Informasi dan Tips – informasitips.com

Tips Mencegah Bau Mulut

informasitips.com – Bau mulut, yang dalam istilah kedokteran disebut Halitosis, sama sekali tidak pernah diharapkan oleh semua orang. Tak ada seorangpun yang menginginkan menderita hal ini. Tetapi, sama seperti bau badan, kadang si penderita sendiripun tidak sadar sedang mengalami penyakit bernama bau mulut ini. Padahal sebenarnya, masalah kesegaran mulut merupakan salah satu modal penting bagi kita untuk bisa bersosialisasi dengan banyak orang. Bayangkan betapa tidak nyamannya orang bila harus mencium bau yang tidak sedap saat sedang berbicara dengan kita. Untuk itu, kita harus selalu peka menyadari hal ini.

Ketika mulut kita mengeluarkan aroma yang kurang sedap, kita sendiri pun sebenarnya bisa mengenali dan menyadarinya. Orang-orang di sekitar kita pun biasanya akan secara alami bereaksi bila mencium aroma yang kurang sedap dari mulut kita. Bila memang kita tidak bisa mengenali aroma tidak sedap dari mulut kita, cobalah tanyakan kepada teman yang bisa dipercaya.

Bau mulut bisa dialami siapa saja. Beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab bau mulut adalah faktor penyakit seperti maag, paru-paru, malfungsi pada hati dan ginjal, adanya infeksi sinus, bronkitis, diabetes, masalah/gangguan pada sistem pencernaan, serta penyakit pada gigi dan mulut. Untuk jenis yang paling ringan dan cenderung masih gampang diatasi adalah sakit yang terjadi pada gigi dan mulut. Hal ini bisa terjadi karena adanya infeksi pada rongga mulut seperti gigi berlubang, karang gigi, gusi bengkak atau sariawan, adanya radang pada lidah yang bisa disebabkan oleh kekurangan vitamin atau lidah yang tergigit, adanya infeksi gusi seperti gusi berdarah, demam.

Tips mencegah bau mulut

Bagaimana mencegah bau mulut?
Ada banyak cara untuk mencegah timbulnya masalah bau mulut. Berikut ini adalah tips mencegah bau mulut:

  1. Bersihkan gigi dan mulut secara teratur minimal dua kali sehari. Pada saat menyikat gigi, jangan lupa juga untuk membersihkan lidah.
  2. Perhatikan kebersihan sikat gigi. Minimal gantilah sikat gigi setelah 3 atau 4 bulan pemakaian.
  3. Usahakan sesering mungkin meminum air putih serta hindari minum minuman yang mengandung kafein.
  4. Sebisa mungkin, cobalah kurangi mengkonsumsi daging-daging merah. Anda disarankan untuk lebih banyak mengkonsumsi buah dan sayuran.
  5. Hindari kebiasaan merokok karena rokok mengandung racun yang baunya cenderung menetap di mulut.
  6. Berkumurlah dengan antiseptic untuk memastikan bakteri tidak tinggal berlama-lama di dalam gigi dan mulut.
  7. Periksakan gigi ke dokter secara teratur minimal 6 bulan sekali untuk mengetahui kondisi kesehatan gigi dan mulut anda.

Jika anda sudah terlanjur mengalami bau mulut, hal-hal apa saja yang bisa Anda lakukan untuk mengobati dan mengatasi bau mulut? Cari tahu caranya di artikel “Tips Mengobati dan Mengatasi Bau Mulut“.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *