Informasi dan Tips – informasitips.com

Tips Mengatasi Ketombe Agar Tetap Pede

informasitips.com – Kamu pasti tidak ingin bersinggungan dengan yang namanya ketombe. Namun apa yang bisa kamu lakukan jika memiliki masalah rambut yang satu ini? Mencoba berbagai jenis shampoo yang diiklankan di televisi malah justru akan memperburuk kondisi rambut Anda. Nah, sebelum kita mengetahui cara-cara alami yang bisa membantu Anda menyelesaikan masalah yang satu ini. Yuuk, kita ketahui dulu penyebab ketombe dan apa sebenarnya ketombe itu.

Sebenarnya ketombe bukanlah organisme parasit seperti kutu rambut. Ketombe hanyalah pengumpulan sel kulit mati yang berlebihan. Munculnya ketombe ini biasanya juga disertai iritasi dan kemerahan. Inilah yang cukup mengganggu Anda jika ketombe telah disertai adanya iritasi. Namun sebenarnya ada beberapa jenis ketombe yang berasal dari jamur. Nah jenis inilah yang menyebabkan rasa gatal pada kulit kepala Anda.

Berikut ini adalah beberapa kondisi yang bisa menyebabkan rambut Anda menjadi berketombe:

  • Kulit berminyak
    Walaupun ada anggapan bahwa ketombe muncul akibat keringnya kulit kepala, ternyata kulit kepala berminyak pun bisa menjadi pemicu munculnya ketombe. Lapisan minyak yang berlebihan pada kepala dapat mengering, menebal dan akhirnya nanti akan berubah bentuk menjadi serpihan ketombe.
  • Tips Mengatasi Ketombe

  • Keringat
    Bagi Anda yang suka berolahraga, perlu diingat bahwa keringat juga bisa menjadi pemicu timbulnya ketombe. Nah jika Anda jarang mengeramas rambut Anda, kotoran dan keringat yang menumpuk bisa menjadi penyebab munculnya ketombe.
  • Jamur
    Beberapa dari jenis ketombe merupakan jamur yang tumbuh pada kulit kepala Anda. Nah jenis inilah yang biasanya menyebabkan rasa gatal luar biasa pada rambut Anda.
  • Faktor lain
    Faktor lain seperti pembilasan rambut yang kurang bersih, cuaca, pemakaian sampo yang tidak sesuai, stress, faktor hormon, penggunaan semprotan rambut, jarang mencuci rambut bisa menjadi penyebab rambut Anda berketombe.

Nah setelah mengetahui penyebabnya, berikut ini adalah beberapa cara alami yang bisa Anda coba untuk mengatasi masalah rambut yang satu ini:

  • Cuka Putih
    Cuka putih adalah obat yang cukup mujarab untuk menghilangkan ketombe karena bersifat asam. Caranya cukup mencampurkan secangkir cuka putih dengan secangkir air. Lalu siramlah larutan ini ke rambut Anda setelah Anda selesai berkeramas. Larutan ini berfungsi sebagai bilasan akhir. Cara lain yang juga bisa Anda coba adalah dengan mencampurkan 1 sdm cuka dengan 3 sdm minyak. Namun lakukan ini sebelum Anda mengeramas rambut Anda.
  • Soda Kue
    Soda kue juga disinyalir dapat menghilangkan ketombe. Caranya adalah dengan membasahi sedikit rambut Anda lalu ambillah segenggam soda kue. Kemudian gosokkan soda kue tersebut ke kulit rambut Anda. Gosok secara merata pastikan semua bagian rambut terkena soda kue. Lalu bilaslah rambut Anda hingga bersih. Ulangi pemakaian soda kue ini beberapa kali. Di awal mungkin rambut Anda akan terasa kering namun, setelahnya Anda akan merasakan perbedaannya. Kulit kepala Anda akan memproduksi minyak secara alami dan ketombe pun hilang dari rambut Anda.
  • Jeruk Nipis
    Jeruk nipis juga bisa menjadi bahan alami yang dapat menghilangkan ketombe. Caranya adalah dengan menyiramkan 2 sdm air jeruk nipis ke kulit rambut Anda lalu pijatlah kulit kepala rambut Anda. Setelah itu, larutkan 1 sdm jus lemon ke dalam segelas air. Nah bilaslah rambut Anda dengan menggunakan larutan ini. Nantinya rambut Anda akan terasa lebih segar dan ketombe pun hilang seiring perawatan dengan menggunakan jeruk nipis.
  • Garam
    Selain sebagai bumbu masak ternyata garam juga bisa menjadi salah satu bahan alami yang dapat menghilangkan ketombe. Caranya adalah dengan menaburkan garam ke rambut Anda yang sudah dibasahi sebelumnya. Gosokkanlah garam ini secara merata ke kulit rambut Anda. Setelah itu bersihkan rambut Anda dengan sampo.
  • Santan
    Dengan menggunakan santan caranya adalah dengan mencampurkan perasan santan dari setngah butir kelapa, satu gelas jus nanas, perasan jeruk nipis, satu setengah gelas air kepala. Campurkan semua bahan ini. Lalu, gunakan larutan ini untuk mencuci rambut Anda setiap 5 hari sekali. Jangan lupa bilas rambut Anda menggunakan sampo setelahnya.

Nah ternyata cukup mudah bukan untuk menghilangkan ketombe? Namun, ada beberapa jenis ketombe yang tidak bisa ditangani dengan cara alami. Nah jika masalah ketombe Anda sudah cukup parah, cobalah gunakan sampo atau obat yang mengandung selenium sulfida, zinc pyrithione, asam sulfur/salisilat atau zat aktif lainnya untuk mecuci rambut Anda. Gunakan zat-zat ini hanya secukupnya saja karena zat-zat ini besrsifat cukup keras. Ketika memakainya jangan lupa sambil memijat pelan rambut Anda. Nah jika ketombe telah hilang Anda bisa beralih ke sampo biasa.

Sekarang ketombe bukanlah suatu masalah yang tidak ada jalan keluarnya. Jika masalah ketombe Anda masih ringan Anda bisa mencoba cara alami namun jika ketombe Anda sudah parah cobalah untuk menggunakan sampo atau obat yang mengandung zat kimia yang dapat menghilangkan ketombe. Selamat mencoba.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: