Informasi dan Tips – informasitips.com

Tips Mengatasi Bayi Yang Suka Begadang

Posted on by in , with 1 Comment

informasitips.com – Tidur memberikan banyak manfaat bagi bayi, karena ketika tidurlah proses pertumbuhan dan perkembangan fisiknya terpacu. Bayi umur 0 hingga 1 bulan membutuhkan tidur selama 14 – 18 jam per hari, dan setelah 1 bulan hingga 18 bulan jam tidur bayi mencapai 12 – 14 jam per hari. Berbeda dengan orang tuanya yang hanya tidur mencapai 6 – 8 jam saja.

Ketika bayi sulit tidur alias memilih begadang dikhawatirkan akan berdampak pada proses tumbuh kembangnya. Selain merepotkan orang tua yang sudah lelah setelah bekerja seharian.

Ada beberapa alasan bayi begadang dan ingin terus bermain dengan orangtua meski telah lewat tengah malam. Pertama, kondisi bayi masih segar karena cukup tidur disiang hari atau baru terbangun di sore hari saat ayah atau bundanya pulang kantor. Kedua, dia masih ingin bermain dengan orangtuanya. Ketiga, bayi ingin “memanipulasi” dalam hal ini mencari perhatian orang tuanya dengan mengajaknya bermain.

Tips atasi Bayi Begadang

sumber gambar: www.cocoon.uk.com

Berikut beberapa tips yang dapat diterapkan:

  • Luangkan waktu anda untuk menemani si kecil bermain sepulang dari kantor. Setelah itu lakukan ritual tidur. Misal, memijat bayi, menyusuinya, membacakan cerita atau mendendangkan lagu pengantar tidur sambil meredupkan lampu kamar. Bila seusai ritual tidur, bayi masih melakukan aktivitas, biarkan ia sendirian, tak perlu ditemani. Tapi pastikan keadaan kamar dan tempat tidurnya aman, serta letakkan bayi ditempat yang terlihat oleh anda (tidak jauh). Kondisi ini akan mengajarkan kepada bayi, sudah larut malam, dan orang tuanya sudah tidak bisa diajak bermain hingga larut malam. Bila belum berhasil, ulangi kembali. Sikap konsisten akan mampu menggeser waktu tidur si bayi.
  • JIka ada pengasuh bayi di rumah dan anda harus kerja di siang harinya, lakukanlah kerja sama dengan pengasuh bayi agar si bayi banyak melakukan aktivitas di siang hari, sehingga waktu tidur siangnya lebih sedikit. Dengan begitu, si bayi merasa lelah di waktu malam hari dan ingin tidur. Berikan berbagai ide kreatif yang dapat dilakukan si pengasuh bayi dengan si bayi.
  • Buatlah jadwal harian sesuai kondisi alami si bayi. Bila perlu buat catatan hariannya, pada jam-jam berapakah biasanya si bayi ingin tidur atau bermain, sehingga dengan begitu lambat laun akan diketahui pola tidurnya.
  • Jangan lakukan aktifitas fisik berlebihan menjelang waktu tidurnya karena dapat membuatnya tetap terjaga dan ingin bermain terus.
  • Jangan mengganti secara mendadak perlengkapan tidur bayi dan kamarnya. Bila ingin diganti, misalnya, sprei, sarung bantal, botol susu, dan lain-lain, lakukan di pagi hari sehingga bayi menjadi terbiasa.

Itulah beberapa tips yang dapat dilakukan. Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait

One thought on “Tips Mengatasi Bayi Yang Suka Begadang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

TEMUKAN KAMI DI:

NEWSLETTER

Mau berlangganan artikel Kami? Tulis Email Anda pada form di bawah ini.

Cek Email Anda setelahnya untuk mengaktifkan layanan newsletter. Terimakasih