Informasi dan Tips – informasitips.com

Tips Mencegah Batu Ginjal

Tips-Mencegah-Batu-Ginjalinformasitips.com – Batu ginjal merupakan penyakit dimana di dalam organ ginjal terdapat batu yang keberadaannya dapat merusak organ itu sendiri, oleh karena itu harus segera dikeluarkan. Batu ginjal pada dasarnya merupakan pengendapan dari Kristal-kristal yang ada di dalam air seni. Penyakit ini dapat menyerang segala usia. Resiko kemungkinan terbentuknya batu ginjal tidaklah sam pada setiap orang, ada yang mudah dan ada yang sulit. Banyak faktor yang mempengaruhinya, diantaranya adalah factor keturunan, adanya kelainan penyerapan kalsium di dalam saluran pencernaan, penyakit seperti hiperparatiroid dan gout, kurang minum, kurang olahraga, makanan yang mengandung purin tinggi (emping, jeroan, dan brokoli), dan lain-lain.

Berikut tips dalam mencegah terjadinya batu ginjal:

  1. Perbanyaklah minum air putih agar air seni kamu lancar. Ketika berada di ruangan ber-AC, perhatikan minum kamu sebaiknya minum sekalipun kamu tidak merasa haus. Minumlah air putih minimal 6 gelas sehari. Apalagi jika kamu bekerjadi lingkungan yang panas, sangat dianjurkan untuk mempwerbanyak frekuensi minum air putih. Hal itu disebabkan karena di lingkungan yang panas kamu cenderung lebih banyak berkeringat sehingga mengakibatkan air seni kamu menjadi pekat dan beresiko terbentuk batu.

  2. Hindari minum atau memasak menggunakan air yang kandungan kapurnya tinggi. Kapur di dalam tubuh bisa membentuk batu.
  3. Jika kamu menderita penyakit gout dan hiperparatiroid segera atasi. Kedua penyakit itu meningkatkan resiko terbentuknya batu ginjal.

  4. Lakukan olahraga rutin dengan tujuan agar metabolisme di tubuh kamu berjalan dengan baik. Idealnya, lakukan olahraga dua hari sekali. Pilihlah jenis olahraga yang kamu suka dan lakukan sesuai kemampuan, jangan dipaksakan.

  5. Jangan duduk terlalu lama saat bekerja. Posisi tersebut mempermudah terjadinya pengendapan Kristal air seni yang kemudian membentuk batu. Paling tidak, dua jam sekali bangkitlah dari duduk dan berjalan-jalan sebentar.

  6. Bila terasa ingin membuang air seni sebaiknya segera lakukan. Sangat tidak disarankan untuk menahan air seni, karena Kristal-kristal tersebut bisa mengendap membentuk batu ginjal.

  7. Hindari makanan yang mengandung kalsium tinggi, seperti susu dengan kalsium tinggi. Begitu juga dengan makanan yang mengandung purin tinggi, seperti jeroan, emping, dan brokoli. Dan kurangi konsumsi kacang-kacangan, cokelat, soda dan teh.

Selalu sayangi kesehatan kamu, karena kesehatan itu mahal harganya. Dari hal-hal kecil saja, seperti menahan membuang air seni, dapat menyebabkan penyakit serius seperti batu ginjal. Jadi, perhatikan benar-benar selalu kesehatan kamu. Semoga tips dalam mencegah batu ginjal ini dapat membantu kamu untuk selalu menjaga kesehatan. (ST)

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove © 2011


loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *