Informasi dan Tips – informasitips.com

Tips Mempersiapkan Diri Untuk Bertemu Calon Mertua

informasitips.com – Bertemu calon mertua untuk pertama kalinya memang menakutkan. Setiap orang pasti mengalami hal yang hampir serupa. Namun, bertemu calon mertua pertama kalinya juga bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan, tak hanya bagimu dan pacar, tapi juga bagi orangtua pacarmu. Jika kamu termasuk mereka yang sebentar lagi masuk ke medan pertempuran ini, berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk mempersiapkan diri ketika bertemu calon mertua:

  1. Persiapan
    Cari tahu sebanyak mungkin tentang orangtua pacarmu. Kalau perlu, luangkan waktu seharian untuk menginterogasi pacarmu dan menanyakan hal-hal yang kamu anggap perlu diketahui sebelumm bertemu orangtuanya. Apakah mereka termasuk orangtua yang easy-going atau konservatif? Apakah mereka suka humor? Apakah ayahnya merokok? Apakah ibunya senang berkebun? Tanyakan pada pacarmu, hal-hal apa saja yang mereka sukai dan topik pembicaraan seperti apa yang sebaiknya dihindari.

  2. Pakaian
    Untuk cowok, lupakan jeans belel, kaos oblong atau jaket kulit yang membuatmu kelihatan sangar. Tinggalkan juga sandal jepitmu di kamar mandi dan pakailah sepatu atau sandal yang sopan. Untuk cewek, hindari rok mini, tank top, hot pants, sepatu dengan hak terlalu tinggi dan makeup yang berlebihan hingga membuatmu terlihat seperti ondel-ondel. Gunakan riasan wajah sesederhana mungkin, namun tetap bisa membuatmu terlihat lebih fresh dan menarik.

    tips mempersiapkan diri untuk bertemu calon mertua

  3. Hadiah
    Tak ada salahnya membawakan calon mertuamu hadiah. Misalnya saja, jika ibunya senang berkebun, kamu bisa membawakan bunga dalam pot. Pastikan sang ibu belum memiliki koleksi bunga tersebut di rumah. Atau, kamu juga bisa membawakan brownies buatanmu sendiri. Secara tak langsung kamu memberitahu orangtuanya bahwa kamu pun bisa memasak.

  4. Bersikap
    Ketika tiba di rumah orangtuanya, hal pertama yang kamu lakukan tentu menyapa mereka. Jabat tangan mereka cukup erat dan perkenalkan dirimu. Cobalah bersikap sesopan mungkin dan tinggalkan bahasa gaulmu di tempat lain. Ingat, kesan pertama menentukan segalanya, apakah nantinya mereka bisa menerimamu di keluarga mereka atau tidak.

  5. Bahasa Tubuh
    Perhatikan bahasa tubuhmu ketika mengobrol dengan kedua orangtuanya. Duduk tegak dan pandang mata mereka ketika mereka bicara. Tunjukkan bahwa kamu sungguh-sunggu tertarik dengan apa yang mereka bicarakan. Sesekali berilah komentar, misalnya dengan menanyakan pertanyaan terbuka (yang jawabannya bukan ‘Ya’ atau ‘Tidak’). Tanyakan hal-hal yang sekiranya menarik bagi mereka, misalnya hobi atau kegemaran mereka, atau pengalaman-pengalaman mereka di masa lalu.

  6. Jadi Diri Sendiri
    Hal terpenting ketika bertemu calon mertua adalah dengan menjadi diri sendiri. Jangan berbohong, apalagi membual hanya karena kamu ingin menarik perhatian mereka. Jangan mengada-ada sesuatu yang tak pernah ada, misalnya jangan mengaku senang jogging kalau ternyata jogging adalah hal yang paling kamu benci. Ceritakan tentang dirimu dan keluargamu seperti apa adanya.

  7. Proaktif
    Ketika sang ibu membereskan meja setelah makan malam, jangan hanya bengong dan menonton. Berinisiatiflah untuk membantu membawakan piring-piring kotor itu ke dapur. Tak ada salahnya pula membantu mencuci piring-piring tersebut, meski mungkin kamu tidak terbiasa membersihkan piring-piring kotor di rumah.

Terakhir, jangan lupa untuk tetap rileks. Mungkin jantungmu berdebar lebih cepat dari biasanya, namun usahakan untuk tetap tenang. Jika kamu grogi, kemungkinan besar kamu akan bersikap konyol di depan mereka. Nah, semoga berhasil!



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *