Informasi dan Tips – informasitips.com

Tips Menghilangkan Kantung Mata (Kantung Hitam Bawah Mata)

informasitips.com – Bila Anda sering kurang tidur, maka jangan heran bila Anda menemukan adanya kantung hitam di bawah mata Anda. Kantung hitam mata atau biasa juga disebut dengan kantung mata merupakan area gelap kehitaman pada bagian bawah mata yang sering juga disebut orang dengan istilah mata panda.

Adanya kantung hitam pada mata tentu saja dapat mengganggu penampilan wajah Anda. Anda pun tentu merasa tidak nyaman bila mata Anda disamakan dengan mata panda, kan? Oleh karena itu, masalah kantung hitam pada mata (kantung mata) haruslah segera diatasi. Namun, sebelum kita mengetahui bagaimana cara mengatasi dan menghilangkan kantung mata, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa penyebab timbulnya kantung mata atau kantung hitam di bawah mata.

Berikut beberapa hal yang bisa menjadi penyebabnya:

  • Kantung mata atau lingkaran hitam pada mata bisa disebabkan karena bahan yang terkandung di dalam obat yang Anda gunakan. Mungkin obat tersebut mengandung senyawa yang dapat menimbulkan reaksi pada kulit berupa reaksi yang membuat kulit terlihat lebih gelap atau kusam.

  • Kantung mata juga bisa disebabkan karena cairan yang terperangkap di bagian bawah mata yang terjadi ketika menangis atau setelah anda bangun tidur.
  • Pola tidur yang tidak teratur atau kurang tidur juga bisa menyebabkan kantung hitam di bawah mata.
  • Hal lainnya yang juga bisa menimbulkan kantung mata adalah adanya perubahan keseimbangan cairan tubuh misalnya dehidrasi, karena perubahan cuaca, perjalanan jauh, dan hormon.
  • Kantung hitam di bawah mata juga dapat merupakan tanda terjadinya proses penuaan.
  • Kelelahan yang berlebihan.
  • Anemia.
  • Faktor genetik
  • Gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, alkohol, kafein.

Tips menghilangkan kantung mata (lingkaran hitam pada mata)

Area gelap di bawah mata memang terlihat sangat mengganggu dan merusak penampilan. Tapi, jangan khawatir, masalah kantung mata tersebut bisa diatasi. Tips penting yang perlu diperhatikan dalam mengatasi masalah kantung mata adalah hindari menggosok-gosok mata secara berlebihan karena kulit mata sangat tipis sehingga dapat mengakibatkan tergoresnya kulit di bagian sekitar mata. Lalu, bagaimana cara mengatasi dan menghilangkan kantung hitam pada mata?

1. Mengatasi kantung mata dengan make up

Adanya kantung atau lingkaran hitam pada mata tentunya sangat menggangu penampilan. Trik make up adalah salah satu cara menghilangkan kantung hitam mata dengan mudah dan cepat. Anda dapat menggunakan concealer, yaitu peralatan make up yang berguna untuk menyamarkan noda-noda pada wajah, misalnya lingkaran hitam, jerawat, bekas luka atau noda lainnya.

Untuk menyamarkan kantung mata, gunakan concealer yang berwarna dasar kuning karena warna tersebut dapat menetralisir lingkaran hitam di bawah mata. Hindari pemakaian concealer dengan warna yang terlalu cerah karena justru akan semakin memperjelas area kehitaman pada kantung mata yang seharusnya kita samarkan.

Cara menggunakannya adalah dengan terlebih dahulu memakai foundation sebagai base (dasar), lalu gunakan concealer dengan cara menyapukannya dari arah dalam ke luar. Selanjutnya bisa diratakan dengan spons dan baru menggunakan bedak.

2. Menghilangkan kantung mata dengan bahan alami

Walaupun masalah kantung mata terkadang bisa disamarkan dengan make-up, tetapi tidak selamanya make-up bisa menutupi kekurangan tersebut. Untuk kasus yang agak berat dimana make up tak mampu lagi menyamarkan lingkaran hitam di bawah mata, maka tidak ada cara lain yang bisa dilakukan selain berusaha menghilangkannya. Penggunaan bahan-bahan alami ini diyakini mampu menghilangkan kantung hitam di bawah mata. Ada beberapa bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan kantung mata, yaitu:

  • Es batu
    Anda bisa menggunakan es batu untuk menghilangkan kantung hitam mata. Caranya adalah dengan memasukkan es batu ke dalam tissue atau wash lap. Selanjutnya, tempelkan di kantung mata atau pada area gelap di bawah mata Anda selama beberapa saat.

  • Teh celup
    Jangan langsung membuang teh celup yang Anda gunakan karena teh celup juga bisa membantu menghilangkan kantung hitam mata.

    Caranya adalah dengan mencelupkan dua kantung teh pada air panas. Setelah hangat, kompres pada kantung mata anda, dan tutupi dengan kain selama 5 sampai 10 menit.

  • Mentimun
    Anda juga bisa menggunakan mentimun untuk menghilangkan kantung hitam pada mata. Hal ini karena mentimun mengandung astringent yang dapat membuat kulit terlihat lebih cerah.

    Caranya adalah dengan mengompres kedua mata dengan dua potong mentimun yang telah anda dinginkan sebelumnya di lemari es. Letakkan potongan mentimun pada mata yang tertutup hingga menutupi bagian kantung mata yang berwarna hitam.

  • Labu hijau
    Cara yang diterapkan dengan ketimun juga bisa diterapkan dengan menggunakan labu hijau. Ligkaran hitam pada sekitar mata akan berangsur hilang dengan manfaat yang diberikan labu hijau yang mampu menghaluskan dan mencerahkan kulit.

  • Kentang
    Kentang juga dapat menghilangkan masalah kantung mata. Caranya adalah dengan mengupas kentang terlebih dahulu, lalu cuci hingga bersih. Setelah itu parutlah kentang, dan bungkus parutan kentang dengan menggunakan selembar kain tipis. Kompres pada kantung mata anda.
    Atau, bisa juga dilakukan dengan cara merendam bola-bola kapas di parutan kentang tadi. Lalu letakkan bola-bola kapas tersebut pada kedua mata yang tertutup. Pastikan seluruh lingkaran kantung mata tertutup oleh bola-bola kapas yang telah direndam dalam parutan kentang tadi. Diamkan selama kurang lebih 10 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

  • Tomat
    Bahan alami lainnya yang juga bisa digunakan untuk menghilangkan kantung hitam pada mata adalah tomat. Tomat bisa kamu gunakan sebagai obat dalam dan luar untuk mengatasi kantung mata.

    Caranya, campurkan tomat dan air jeruk nipis untuk dioleskaan pada lingkaran hitam mata 2 kali sehari dan untuk memaksimalkan hasilnya, Anda bisa meminum satu gelas jus tomat dicampur daun mint sebanyak dua kali sehari.

  • Almond
    Buatlah pasta dari almond dicampur dengan susu. Gunakan dengan cara dioleskan pada area hitam di sekitar mata dan diamkan selama 10 hingga 15 menit. Jika dilakukan secara teratur, cara ini dapat membantu mencerahkan warna kulit di sekitar mata Anda.

  • Lemon
    Jus lemon dengan campuran sedikit garam juga berfungsi menghilangkan kantung pada mata.

  • Nanas
    Nanas dengan sedikit kunyit dioleskan secara teratur pada sekitar mata akan membersihkan noda hitam yang ada.

  • Strawberi
    Tak hanya enak dimakan, strawberi pun dapat digunakan untuk menghilangkan kantung mata. Pilihlah strawberi yang agak besar, setelah itu potong strawberi menjadi dua bagian dan kompreskan pada mata anda.

3. Menghilangkan kantung mata dengan krim mata

Anda sebenarnya juga dapat menggunakan krim mata yang mengandung vitamin C, A, dan E. Penggunaan krim khusus untuk menghilangkan kantung hitam pada mata dapat memberikan hasil yang lebih maksimal dan permanen. Oleskan krim secara teratur pada malam hari sebelum tidur.

Anda sebaiknya langsung ke dokter kulit jika masalah kantung mata anda cukup serius. Karena mungkin saja penyebab kantung mata anda karena masalah alergi atau masalah hormonal.

Tips Mencegah Timbunya Kantung Mata

Jika anda telah berhasil menghilangkan kantung mata Anda tentu anda tidak ingin kantung mata anda kembali lagi, bukan? Nah berikut adalah beberapa tips untuk mencegah timbulnya kantung mata:

  • Perbanyak minum air putih
    Salah satu penyebab dari timbulnya kantung mata adalah karena perubahan keseimbangan cairan tubuh atau tubuh kekurangan cairan (dehidrasi). Jadi, mulai sekarang perbanyaklah minum air putih karena air putih juga dapat meremajakan kulit anda.

  • Mengatur Pola Tidur
    Anda harus memiliki jam tidur yang teratur. Setidaknya anda harus mengistirahatkan tubuh anda minimal 7 jam per hari.

  • Tetap menggunakan masker mata
    Yang dimaksud dengan masker mata adalah salah satu bahan alami yang kita gunakan untuk membantu menghilangkan kantung mata, contohnya salah satu maker atau bahan yang telah disebutkan di atas. Jika untuk menghilangkan kantung mata anda dapat menggunakannya hampir setiap hari, sementara untuk pencegahan, gunakanlah setiap dua – tiga kali seminggu.

Itulah beberapa tips dan cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kantung mata. Semoga bermanfaat.



loading...
Bagikan artikel:

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: