Informasi dan Tips – informasitips.com

Tips Menggemukkan Badan

Posted on by in , , with 0 Comments

informasitips.com – Bentuk tubuh ideal menjadi idaman setiap orang. Tubuh ideal salah satunya ditandai dengan berat badan yang berada pada batasan nilai normal. Sebelum membaca artikel ini lebih jauh hitung dulu berat badan anda mengunakan rumus berikut ini:

Rumus Berat Badan Ideal = (Tinggi Badan – 100) X 90%

Contohnya : Jika Anda mempunyai tinggai badan 150 cm, maka berat badan ideal Anda adalah (150 – 100) X 90% = 45 kg.


Rumus Indeks Massa Tubuh (IMT):
IMT = Berat Badan (kg)/(Tinggi Badan (cm)/100)2

Contoh :
BB = 50 kg, TB = 160 cm
IMT = 50/(160/100)2 = 50/2,56 = 19,53



Klasifikasi nilai IMT :
(Sumber:Departemen Kesehatan RI)

IMT Status GiziKategori
< 17.0KurangSangat Kurus
17.0 - 18.5KurangKurus
18.5 - 25.0BaikNormal
25.0 - 27.0Lebih Gemuk
> 27.0LebihSangat gemuk



Jika BB/IMT anda berada pada zona kurus dan anda berniat membuat tubuh anda sedikit lebih gemuk, cobalah beberapa tips menggemukkan badan berikut ini:

  1. Makanlah sesering mungkin dengan porsi kecil. Susun menu makanan yang bervariatif agar tidak cepat bosan. Jika perut anda masih memiliki cukup ruang untuk menampung makanan, makanlah beberapa cemilan atau snack. Hindari makan makanan dari kelompok junk food. Junk food akan membuat tubuh anda gemuk tapi gemuk yang tidak sehat.
  2. Konsumsi buah dan sayuran, terutama yang banyak mengandung vitamin B. Vitamin B membantu mencerna zat-zat nutrisi yang anda makan.
  3. Minum susu 3 kali sehari, pagi, sore, malam. Pilih jenis susu full cream.
  4. Olahraga wajib bagi anda yang ingin gemuk tapi tidak boleh lebih dari satu jam. Waktu olah raga yang terlalu
    lama bagi si kurus akan semakin menghabiskan cadangan energi. Olah raga memiliki fungsi yang berbeda bagi orang yang bertubuh gemuk dan kurus. Pada orang gemuk olah raga membantu memecahkan kelebihan lemak. Sedangkan pada orang kurus olah raga membantu memaksimalkan penyerapan zat-zat makanan oleh sel-sel tubuh. Segera konsumsi makanan tinggi karbohidrat dan tinggi protein (TKTP) setelah olah raga, hal ini bertujuan mengantikan glycogen/zat gula dalam otot yang hilang selama latihan.
  5. Bagi anda yang sudah cukup umur dan sudah memiliki pasangan yang pas di hati, segera akhiri masa lajang anda. Kompas.com melansir orang yang sudah menikah cenderung lebih gemuk. Aktivitas pengantin baru selain yang “satu itu” tak pernah lepas dari makan bersama dan mencoba menu baru. Istri akan mencoba beberapa resep baru dan untuk memenuhi selera pasangan dan biasanya pasangan akan menghabiskan menu makanan yang disediakan demi menghargai hasil jerih payahnya. Selain itu kebahagian bersama pasangan disinyalir meningkatkan nafsu makan.
  6. Berhenti merokok dan minum minuman keras jika sampai saat ini anda masih menjadi pecandu tembakau dan alkholicms. Kandungan nikotin pada rokok menurunkan daya rangsang seseorang terhadap rasa lapar, sedangkan zat alkohol yang masuk kedalam lambung, beredar dalam darah dan diserap oleh seluruh jaringan tubuh. Kondisi ini menyebabkan kerusakan organ-organ tubuh. Alkohol juga memiliki efek melepaskan histamin, yang dapat menyebabkan kerusakan lambung.
  7. Berbahagialah, syukuri keadaan anda dan apa yang anda miliki. Kondisi pikiran yang tidak tenang atau stres menurunkan gairah hidup, termasuk gairah untuk makan.

Semoga berhasil :-)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

TEMUKAN KAMI DI:

NEWSLETTER

Mau berlangganan artikel Kami? Tulis Email Anda pada form di bawah ini.

Cek Email Anda setelahnya untuk mengaktifkan layanan newsletter. Terimakasih