Informasi dan Tips – informasitips.com

Tips Memutihkan Pakaian Kusam

informasitips.com – Pakaian berwarna putih pasti memberikan kesan tersendiri jika dikenakan. Apalagi jika warna putihnya tetap cerah dan sedap dipandang. Sebaliknya, pasti Anda akan merasa kurang percaya diri jika baju berwana putih tersebut berubah warna menjadi kekuningan karena disimpan terlalu lama, terlalu sering dicuci, atau malah karena terlalu sering digunakan. Kesan kusam dan lusuh akan tampak sehingga memengaruhi penampilan.

Bagi orang yang kerap menilai kepribadian orang lain berdasarkan cara berpakaian, tentu masalah kusam ini akan berdampak pada penilaian mereka. Untuk menghindari kesan buruk, Anda juga perlu memperhatikan hal ini. Sebenarnya mempertahankan warna putih cerah pada pakaian tidak sulit untuk dilakukan. Berikut ini ada beberapa tips yang dapat dicoba dalam memutihkan pakaian yang kusam:

  • Menggunakan pemutih pakaian

    Tidak ada salahnya Anda menggunakan pemutih pakaian yang mudah kita jumpai di warung-warung atau supermarket. Cara pemakaiannya pun tidak sulit. Pertama, pisahkan pakaian yang berwarna putih dengan pakaian berwarnya lainnya. Yakinkan bahwa Anda menuangkan pemutih bukan pada pakaian berwarna karena hal ini dapat berakibat kerusakan warna pada pakaian tersebut. Perlu diperhatikan juga cara pencucian yang tertera pada label baju. Jangan sampai Anda salah melakukan teknik mencuci.

    Tips Memutihkan Pakaian Kusam

    Jika mencuci menggunakan mesin, air hangat dapat menjadi alternatif untuk mempermudah proses pencucian. Pertama, Tuangkan 175 ml pemutih ke dalam mesin cuci yang terlebih dahulu sudah diisi air. Pemutih harus dituang ke dalam air hangat setelah deterjen ditambahkan. Selanjutnya, masukkan pakaian putih, lalu lakukan pencucian normal.

    Jika Anda melakukan pencucian dengan tangan, proses yang dilakukan hampir sama. Setelah melakukan pemisahan warna pakaian, Anda harus mencuci menggunakan deterjen biasa terlebih dahulu agar noda dan kotoran yang tertinggal pada kain dapat hilang. Selanjutnya, rendam pakaian putih pada ember yang sudah diberi pemutih. Setelah direndam kurang lebih 15 menit, kucek perlahan lalu jemur. Ada baiknya ketika Anda melakukan proses ini, Anda mengenakan sarung tangan karet karena ada beberapa pemutih yang memiliki efek panas di tangan setelah digunakan.

    Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menggunakan pemutih pakaian. Pemutih tersebut tidak dapat digunakan untuk kain berbahan wol, sutera, atau kulit. Anda juga tidak boleh menuangkan langsung pemutih pada kain. Terlebih dahulu pemutih harus dituangkan ke dalam air.

    Namun terkadang ada beberapa pemutih pakaian yang memiliki bau kurang sedap, tidak seperti deterjen, sehingga tak jarang banyak yang menghindari penggunaan pemutih pakaian karena baunya.

  • Menggunakan bahan alami jeruk lemon

    Untuk menghindari pemakaian pemutih berbahan kimia, mencuci dengan bahan alami dapat menjadi pilihan. Kerap kita jumpai deterjen khusus pakaian berwarna putih yang di dalamnya terkandung bahan alami, yaitu jeruk lemon.

    Anda juga dapat menggunakan jeruk lemon secara langsung untuk memutihkan pakaian. Caranya dengan memasukkan beberapa iris buah lemon ke dalam air panas, kemudian masukkan pakaian. Rendam selama kurang lebih dua jam untuk mendapatkan hasil maksimal. Setelah itu, Anda dapat mencucinya dengan normal.

  • Menggunakan cuka makan

    Selain digunakan sebagai bahan masakan, cuka ternyata memiliki kemampuan untuk memutihkan pakaian. Untuk mencuci menggunakan cuka, jangan lupa untuk tetap menggunakan sarung tangan.

    Pertama, isi dua ember dengan air. Ember pertama dituangi cuka, sedangkan ember yang lain digunakan untuk membilas. Masukkan pakaian kusam pada ember pertama lalu aduk. Diamkan selama kurang lebih 20 menit agar asam cuka dapat meresap ke serat kain. Air akan membantu membuka serat kain sehingga memudahkan pakaian menyerap cuka. Selanjutnya, angkat pakaian dan celupkan pada ember yang tidak berisi cuka.

    Pakaian putih kusam yang dimasukkan ke dalam campuran air cuka bersama deterjen akan membuat warna kusam pada pakaian menjadi bersinar kembali. Selain itu, pakaian juga akan terasa lebih lembut.

Kini Anda tidak perlu khawatir lagi dengan pakaian putih yang terlihat kusam. Semoga bermanfaat..



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

One thought on “Tips Memutihkan Pakaian Kusam

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: