Informasi dan Tips – informasitips.com

Tips Mengatasi Rambut Bercabang

informasitips.com – Memiliki rambut indah adalah idaman setiap wanita. Tapi pada kenyataannya, banyak wanita yang memiliki masalah rambut bercabang. Rambut bercabang menggambarkan rambut yang rusak, kering, dan kurang nutrisi. Rambut yang rusak dan bercabang dapat disebabkan karena perlakuan kimiawi yang kita berikan pada rambut, seperti mengeringkan rambut dengan Hair Drying (pengeringan rambut), Re-bonding (pelurusan rambut), Curly (pengeritingan rambut), atau Colouring (pewarnaan rambut) yang akan menghilangkan kelembaban alami pada rambut, sehingga membuat rambut menjadi kering dan bercabang.

Rambut yang bercabang juga dapat disebabkan oleh kurangnya asupan nutrisi. Kalau rambut kita sudah bercabang, rasanya sirna sudah harapan kita untuk memiliki rambut yang indah dan sehat. Nah, bagaimana mengatasi rambut yang sudah terlanjur bercabang, yuk kita simak, beberapa tips berikut:

  1. Pemilihan shampoo
    Dalam proses mengembalikan kesehatan rambut, diperlukan ketelatenan dan kedisiplinan. Seperti dalam hal mencuci rambut, kita harus rajin mencuci rambut 2 – 3 hari sekali. Dan yang paling penting, pilihlah shampoo yang dibuat khusus untuk rambut rusak, karena mengandung bahan-bahan yang dibutuhkan untuk mengembalikan kelembaban rambut kita.

    Lakukan pijatan-pijatan ringan saat mencuci rambut. Pijatan tersebut berfungsi untuk merangsang penyebaran minyak alami pada rambut, serta melancarkan peredaran darah di kepala.

  2. Penggunaan conditioner dan vitamin rambut
    Tips Mengatasi rambut bercabangKalau dalam keadaan rambut yang sehat, conditioner dibutuhkan untuk membuat rambut lebih halus. Sementara untuk rambut rusak, conditioner akan membantu mengembalikan kelembaban rambut, sehingga rambut akan kembali sehat dan tidak rapuh.

    Gunakan conditioner setiap 3 hari sekali, atau setiap habis keramas, untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Untuk sentuhan akhir, usapkan vitamin rambut khusus untuk rambut rusak pada ujung rambut kamu yang kering setelah keramas.

  3. Penyisiran rambut
    Menyisir rambut bukan hanya berfungsi untuk merapikan rambut saja, tapi juga dapat membantu penyebaran minyak alami rambut hingga ke ujung rambutmu, sehingga rambut akan lembab hingga ke ujung dan tidak bercabang. Karena itulah pemilihan sisir yang kita gunakan sangat penting. Pilihlah sisir yang baik dan jangan pernah menyisir rambut dengan sisir yang sudah “ompong” alias gigi-giginya sudah tidak rata/utuh. Sisir yang memiliki bantalan di ujungnya akan lebih membantu merangsang penyebaran minyak alami rambut.

  4. Memotong rambut secara rutin (trim rambut)
    Memotong rambut (khususnya di bagian ujung-ujungnya) secara rutin baik untuk menghilangkan rambut-rambut yang bercabang. Cara ini memang tidak begitu disukai orang, apalagi yang sedang ingin memanjangkan rambut. Namun, cara ini memang disarankan oleh para pakar rambut. Rambut yang sudah rusak dan bercabang, jika dibiarkan akan semakin panjang kerusakannya, dan kalau sudah begitu, rambut kita tidak bisa tumbuh panjang secara dengan baik dan indah. Karena itulah dibutuhkan pemotongan (trim) rambut secara rutin setiap 3 bulan sekali di salon. Untuk tetap menjaga panjang rambut, cukup kurangi ujung-ujung rambut yang sudah bercabang dengan model layer. Selain itu, kamu juga bisa menggunting sendiri ujung rambut yang kamu lihat bercabang.

  5. Perawatan Hair Spa
    Perawatan rambut sangat diperlukan untuk membantu memulihkan kondisi rambut kamu yang rusak. Untuk kasus ini, perawatan yang disarankan adalah perawatan Hair Spa yang memiliki kandungan yang sangat baik untuk memulihkan kondisi rambut yang kering dan bercabang. Selain itu, pijatan yang dilakukan saat hair spa sangat bagus untuk merangsang produksi minyak alami rambut dan menyebarkannya hingga ke ujung rambut. Perawatan Hair Spa sebaiknya dilakukan secara rutin 1 bulan sekali. Dengan perawatan rutin, rambutmu dapat kembali sehat.

Itu dia beberapa tips untuk mengatasi rambut yang rusak dan bercabang. Semoga bermanfaat ya.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

One thought on “Tips Mengatasi Rambut Bercabang

  1. baju senam kuning

    hmm banyak juga ya faktornya, tapi kalau untuk saya sepertinya karna faktor sisir nih, suka ganti2 sisir dan blm tau sisir yang bagus tuh yang gimana, tp untungnya sih ga pernah pakai sisir yang ompong hehe

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *