Informasi dan Tips – informasitips.com

Tips Mengatasi Nyeri Haid

informasitips.com – Setiap bulannya pasti sebagian dari Ladies merasakan sakitnya nyeri haid. Nyeri haid yang Kamu rasakan tentunya sangat mengganggu rutinitas Kamu. Nah sebelum kita mengetahui bagaimana cara mengatasinya ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa sebenarnya penyebab dari nyeri haid.

Nyeri haid sebenarnya disebabkan oleh adanya kontraksi rahim. Pada saat itu dinding rahim mengalami pelepasan karena meningkatnya prostaglandin. Selain itu nyeri haid juga bisa disebabkan oleh rasa cemas yang berlebih dan faktor psikis, serta faktor hormonal. Tidak heran bila Kamu akan merasakan pergantian mood secara tiba-tiba, terkadang merasa sangat bahagia atau justru malah sebaliknya.

Sebenarnya ada dua jenis nyeri haid yang biasa dialami wanita. Yang pertama adalah nyeri haid primer yang biasa dirasakan di perut bagian bawah. Hal itu bukan karena adanya kelainan pada sistem reproduksi, namun memang suatu hal yang wajar terjadi. Sedangkan jenis yang kedua adalah nyeri haid sekunder. Nah nyeri haid ini disebabkan adanya kelainan pada organ reproduksi. Misalnya saja ada kista, miom, atau tumor pada dinding rahim. Untuk jenis sekunder ini perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut agar mendapatkan pengobatan yang tepat.

Mengatasi Nyeri Haid

sumber gambar: thepaincentre.co.nz

Nyeri haid juga bisa disebabkan karena meningkatnya hormon progesteron yang dihasilkan oleh jaringan ikat kelenjar indung telur. Hormon tersebut menyebabkan terjadinya kontraksi mulut rahim sehingga mulut rahim menjadi sempit. Nah kontraksi itulah yang menyebabkan nyeri pada perut Kamu.

Setelah mengetahui penyebabnya sekarang kita akan mengulas bagaimana caranya untuk mengatasi nyeri haid. Cara yang pertama adalah dengan berolahraga secara teratur. Cara ini sangat ampuh untuk mengurangi rasa nyeri yang timbul ketika Kamu sedang haid. Hal tersebut disebabkan karena ketika berolahraga, otot-otot akan menjadi lebih lentur sehingga jika mengalami kontraksi nyeri haid Kamu tidak akan merasakan sakit yang luar biasa. Sebaiknya Kamu berolahraga secara teratur sebelum memasuki masa haid. Ketika haid pun Kamu tetap boleh berolahraga asal bukan olahraga yang berat.

Cara yang kedua adalah dengan cara menjaga asupan tubuh dengan vitamin dan kalsium. Sangat disarankan juga untuk mengkonsumsi suplemen penambah darah agar nantinya Ladies tidak lemas dan sakit ketika sedang mengalami haid.

Jika nyeri haid terasa sangat sakit dan menyiksa cobalah beberapa cara berikut untuk mengurangi rasa sakit yang berlebihan:

  • Mengompres bagian yang sakit dengan botol yang berisi air hangat.
  • Mengusap secara perlahan bagian perut dan pinggang dengan minyak kayu putih.
  • Ambil posisi menungging sehingga rahim menggantung, posisi ini bisa membuat Kamu lebih rileks.
  • Mandi air hangat yang bisa ditambah dengan minyak aroma terapi agar nantinya Kamu bisa lebih santai.
  • Kamu juga boleh melakukan pijatan lembut pada bagian yang nyeri. Jangan terlalu keras karena nanti justru Kamu malah merasa lebih sakit.
  • Jika Kamu memilih untuk mengkonsumsi obat, pilihlah obat yang memang disarankan oleh dokter Kamu. Jangan asal mengkonsumsi obat karena dikhawatirkan malah akan menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan.

Nah Ladies itulah beberapa cara yang bisa Ladies lakukan jika mengalami nyeri haid. Jika Ladies tetap merasa sakit yang luar biasa ketika haid, ada baiknya Ladies mengkonsultasikan hal tersebut lebih lanjut ke dokter kandungan. So Ladies, ingatlah selalu untuk berolahraga dan makan makanan yang sehat agar Kamu tidak sampai mengalami nyeri haid yang menyakitkan.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *