Informasi dan Tips – informasitips.com

Tips Menghadapi Pasangan yang Suka Mengatur

informasitips.com – Memiliki pasangan yang suka mengatur memang menimbulkan dilema tersendiri. Di satu sisi hal tersebut bisa dikatakan sebagai bentuk kasih sayang, tapi di sisi lain juga bisa membuat risih. Seseorang yang suka mengatur merupakan sutradara dalam kehidupannya, dia akan menuntut pasangannya untuk menjadi seperti yang diharapkannya. Jika tidak, maka dianggap sebagai suatu kesalahan. Semakin banyak waktu dan tenaga yang ia curahkan untuk mengatur pasangannya, maka dia merasa bahwa telah menunjukkan cintanya meskipun pasangannya tidak senang dengan apa yang telah dilakukannya. Kamu harus begini, Kamu harus begitu, tidak boleh begini, tidak boleh begitu dan lain-lain. Bukankah hal ini justru terlihat kekanak-kanakkan dan berlebihan? Lalu, apa yang harus dilakukan dalam menghadapi pasangan yang suka mengatur?

  1. Jalin Komunikasi yang Baik
    Salah satu kunci sukses dalam menjalin sebuah hubungan adalah komunikasi yang baik. Jelaskan pada pasanganmu bahwa perhatian dan mengatur itu berbeda. Bagaimanapun Kamu memerlukan ruang privasi. Tidak semua kehidupan Kamu dikendalikan olehnya. Tetap ada batasan tertentu dalam hidupmu yang boleh diatur oleh pasanganmu dan oleh dirimu sendiri. Melalui komunikasi yang baik, setidaknya dapat menghindari kesalahpahaman.

    Pasangan Suka Mengatur

  2. Kuasai Keadaan dan Tetap Tenang
    Biasanya orang yang suka mengatur merasa dirinya paling benar. Dia menganggap apa yang dilakukannya adalah benar. Apabila Kamu mengingatkan, ada kemungkinan dia tidak bisa terima. Jika demikian, mungkin saja keadaan ini dapat menyulut emosimu. Cobalah bersikap tenang. Jelaskan bahwa sikap mengaturnya membuatmu tidak nyaman dan bisa merusak hubungan. Jelaskan saja sebab akibat tindakan yang telah ia lakukan.

  3. Harus Ekstra Sabar
    Selalu ada ketidaknyamanan dan ketidakpuasan bagi mereka yang suka mengatur, karena ia selalu menuntut kesempurnaan baik dari dalam dirinya maupun dari pasangannya. Tentu saja diperlukan kesabaran ekstra dalam menghadapi pasangan seperti ini. Hal ini tidak lain untuk tetap menjaga jalinan hubungan.

  4. Tanamkan Saling Percaya Satu Sama Lain
    Cobalah untuk selalu percaya pada pasanganmu. Apapun yang dilakukannya tidak perlu dicurigai atau dicemburui. Jika Kamu bisa melakukan hal tersebut, maka jelaskan pada pasanganmu untuk selalu percaya juga terhadap Kamu. Kamu percaya dengan apa yang dilakukannya begitupun sebaliknya. Apalah arti sebuah hubungan apabila tidak dilandasi dengan sebuah kepercayaan.

  5. Selalu Mengingatkan
    Pada dasarnya semua orang merupakan makhluk yang merdeka bukan? Kita bisa bebas memilih, menentukan, dan mengatur sendiri kehidupan kita. Hal inilah yang harus Kamu ingatkan pada pasanganmu. Sepertinya sangat berat berjuang sendirian dalam mengubah sifat suka mengatur pasanganmu. Oleh karena itu, salah satu cara mudah yang bisa kamu lakukan adalah cobalah untuk selalu mengingatkannya. Dalam hal ini memang dibutuhkan kerjasama yang baik antara Kamu dan pasanganmu.

  6. Pantau Perkembangannya
    Setelah sekian kali diingatkan, teruslah pantau bagaimana perkembangan pasanganmu. Apakah dia masih suka menyuruhmu harus begini, harus begitu, tidak boleh begini, dan tidak boleh begitu? Jika tidak ada perubahan sama sekali, mulailah untuk memikirkan kelanjutan hubungan kalian. Apakah masih bisa dipertahankan atau tidak? Karena tentu saja keadaan ini sangat melelahkan dan cukup menyita waktu Kamu. Sadarilah bahwa hidupmu sangatlah penting. Jika situasi sudah tidak bisa tertahankan, jangan menyiksa diri. Ambil keputusan yang terbaik secara tegas.

Dalam menjalin sebuah hubungan memang banyak tantangan yang harus dihadapi. Setiap permasalahan tidak bisa diselesaikan sendiri-sendiri. Harus ada kerjasama yang baik antara Kamu dengan pasanganmu. Memiliki tujuan yang baik dengan cara mengatur seseorang memang tidak ada salahnya. Namun, tidak semua orang bisa mengikuti cara dan aturan yang kita tetapkan. Jadi, cobalah untuk memberikan sedikit kebebasan terhadap pasanganmu dalam menjalani kehidupannya. Dan bagi Kamu yang memiliki pasangan yang masih suka mengatur, tips di atas memang tidak mutlak tapi setidaknya bisa sedikit membantu Kamu dalam menghadapi pasanganmu. Semoga bermanfaat.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: