Informasi dan Tips – informasitips.com

13 Tips Jitu Mengatasi Kecanduan Fast Food

informasitips.com – Menurut sebuah penelitian, mereka yang gemar mengkonsumsi fast food tidak hanya kondisi kesehatannya yang akan memburuk, namun juga kondisi psikologisnya. Fakta lain yang cukup mengejutkan, ternyata ada relasi yang cukup kuat antara kebiasaan mengkonsumsi fast food dengan depresi.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Las Palmas de Gran Canaria dan University of Granada, terdapat hubungan yang cukup signifikan antara kebiasaan mengkonsumsi fast food dengan meningkatnya kemungkinan untuk mengalami depresi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, mereka menemukan fakta yang cukup mengejutkan bahwa: ‘Orang yang mengkonsumsi fast food memilki kemungkinan 51% lebih tinggi terserang depresi dibandingkan mereka yang tidak pernah mengkonsumsi fast food

Selain itu mereka juga mengemukakan:

Dari hasil penelitian Kami, partisipan yang suka mengkonsumsi fast food adalah lajang, tidak aktif, dan memiliki pola makan yang buruk. Mereka jarang mengkonsumsi sayur, buah, dan makanan sehat yang lain. Beberapa dari mereka juga memiliki kebiasaan merokok yang cukup parah dan berkerja lebih dari 45 jam per minggunya.

Ini berarti, mereka yang gemar mengkonsumsi Fast food biasanya juga memiliki perilaku dan gaya hidup yang tidak sehat. Kalau sudah begitu, ancaman kesehatannya tentu akan jadi jauh lebih besar.

Berbicara soal fast food, jenis makanan fast food biasanya banyak mengandung bahan-bahan kimia pengawet, perasa, pewarna, dan lain-lainnya. Bahan-bahan kimia tersebut tak hanya bisa menimbulkan efek kecanduan atau “nagih” untuk terus-menerus mengkonsumsinya, tapi juga bisa menimbulkan berbagai dampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Tips Atasi Kecanduan Fast Food

sumber gambar: topnews.net.nz

Kandungan gizi dalam makanan fast food juga sangat tidak seimbang. Makanan fast food sangat tinggi akan karbohidrat, gula, garam, kalori, dan lemak yang tidak sehat. Zat-zat tersebut dalam jumlah yang sangat banyak tentulah berefek tidak baik bagi tubuh. Salah satu dampak buruknya bagi tubuh adalah dapat menyebabkan masalah kegemukan (obesitas), ancaman resiko terkena berbagai macam penyakit berbahaya dan mematikan, seperti kolesterol, tekanan darah tinggi (hipertensi), penyakit jantung, kanker, artritis, asma, diabetes, stroke, liver, dan penyakit-penyakit berbahaya lainnya.

Kebiasaan menyantap makanan fast food adalah kebiasaan yang tidak sehat. Sayangnya, meski sebagian besar orang-orang sudah tahu bahwa kebiasaan ini adalah kebisaan yang tidak sehat, namun jumlah mereka yang menggemari makanan fast food nyatanya semakin banyak saja. Selain karena memang banyak disukai dari segi rasanya, makanan fast food juga sangat banyak dan mudah dijumpai di mana-mana. Ditambah lagi dengan kesibukan orang saat ini yang cukup tinggi, membuat mereka cenderung lebih memilih fast food karena lebih praktis. Hal-hal itulah yang terkadang membuat semakin tingginya kebiasaan mengkonsumsi makanan fast food.

Nah, jika Anda adalah salah satu penggemar fast food dan belum tahu bagaimana cara menghilangkan kebiasaan buruk ini, simak beberapa tips dibawah ini yang bermanfaat bagi Anda untuk mengatasi kecanduan fast food.

Tips Menghentikan Kebiasaan Mengkonsumsi Makanan Fast Food

  1. Ketahui dampak buruk dan resiko penyakit yang bisa ditimbulkan dari makanan fast food
    Salah satu cara ampuh untuk menghentikan suatu kebiasaan buruk adalah dengan mengetahui dampak negatif dan resiko yang bisa ditimbulkan dari kebiasaan buruk tersebut.

    Seperti yang sudah disebutkan di atas, kegemaran mengkonsumsi makanan fast food dan junk food memberikan dampak yang sangat tidak baik bagi kesehatan. Mulai dari masalah kegemukan, ancaman resiko terkena berbagai macam penyakit berbahaya dan mematikan, menurunnya kondisi kesehatan tubuh, sampai berdampak pada kondisi psikis yaitu bisa menimbulkan depresi.

    Setelah Anda mengetahui berbagai dampak negatif fast food yang sangat berbahaya bagi tubuh, cobalah bandingkan dengan keuntungan yang Anda peroleh dari kebiasaan tersebut.

    Ok, Anda bisa menghemat waktu dan tenaga karena tidak harus repot-repot menyiapkan makanan yang sehat. Ok, Anda juga tak harus mengeluarkan uang dalam jumlah yang banyak karena tak harus membeli jenis makanan lain yang lebih sehat, tapi coba bandingkan dengan bahaya dan dampak buruk yang akan Anda terima. Sangatlah tidak sebanding bukan? Kalau begitu, buat apa lagi mempertahankan kebiasaan buruk mengkonsumsi fast food?

    Perkaya juga wawasan Anda dengan info-info tentang pola hidup yang baik dan sehat. Hal tersebut dapat memotivasi diri Anda untuk tetap semangat menghilangkan kebiasaan yang buruk dan tidak sehat.

  2. Ketahui Kandungan Gizi yang Anda Makan
    Dengan mengetahui kandungan gizi dari makanan yang Anda makan, Anda akan lebih mudah mengatur keinginan Anda untuk membeli fast food. Misalnya saja seperti ini, Anda berada di dua pilihan antara mengkonsumsi roti dengan selai kacang atau ayam goreng cepat saji. Dengan mengetahui bahwa selai kacang mengandung zat tiamin yang baik bagi kesehatan otak Anda dan dengan juga mengetahui bahwa ayam goreng cepat saji mengandung zat yang berbahaya yang bernama karsinogen, tentu Anda akan menjatuhkan pilihan Anda untuk memakan roti selai kacang, bukan?

  3. Bulatkan tekad untuk berhenti mengkonsumsi fast food
    Setelah Anda mengetahui kerugian-kerugian dan dampak negatif fast food bagi tubuh Anda, tentunya saat ini sudah muncul niat dalam diri Anda untuk menghentikan atau mengurangi kebiasaan buruk tersebut. Selanjutnya, bulatkanlah tekad untuk berhenti mengkonsumsi makanan fast food. Tekad yang kuat tersebut harus ada dalam diri Anda.

  4. Hindari restoran fast food
    Jika memang Anda sudah bertekad untuk menghentikan kebiasaan buruk mengkonsumsi makanan fast food, Anda pun harus bertekad dan berniat kuat untuk menghindari restoran-restoran yang menjual makanan fast food. Kuatkan tekad Anda untuk tidak mudah tergoda dengan makanan-makanan fast food yang biasanya Anda makan.

  5. Libatkan Teman atau Keluarga Anda

    Bila Anda adalah tipe orang yang memiliki kontrol diri lemah, maka libatkan teman atau keluarga Anda untuk membantu mengontrol Anda. Mungkin suatu saat Anda tergoda dengan burger atau kentang goreng dari restoran cepat saji langganan Anda. Jika niat itu timbul, segera hubungi teman atau keluarga Anda. Jika Anda sendiri belum dapat mengatasi masalah tersebut, dukungan dari keluarga atau teman adalah cara yang efektif untuk membantu mengontrol diri Anda.

  6. Hindari makan bersama orang yang juga suka dan kecanduan fast food
    Tekad dan niat Anda bisa goyah dan hancur seketika bila Anda terbiasa makan dengan orang-orang yang juga suka mengkonsumsi fast food. Kemungkinan besar Anda akan tergoda untuk juga ikut menyantap makanan yang sama dengan mereka.

  7. Beralih ke makanan sehat
    Perlahan-lahan, beralihlah ke makanan yang sehat, seperti buah, sayuran. Terus tumbuhkan kecintaan Anda pada makanan sehat. Bila sudah terbiasa, maka Anda juga akan dengan sendirinya lebih memilih untuk menikmati makanan yang sehat ketimbang makanan yang tidak sehat seperti fast food dan junk food.

  8. Mendekat ke mereka yang mencintai makanan sehat
    Ada baiknya Anda juga semakin mendekat ke mereka yang menyukai makanan dan gaya hidup sehat. Pengaruh-pengaruh positif dari mereka tentunya juga akan masuk ke diri Anda dan membuat Anda semakin termotivasi untuk menerapkan kebiasaan sehat.

  9. Belajar memasak dan mencintai memasak
    Cobalah untuk belajar memasak. Jika Anda memiliki kecintaan yang besar terhadap dunia masak-memasak, maka akan timbul keinginan dalam diri Anda untuk memasak sendiri aneka makanan yang Anda inginkan. Utamakan memasak makanan-makanan yang sehat. Untuk itu, tak ada salahnya Anda sedikit mengetahui ilmu soal gizi dan kesehatan agar bisa memasak makanan yang sehat.

  10. Rencanakanlah Menu Makan Anda
    Orang memilih untuk mengkonsumsi fast food bedasarkan beberapa alasan. Alsan yang pertama karena mereka tidak punya waktu untuk ke toko sayur sehingga mereka lebih memilih untuk membeli makanan cepat saji. Sebagian yang lain karena mereka telah kecanduan fast food sehingga mereka malas untuk mengkonsumsi makanan jenis lain.

    Apapun alasan Anda, Anda dapat menghilangkan kebiasaan untuk selalu mengkonsumsi fast food. Caranya adalah dengan merencanakan menu makanan Anda sebelumnya. Pada malam hari sebaiknya Anda mulai memikirkan makanan apa yang Anda akan makan besok, dimulai dari makan pagi hingga malam berikut camilan sehatnya. Jika Anda akan berkerja larut, bawalah bekal berupa salad atau sayur sehingga Anda tidak perlu ke restoran cepat saji. Sesibuk apapun Anda, sempatkanlah diri untuk menyiapkan atau setidaknya memilih jenis makanan yang lebih sehat untuk Anda. Kesibukan Anda yang tinggi tidak bisa dijadikan pembenaran bagi Anda untuk terus-menerus mengkonsumsi makanan fast food tanpa kontrol.

  11. Buatlah Daftar Belanja

    Apakah Anda termasuk orang yang justru bingung untuk membeli apa setelah sampai di toko sayur? Jika iya, ada baiknya Anda membuat daftar belanja sehat sebelum Anda pergi ke toko sayur atau pasar. Hal ini untuk menghindari Anda membeli makanan yang justru tidak Anda butuhkan. Membuat daftar belanja juga dapat menghemat waktu bagi Anda yang memiliki sedikit waktu karena aktivitas yang sangat sibuk.

  12. Konsisten
    Anda harus konsisten untuk tetap terus melakukan upaya-upaya menghentikan kebiasaan buruk mengkonsumsi fast food. Bila tidak konsisten, maka akan sia-sia saja semua usaha yang sudah Anda lakukan sebelumnya. Bahkan bukan tidak mungkin Anda akan balik lagi terjerumus dalam kebiasaan buruk itu lagi.

    Jika masih belum berhasil langsung berhenti mengkonsumsi makanan fast food, cobalah perlahan-lahan untuk konsisten menguranginya.

  13. Berilah Diri Anda Hadiah
    Untuk menyemangati diri Anda, ada baiknya Anda sesekali memberikan penghargaan terhadap diri Anda. Penghargaan itu dapat berupa apa saja. Yang pasti Anda jangan menghadiahi diri Anda dengan menu lengkap dari restoran cepat saji. Hal ini justru akan membuat usaha Anda selama ini menjadi sia-sia.

    Misalnya, Anda bisa memberi hadiah ke diri Anda berupa jalan-jalan sambil membawa makanan yang sehat buatan Anda sendiri.

    Bukankah Anda sudah mengetahui ilmu tentang makanan sehat sekarang? Bukannya sekarang Anda juga sudah pandai memasak aneka menu makanan yang sehat? Dan, bukankah memakan makanan buatan sendiri akan jauh terasa lebih nikmat?

    Hadiah yang Anda berikan atas upaya-upaya Anda untuk menghilangkan kebiasaan buruk merupakan tanda bahwa Anda menyayangi diri Anda sendiri. Selanjutnya, menyayangi diri sendiri juga bisa Anda lakukan dengan cara menjaga kesehatan tubuh dan menerapkan pola hidup yang baik dan sehat.

Intinya dari cara-cara di atas adalah dimulai dari mengedukasi diri Anda tentang makanan dan gaya hidup sehat, mengedukasi diri tentang bahaya dan dampak buruk yang bisa ditimbulkan dari makanan yang tidak sehat, membuat keputusan untuk menghentikan kebiasaan yang tidak sehat, dan segera bertindak untuk menghilangkan kebiasaan mengkonsumsi makanan yang tidak sehat.

Nah, itu tadi adalah beberapa tips yang dapat Anda coba untuk menghilangkan kebiasaan buruk mengkonsumsi makanan cepat saji. Dengan niat yang kuat, Anda pasti dapat menghilangkan kebiasaan buruk tersebut.

Mari kita mulai hidup sehat dengan olahraga, makan makanan yang sehat dan bergizi!



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: