Informasi dan Tips – informasitips.com

Tips Mengatasi Rambut Kering

informasitips.com – Siapapun setuju bahwa rambut adalah mahkota wanita. Rambut yang indah tentu akan menambah pesona kecantikan. Tapi bagaimana bila rambut terasa kering dan kaku? Pasti terasa sangat menyebalkan, bukan?

Penyebab Rambut Kering

Rambut kering adalah salah satu cikal bakal rambut rusak. Rambut yang rusak akan dimulai dengan tanda-tanda berkurangnya kelembaban rambut di batang rambut maupun di kulit kepala sehingga rambut menjadi kering, patah, dan lambat laun akan bercabang pada ujungnya. Adapaun penyebab rambut kering adalah:

  • Terlalu sering terkena paparan sinar matahari secara langsung
  • Penggunaan hair dryer yang terlalu sering dan lama
  • Menyisir rambut dengan sisir yang tidak tepat dan cara yang tidak tepat pula.
  • Penataan rambut yang menggunakan banyak zat kimia dan listrik seperti pengeritingan, rebonding, dan blow.
  • Pewarnaan rambut yang tidak sesuai dengan aturan pemakaian
  • Menderita penyakit tertentu yang membuat kulit kering sehingga rambut ikut menjadi kering, seperti typus, diare berat, kanker, dll.
  • Proses penyembuhan yang melibatkan proses kimia pada tubuh seperti pengonsumsian antibiotik tertentu dalam jangka waktu yang panjang serta kemoterapi.

Cara Mengatasi Rambut Kering

Lalu apa yang harus dilakukan untuk mengatasi rambut kering? Kami menyajikan tips mengatasi rambut kering seperti berikut ini:

Tips Mengatasi Rambut Kering

Hentikan Sejenak Penataan Rambut Menggunakan Bahan Kimia

Rambut yang terlalu sering mendapat perlakuan menggunakan zat kimia lama-kelamaan akan menjadi kering dan rusak. Hairspray, wax, catok, pengeritingan, pelurusan, blow menjadi ancaman yang mengerikan untuk rambut bila terlalu sering dilakukan. Jika rambut terasa kering, mengembang, sulit diatur dan mulai memerah/menguning, hentikan dulu penataan rambut dalam beberapa bulan ke depan. Biarkan terlebih dahulu rambut “beristirahat” dari sentuhan zat-zat kimia.

Hindari Keramas Setiap Hari

Pakar kesehatan rambut menyarankan keramas hanya boleh dilakukan 3 kali dalam seminggu bagi pemilik rambut kering. Keramas yang terlalu sering justru akan mengurangi kelembaban alami rambut. Kandungan sulfat menjadi salah satu penyebab permukaan kutikula terangkat sehingga rambut mudah kehilangan nutrisi. Namun beda halnya dengan pemilik rambut berminyak. Pemilik rambut dan kulit kepala berminyak justru dianjurkan untuk keramas setiap hari untuk mengurangi kadar minyaknya.

Hindari Penggunaan Air Hangat Untuk Membilas Rambut

Penggunaan air hangat saat keramas memang membuat kepala terasa lebih rileks. Tapi kenyataan yang tidak kita ketahui adalah air hangat akan membuat batang rambut menjadi kering sementara kulit rambut menjadi berminyak. Pada akhirnya kombinasi kulit kepala berminyak dan batang rambut yang kering akan semakin sulit dalam perawatannya.

Gunakan Kondisioner

Banyak yang mengabaikan penggunaan kondisioner saat keramas. Ada pula yang lebih memilih kondisioner two in one yang sudah tergabung dalam shampoo. Padahal kondisioner akan membantu memberi kelembaban di batang rambut. Sebaiknya pilihlah kondisioner yang terpisah dari kandungan shampoo. Meskipun aktivitas keramas Anda terasa lebih lama, tapi hasilnya akan lebih maksimal untuk mengatasi rambut kering ketimbang menggunakan kondisioner two in one atau tidak menggunakannya sama sekali.

Jangan Terlalu Sering Menggaruk-Garuk Kepala

Ya, rambut kering selalu diiringi rasa gatal di kulit kepala, sehingga tanpa sadar kita kerap menggaruk-garuk kulit kepala. Jangan lakukan itu terlalu sering! Tanpa kita sadari, saat kita menggaruk-garuk kulit kepala, kelembaban alami yang ada di kulit kepala akan terkikis oleh kuku kita sendiri. Padahal, kelembaban alami itulah yang dibutuhkan rambut Anda tidak kering. Saran kami, jika rasa gatal di kulit kepala tidak tertahankan, cukup gesekkan telapak tangan Anda pada kulit kepala untuk mengurangi rasa gatal tanpa perlu menggaruknya.

Hindari Penggunaan Sisir Bergigi Rapat

Sisir juga memberi pengaruh untuk kelembaban rambut Anda. Sisir bergigi rapat akan membuat rambut pecah-pecah dan menjadi kering. Sebaiknya pilihlah sisir bergigi jarang untuk menyisir rambut. Dan, tetap hindari menyisir rambut terlalu sering. Bila rambut tidak terlalu kusut, sisirlah rambut menggunakan jari-jemari Anda saja.

Biarkan Rambut Tergerai Saat Tidur

Banyak wanita berambut panjang yang memilih mengikat rambutnya saat tidur. Mungkin tujuannya agar rambut tidak kusut. Bila tidak ingin rambut menjadi kering, hentikan kebiasaan ini! Mengikat rambut saat tidur justru menyiksa rambut Anda. Pengikatan rambut akan membuat rambut sulit “bernafas” sehingga kemudian rambut akan menjadi kering, mudah patah, bahkan rontok.

Memotong Ujung Rambut Dua Bulan Sekali

Biasakan untuk memotong ujung rambut tiap dua bulan sekali. Rambut yang semakin panjang, akan menyulitkan kulit menghantarkan zat-zat yang diperlukan batang rambut hingga ke ujung rambut sehingga ujung rambut menjadi kering. Bila dibiarkan, ujung rambut yang kering akan bercabang dan kemudian merambat hingga ke seluruh bagian batang rambut.

Perhatikan Asupan Gizi

Bagaimanapun Anda merawat rambut, bila asupan gizi Anda tidak terperhatikan, maka akan berpengaruh pada kesehatan rambut. Gizi yang tercukupi akan membuat rambut ikut menjadi sehat, lembab alami, dan mudah diatur. Rutinlah mengonsumsi makanan kaya protein dan asam lemak yang dapat membantu memelihara kesehatan rambut, seperti kacang-kacangan dan biji-bijian.

Perbanyak Minum Air Putih

Selain berperan untuk menjaga kestabilan kelembaban kulit tubuh, air putih juga berperan dalam menjaga kelembaban rambut. Jadi biasakanlah minum air putih yang cukup dan juga jus/juice buah-buahan tiap hari, itu mampu memberi kesegaran kepada rambut

Gunakan Pelindung Kepala

Saat matahari tengah terik-teriknya, sebaiknya gunakan pelindung seperti topi atau payung saat berpergian. Bila tidak, gunakan sunblock yang memang khusus untuk rambut.

Gunakan Masker Alami

Masker alami adalah masker untuk rambut yang digunakan dari bahan-bahan alami tanpa melalui proses kimiawi. Contohnya campuran santan kental dan daging buah alpukat yang sudah dihaluskan (perbandingan 1:1) atau campuran kuning telur dan madu. Bila ingin menambahkan aroma bisa dicampurkan pula dengan beberapa tetes minyak zaitun. Lalu oleskan bahan-bahan alami tersebut di batang rambut, biarkan beberapa saat, lalu bilas. Bila dilakukan rutin, masker alami ini bisa mengatasi rambut kering dan rusak.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi rambut kering. Semoga bisa membantu mengembalikan kelembaban dan kemilau alami rambut Anda. Selamat mencoba.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: