Informasi dan Tips – informasitips.com

Tips Mengarang dalam Bahasa Inggris

Posted on by in , with 1 Comment

informasitips.com – “Now please write a 300-word story about your unforgettable experience,” begitu kata Ms. Jenny, guru bahasa Inggris di sekolah.

Mengarang? Dalam bahasa Inggris? Beberapa di antara kamu pasti langsung lesu, malas, mual dan letih ketika guru bahasa Inggris di sekolah memintamu untuk mengarang. Bagi yang tidak terlalu menguasai bahasa Inggris, tugas semacam ini sudah cukup memusingkan, apalagi bagi mereka yang memang tidak suka menulis.

Tapi jangan khawatir. Di sini kamu akan mendapatkan cara mudah mengarang dalam bahasa Inggris. Memang dibutuhkan latihan dan kerja keras sebelum kamu bisa menghasilkan karangan yang bagus, baik itu dari segi tata bahasa, penulisan maupun EYD – grammar, spelling and punctuation. Jadi bagaimana sih caranya supaya bisa hebat mengarang dalam bahasa Inggris? Mudah, kok. Perhatikan tips-tips di bawah ini:

  1. Tahu jenis tenses yang akan kamu gunakan dalam karanganmu.
    Apakah topik karangamu? My Last Vacation (Liburan yang Lalu), My Hobbies (Hobiku) atau My Future Holiday (Liburan yang akan Datang)? Topik karanganmu akan menentukan jenis tenses yang akan kamu gunakan dalam karangan, apakah itu past tense, present tense atau future tense, atau apakah gabungan dari dua atau ketiga tenses tersebut.
  2. Tahu pola kalimat yang dibutuhkan dalam tenses yang kamu gunakan.
    Sudah tahu tenses yang akan kamu gunakan? Sekarang kamu harus tahu pola kalimat yang menujukkan tenses tersebut. Jika kamu menulis tentang “My Hobbies” misalnya, kamu akan menggunakan Present Simple yang pola kalimatnya “Subject + Verb 1”. Jadi, kalimat-kalimat yang kamu tulis akan menggunakan pola kalimat tersebut.
  3. Tips Mengarang dalam Bahasa Inggris

  4. Buat kerangka karangan terlebih dulu.
    Jika kamu tidak terlalu ahli menulis, mungkin kamu perlu membuat kerangka karanganmu lebih dulu. Ada berapa paragraf dalam karanganmu? Apa saja isi dari masing-masing paragraf tersebut? Ingat, karangan yang baik harus terdiri dari minimal 3 paragraf; paragraf pembuka, paragraf isi dan paragraf penutup. Kamu juga bisa menentukan berapa kalimat dalam tiap-tiap paragraf di langkah ini. Karena ini hanyalah kerangka karangan, kamu bisa menuliskan kerangkamu dalam bahasa Indonesia.
  5. Tahu kosa kata, kata kerja, kata benda maupun keterangan yang akan kamu gunakan.
    Sebelum menulis, pastikan kamu tahu kata-kata kerja atau kata-kata benda apakah yang akan kamu gunakan dalam karanganmu. Carilah artinya di kamus terlebih dulu sehingga kamu tidak perlu mencari lagi ketika kamu mulai menulis. Misalnya, untuk membuat karangan tentang “My Last Vacation,” setidaknya kamu harus tahu kata-kata seperti go, vacation, enjoyable, pleasure, stay, play, visit, dan sebagainya. Jangan lupa, sesuaikan kata kerja sesuai tenses-nya. Jika karanganmu tentang masa lalu, pastikan kamu merubah kata kerja di atas menjadi kata kerja bentuk kedua (Verb 2).
  6. Mulailah menulis!
    Kebanyakan siswa sering menulis karangannya dalam bahasa Indonesia terlebih dulu, baru kemudian menerjemahkannya ke bahasa Inggris. Sebaiknya hal ini tidak dilakukan karena karanganmu nantinya akan ‘terbaca’ seperti karangan dalam bahasa Indonesia. Jika kamu mengarang dalam bahasa Inggris, langsunglah menulis dalam bahasa Inggris sehingga karanganmu benar-benar ‘asli’ dari pemikiran bahasa Inggrismu.
  7. Edit karanganmu.
    Setelah kamu selesai mengarang, baca lagi karanganmu dan cek setiap kalimatnya. Apakah penulisan katanya sudah tepat? Apakah pola kalimatnya sudah sesuai? Apakah alurnya bisa dimengerti dengan baik? Cek dan cek lagi karanganmu sampai kamu benar-benar yakin bahwa tulisanmu sudah cukup baik.
  8. Minta orang lain mengoreksi karanganmu.
    Jika karangamu merupakan tugas rumah (PR), kamu bisa meminta orang yang lebih jago berbahasa Inggris untuk mengoreksi karanganmu sehingga kamu pun mendapat masukan tentang hasil tulisanmu.

Nah, cukup mudah, kan? Ingat untuk terus berlatih sehingga kamu bisa membuat karangan yang lebih baik setiap kalinya. Banyak-banyaklah membaca cerita atau berita dalam bahasa Inggris sehingga kosa katamu semakin bertambah.

Selamat mengarang!

Artikel Terkait

One thought on “Tips Mengarang dalam Bahasa Inggris

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

JOIN US ON

NEWSLETTER

Mau berlangganan artikel Kami? Tulis Email Anda pada form di bawah ini.

Cek Email Anda setelahnya untuk mengaktifkan layanan newsletter. Terimakasih