidang karir dan pekerjaan.

    Bagaimanapun karir dan kenyamanan kerja itu sangatlah penting. Dan masalah kejenuhan di tempat kerja bukanlah masalah sepele yang bisa dikesampingkan. Perlu segera diatasi agar tidak berdampak buruk bagi produktivitas dan kinerja Anda di kantor.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan kejenuhan dan kebosanan di tempat kerja. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

ARTIKEL TERBARU

NEWSLETTER

Mau berlangganan artikel Kami? Tulis Email Anda pada form di bawah ini.

Cek Email Anda setelahnya untuk mengaktifkan layanan newsletter. Terimakasih