Informasi dan Tips – informasitips.com

Tips Mengatasi Bibir Kering

informasitips.com – Setiap orang akan sangat terganggu jika mengalami masalah pada bibirnya, misalnya sariawan, maupun bibir pecah-pecah atau bibir kering. Meski terkesan sepele, ternyata bibir kering adalah salah satu masalah yang sangat menganggu kenyamanan dan juga penampilan seseorang. Bibir kering atau pecah-pecah bisa merupakan salah satu tanda kulit yang tidak sehat.

Bibir kering juga dikenal dengan istilah xerostomia, kondisi dimana produksi saliva (air liur) sangat sedikit. Padahal saliva sangat penting, selain mampu melembabkan bibir, saliva juga dapat mencegah infeksi pada bibir dengan cara mengontrol pertumbuhan bakteri dan jamur di mulut. Selain mengganggu kenyamanan dan penampilan, bibir kering juga dapat menyebabkan timbulnya masalah pada gigi, gusi dan bau mulut yang kurang sedap.

tips mengatasi bibir kering

gambar : webmd

Apa saja penyebab bibir kering dan pecah-pecah?

  1. Penggunaan obat-obatan tertentu yang tidak cocok, seperti obat-obatan untuk alergi, obat untuk tekanan darah tinggi, jantung, dan obat-obat penenang.
  2. Masalah kesehatan seperti diabetes, anemia, hipertensi, defisiensi vitamin.
  3. Dehidrasi juga merupakan salah satu penyebab timbulnya bibir kering. Bila bibir Anda kering, bisa jadi itu pertanda bahwa tubuh mulai mengalami dehidrasi. Namun, dehidrasi bukan hanya disebabkan akibat kurangnya kurangnya mengkonsumsi air putih, melainkan juga bisa disebabkan karena demam, olahraga berlebihan, muntah, diare.
  4. Penyebab lainnya adalah akibat kemoterapi, radioterapi, menopause.
  5. Mengkonsumsi makanan yang terlalu asam atau asin.
  6. Kebiasaan merokok, minum kopi ataupun minuman keras
  7. Kurang mengkonsumsi buah dan sayuran.
  8. Kurang minum air putih.
  9. Kebiasaan menggunakan kosmetik dengan bahan kimia yang terlalu keras, terutama untuk produk bibir.
  10. Kebiasaan memakai pasta gigi yang terlalu banyak mengandung detergen.

Selain beberapa penyebab yang telah disebutkan di atas, faktor lingkungan juga bisa menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah, misalnya perubahan suhu yang ekstrim sehingga membuat kulit terutama bagian bibir, sulit beradaptasi. Adanya polusi udara dan debu di sekitar Anda pun dapat menjadi salah satu penyebab bibir menjadi kering.


Lalu, bagaimana cara mencegah dan mengatasi bibir kering?

  1. Hindari hal-hal yang bisa memicu timbulnya masalah bibir kering. Selama bibir Anda kering sebaiknya Anda juga perlu menghindari makanan-makanan yang terlalu pedas, asam, asin karena bisa membuat bibir kering menjadi iritasi.
  2. Stimulasi produksi saliva dengan makanan misalnya mengunyah permen karet no sugar, atau mengunyah seledri akan membantu merangsang produksi saliva dan menambah kelembaban bibir.
  3. Bibir kering akibat dehidrasi dapat diatasi dengan cara minum larutan elektrolit. Anda bisa membuat sendiri larutan elektrolit di rumah yaitu dengan mencampur 1 sdt garam ditambah ½ sdt baking soda, dicampur dengan 1 sdt gula. Diaduk rata lalu tambahkan sedikit air perasan jeruk/lemon. Minum larutan 1 kali sehari saat bibir mulai pecah-pecah.
  4. Gunakan Lip balm atau pelembab bibir. Usahakan untuk selalu menggunakan lip balm pada bibir dan sekitarnya saat anda merasa bibir sudah mulai kering. Lip balm ini juga berfungsi untuk melindungi kulit bibir dari sinar matahari jika mengandung SPF, shea butter, dan beeswax.
  5. Bersihkan bibir sebelum istirahat. Seusai beraktivitas seharian, terutama jika anda memakai make up, tutuplah hari anda dengan membersihkan wajah serta bibir anda dari berbagai produk kosmetik yang telah seharian melekat. Hal ini untuk menjaga agar bibir tidak kering selalu sehat, dan indah. Saat ini banyak produk yang bisa digunakan untuk membersihkan bibir. Pilihlah yang sesuai kebutuhan anda.
  6. Perbanyak minum air putih. Manfaat air putih memang baik untuk tubuh. Air putih juga baik untuk kulit dan bibir. Bibir kering umumnya disebabkan oleh kurangnya cairan pada tubuh. Namun, kondisi kering dan pecah-pecah pada bibir akan berangsur hilang bila kita cukup mengkonsumsi air putih.
  7. Hindari kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol, serta kurangi konsumsi kopi. Kebiasaan-kebiasaan tersebut sangat berefek buruk bagi kesehatan tubuh, terutama untuk kulit. Minuman-minuman tersebut juga memberi kontribusi yang besar menimbulkan masalah bibir kering. Selain pecah-pecah, minuman-minuman tersebut juga bisa menjadi penyebab warna bibir menjadi hitam.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

JOIN US ON

NEWSLETTER

Mau berlangganan artikel Kami? Tulis Email Anda pada form di bawah ini.

Cek Email Anda setelahnya untuk mengaktifkan layanan newsletter. Terimakasih