Informasi dan Tips – informasitips.com

Tips Mengatasi atau Mengobati Bau Mulut

informasitips.com – Sebelumnya informasitips.com telah memberikan tips mencegah bau mulut. Pembahasan tentang bau mulut, masih berlanjut dalam artikel ini, yaitu tentang cara mengobati dan mengatasi bau mulut?

Bagaimana cara mengatasi/mengobati bau mulut?
Jika anda sudah terlanjur mengalami bau mulut, maka hal-hal berikut wajib anda lakukan:

  1. Perbanyaklah konsumsi air putih, karena bau mulut salah satunya juga disebabkan karena mulut kering. Mulut kering menandakan sedikitnya saliva yang diproduksi, padahal saliva mampu membantu membersihkan mulut dan secara alami bersifat antibakteri. Saliva mengandung oksigen, dan oksigen mampu menghalangi pertumbuhan bakteri. Konsumsi air putih yang cukup akan bisa membantu mengurangi masalah mulut kering dan sekaligus juga membantu mengatasi masalah bau mulut.
  2. Faktanya, di dalam mulut terdapat banyak sekali bakteri. Bahkan menurut para ahli, jumlah bakteri yang ada di mulut jauh lebih banyak dibandingkan bekteri yang ada di bagian tubuh yang lain. Dari sekitar 700 jenis bakteri yang berkembang di mulut, para peneliti baru bisa mengidentifikasi sebanyak setengahnya, sehingga membuat jadi semakin sulit untuk mengetahui secara pasti bagaimana cara membasmi bau yang dilepaskan bakteri sebagai produk sampingan saat bakteri mencerna makanan.

    Makanan yang Anda makan adalah juga merupakan makanan bagi bakteri. Semakin banyak sisa makanan yang tertinggal di mulut makan semakin tinggi akitivtas bakteri dalam mencerna makanan dan ini berarti pula akan semakin tinggi gas (produk samping berupa bau) yang dikeluarkan bakteri di mulut kita. Oleh karena itu, menggosok gigi secara teratur, sebelum tidur dan sesudah makan untuk menghilangkan sisa-sisa makanan yang tertinggal di sela-sela gigi merupakan salah satu cara terampuh untuk mengatasi bau mulut.

  3. Tips mengobati mengatasi bau mulut

  4. Menurut para ilmuwan, beberapa bakteri khususnya bakteri yang terletak di lidah bagian atas (bagian lidah yang paling dekat dengan tenggorokan) merupakan jenis bakteri yang juga berpotensi besar menyebabkan bau mulut. Untuk itu, saat menggosok gigi pastikan Anda juga membersihkan bagian lidah dan langit-langit. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan bakteri yang hidup di mulut karena tempat-tempat inilah yang sering digunakan bakteri untuk tumbuh dan bersarang. Anda dapat menggunakan sikat gigi atau alat khusus pembersih lidah. Berkumur dengan obat kumur satu kali sehari juga bermanfaat untuk menjaga kesegaran nafas.
  5. Pergilah ke dokter gigi untuk perawatan. Tambal gigi yang berlubang karena gigi berlubang berkontribusi besar menyebabkan bau mulut.
  6. Perhatikan pola makan Anda. Biasanya mereka yang sedang menjalankan proses penurunan berat badan menerapkan pola makan tinggi protein namun rendah karbohidrat. Padahal pola makan tinggi protein dan rendah karbohidrat tersebut dapat memicu timbulnya ketosis, keadaan metabolik tertentu yang menyebabkan tubuh lebih mudah membakar lemak daripada gula. Dan ketosis ini dikenal sebagai salah satu kondisi yang bisa menyebabkan bau mulut.
  7. Jika pencernaan yang menjadi penyebab bau mulut anda, maka atasi dengan makan yang teratur secukupnya, jangan terlalu banyak. Konsumsilah makanan yang berserat yang berfungsi untuk melancarkan buang air agar pencernaan menjadi lancar.
  8. Jauhilah makanan-makanan yang menjadi pemicu timbulnya bau mulut seperti daging merah, jengkol, petai, ikan, bawang putih, durian, serta makanan-makanan berlemak.
  9. Jauhi rokok karena zat-zat yang terkandung di dalamnya hanya akan memperburuk kondisi bau mulut anda. Orang yang merokok lebih mudah mengalami masalah infeksi pada mulut. Merokok juga dapat menimbulkan plaq yang menempel pada gigi, dimana plaq merupakan media yang sangat disukai bakteri untuk tumbuh dan berkembang.

    Merokok juga membuat mulut menjadi kering. Seperti yang telah disebutkan di atas, mulut kering merupakan kondisi yang dapat menyebabkan timbulnya bau mulut.

  10. Minumlah air putih atau berkumur-kumurlah dengan air putih setelah Anda makan dan minum.
    Air putih dapat membantu membersihkan mulut dan membuang sisa makanan yang tertinggal di mulut. Sementara minuman asam, bersoda, berkafein, dan beralkohol akan melepaskan sejenis senyawa ke aliran darah yang dapat menimbulkan bau tidak sedap dari nafas Anda.

    Minuman yang asam juga dapat menurunkan kadar PH di dalam mulut Anda, dimana kondisi mulut yang PH nya rendah memungkinkan bakteri untuk semakin berkembang dan melepaskan senyawa sulfur yang mudah menguap, yang mirip dengan bau telur busuk. Lalu, haruskah Anda benar-benar menghindari minuman tersebut? Jawabannya tidak. Anda tetap dapat menikmatinya namun tentu sebaiknya dikurangi. Dan ingat, setelah Anda makan atau minum, berkumur-kumur atau minumlah air putih untuk membantu membersihkan mulut dan mengembalikan keseimbangan PH mulut Anda.

  11. Anda juga dapat meminum teh hijau. Teh hijau dapat membantu menjaga kesegaran mulut karena mengandung zat antibakteri yang mampu melawan bakteri penyebab bau mulut. Buatlah secangkir teh hijau dengan menggunakan sedikit kayu manis (atau Anda bisa menggunakan setangkai kayu manis untuk mengaduk teh). Kayu manis mengandung minyak esensial yang dapat melawan dan menghilangkan bau nafas yang tidak sedap.
  12. Daun mint, peterseli, dan kemangi juga dapat membantu Anda mengatasi masalah bau mulut. Daun-daun tersebut akan mengeluarkan sejenis minyak tertentu yang menciptakan aroma segar saat dikunyah. Selain itu, daun-daun tersebut juga kaya akan klorofil, zat yang tidak hanya bermanfaat untuk fotosintesa tumbuhan melainkan juga bermanfaat bagi manusia dengan cara menetralkan bau busuk yang dilepaskan tubuh termasuk mulut.
  13. Perbanyaklah konsumsi sayuran dan buah khususnya yang mengandung vitamin C. Buah seperti jeruk, melon, merupakan buah yang baik untuk membantu mengatasi bau mulut. Wortel, seledri dan apel juga baik untuk membantu mengatasi bau mulut, karena makanan tersebut dapat merangsang produksi saliva yang bermanfaat untuk menghalangi pertumbuhan bakteri.
  14. Lakukan olahraga yang teratur karena hal ini akan membantu mengeluarkan racun-racun di dalam tubuh yang menjadi penyebab bau mulut.
  15. Anda juga dapat melakukan gurah pernafasan. Ini adalah cara tradisional yang cepat untuk membersihkan zat-zat buruk yang terdapat di dalam tubuh.
  16. Jika cara-cara di atas masih belum bisa mengurangi bau mulut anda, atau berkurang tetapi belum sempurna, cara tradisional lain ini mungkin juga perlu anda coba, yaitu menggunakan obat herbal alami yang terbuat dari daun sirih, pinang, dan kencur. Ini adalah obat herbal alami yang telah dipercaya sejak zaman nenek moyang kita untuk mengharumkan mulut.

    Cara membuatnya, potong-potonglah pinang sebanyak 10 gr, kencur sabanyak 10 gr kemudian campurlah dengan adas sebanyak 10 gr serta sirih temu ros sebanyak 15gr. Rebus semua bahan tersebut dengan air yang benar-benar bersih sebanyak setengah liter. Kemudian rebusan dari bahan-bahan tersebut digunakan sebagai air minum pada saat akan tidur malam hari. Jika anda malakukannya dengan teratur, niscaya bau mulut anda akan menghilang dengan sendirinya.

Bila Anda sudah melakukan berbagai cara pengobatan seperti menjaga kesehatan dan kebersihan gigi dan mulut namun bau mulut tetap tidak juga mau hilang, bisa jadi penyebabnya adalah karena adanya penyakit tertentu yang diderita, seperti hati, ginjal, diabetes, paru atau penyakit lainnya. Bila hal ini yang terjadi, ada baiknya anda melakukan pemeriksaan dan pengobatan ke dokter.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: